Berita Wisata

Nikmati berbagai keindahan laut di Pantai Uluwatu Bali

Ketika menyebut nama Bali, Anda langsung membayangkan keindahan alam dan keragaman budaya yang menakjubkan. Maka tak heran, banyak wisatawan domestik maupun mancanegara memilih Bali sebagai destinasi wisatanya.

Salah satu daya tarik Pulau Dewata adalah pantainya yang indah. Jika Anda berencana untuk mengunjungi Bali dalam waktu dekat, luangkan waktu untuk mengunjungi Pantai Uluwatu.

Memangnya apa saja sih daya tarik pantai Uluwatu? Jadi bagaimana Anda mengaksesnya? Simak pembahasan lengkapnya di artikel ini yuk detikers.

Aktivitas Pantai Uluwatu

Pantai Uluwatu memiliki pesona tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Jadi jangan heran, pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan untuk menghabiskan liburan atau sekedar bersantai di pinggir pantai.

Dilansir detikTravel, berikut sejumlah tempat wisata pantai Uluwatu.

1. Terletak di antara bebatuan dan tebing

Sedikit berbeda dengan sejumlah pantai di Bali, Pantai Uluwatu dikelilingi oleh bebatuan dan tebing yang tinggi. Untuk mencapai area pantai, Anda harus menuruni puluhan anak tangga, jadi bersiaplah dengan kekuatan, detikers!

2. Cocok untuk berselancar

Bagi pecinta selancar, Anda harus mengunjungi pantai Uluwatu selama liburan Anda di Bali. Karena ombaknya yang cukup besar dan panjang, menjadi daya tarik tersendiri bagi para peselancar dari dalam maupun luar negeri.

3. Menonton Tari Kecak

Tidak jauh dari Pantai Uluwatu terdapat Pura Uluwatu yang menjadi objek wisata. Soalnya, di pura ini, Anda bisa menyaksikan pertunjukan tari Kecak sambil menyaksikan matahari terbenam.

4. Menikmati matahari terbenam

Apalagi detikers juga bisa menikmati sunset sambil duduk santai di pinggir pantai. Memang Pantai Uluwatu menjadi destinasi favorit para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu di sore hari untuk melihat matahari terbenam.

Lokasi dan Cara Menuju Pantai Uluwatu

Pantai Uluwatu terletak di kawasan Bukit Ungasan, Uluwatu, Bali. Lokasinya yang berada di selatan pulau Bali membuat Pantai Uluwatu sangat mudah diakses oleh para wisatawan.

Jika Anda berangkat dari kota Denpasar, akan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan mobil melalui Jalan Bypass Ngurah Rai. Jika Anda berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk sampai ke Pantai Uluwatu.

Jika Anda ragu untuk bepergian terlalu jauh, di sekitar Uluwatu terdapat sejumlah hostel dengan harga yang bervariasi. Dengan demikian, hanya membutuhkan waktu 5-10 menit dengan mobil untuk sampai ke pantai Uluwatu.

Aktivitas Menarik di Pantai Uluwatu

Ada berbagai aktivitas seru yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Pantai Uluwatu. Dari website travel agent, berikut beberapa aktivitas menarik di pantai Uluwatu.

1. Berenang di pantai

Pantai Uluwatu memiliki garis pantai yang cukup landai, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin berenang di pagi atau sore hari. Namun perlu diingat, jangan memaksakan diri untuk berenang di cuaca yang buruk karena ada risiko ombak besar.

2. Saksikan matahari terbenam

Daya tarik lain dari Pantai Uluwatu adalah pemandangan matahari terbenam yang indah. Jika Anda menginap di sekitar Pantai Uluwatu, jangan lewatkan kesempatan ini untuk melihat matahari terbenam di pantai bersama pasangan, keluarga atau teman Anda.

3. Menonton Pertunjukan Tari Kecak

Di dekat Pantai Uluwatu terdapat Pura Luhur Uluwatu yang menjadi tujuan populer bagi wisatawan. Soalnya, di pura ini, Anda bisa menyaksikan pertunjukan tari Kecak.

Pertunjukan berdurasi satu jam itu menceritakan kisah epos Ramayana yang mengikuti penculikan Sita oleh Rahwana, pencarian Sita oleh Hanuman, dan pertempuran antara Rama dan Rahwana.

Tidak hanya menyaksikan pertunjukan tari kecak, Anda juga bisa menikmati sunset dari atas tebing. Soalnya, pertunjukan tari Kecak dimulai pada pukul 18:00-19:00 WITA.

Sekadar informasi, harga tiket pertunjukan tari kecak ini dibandrol dengan harga Rp 140.000 per orang (untuk dewasa di atas 10 tahun). Kemudian, detikers juga harus membeli tiket masuk Pura Uluwatu seharga Rp 50.000 untuk turis asing dan Rp 30.000 untuk turis lokal.

4. Bermain selancar

Aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di pantai Uluwatu adalah berselancar. Ombak di Pantai Uluwatu memang cukup besar dan panjang, sehingga tidak heran jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara datang untuk berselancar di Pantai Uluwatu.

5. Snorkeling

Air lautnya yang jernih menarik banyak wisatawan untuk snorkeling di Pantai Uluwatu. Kegiatan ini sangat seru karena Anda bisa melihat langsung ikan-ikan yang berenang dan terumbu karang yang indah.

Fasilitas umum yang dapat digunakan

Ada berbagai fasilitas umum yang bisa Anda manfaatkan saat berkunjung ke Pantai Uluwatu. Aksesnya tidak begitu jauh, sehingga mudah untuk mencapainya dengan berjalan kaki atau dengan mobil dalam waktu singkat.

Berikut beberapa fasilitas umum di sekitar Pantai Uluwatu yang bisa Anda manfaatkan:

  • Toilet umum
  • Ruang ganti
  • ruang bilas
  • Tempat menginap (sekitar 5-10 menit dengan mobil)
  • Restoran dan bar (sekitar 5-10 menit dengan mobil)
  • SPBU (sekitar 20 menit dengan mobil)
  • Supermarket (sekitar 20 menit dengan mobil)
  • Rumah Sakit Universitas Udayana (sekitar 30 menit dengan mobil)

Wisata seru di sekitar Pantai Uluwatu

Ada sejumlah tempat wisata menarik lainnya di sekitar Pantai Uluwatu yang bisa Anda kunjungi. Jaraknya juga tidak terlalu jauh, sehingga masih bisa ditempuh dengan jalan kaki atau mobil dengan waktu tempuh sekitar 15-40 menit.

Berikut tempat wisata seru di sekitar Pantai Uluwatu:

  • Pantai Suluban (sekitar 10 menit berjalan kaki)
  • Pantai Padang Padang (sekitar 10 menit jalan kaki)
  • Pura Luhur Uluwatu (sekitar 10 menit dengan mobil)
  • Pantai Thomas (sekitar 10 menit dengan mobil)

Demikian tadi pembahasan tentang pantai Uluwatu beserta atraksinya, lokasi, akses, fasilitas umum yang bisa digunakan dan wisata seru di sekitar pantai Uluwatu. Jika kamu berencana untuk berlibur ke Bali, sempatkan untuk mengunjungi pantai Uluwatu, ya!

Tonton video “Sensasi Makan Raos Pisaan Euy, Dapur Istana Cimahi”
[Gambas:Video 20detik]
(si/fds)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button