Berita Wisata

Lima tempat anti-mainstream yang direkomendasikan untuk “menyembuhkan”

Jakarta (ANTARA) – Untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi agar stres tidak menumpuk, berlibur menjadi salah satu kegiatan yang direkomendasikan. Jika ingin “sembuh” di tempat anti mainstream bersama teman, simak daftarnya di bawah ini, dikutip dari siaran resmi Pegipegi, Jumat.

Bali
Sebagai salah satu destinasi terpopuler di dunia, Pulau Dewata merupakan rumah bagi segudang atraksi wisata alam dan budaya yang mempesona. Padang Savanna Tianyar, misalnya, menawarkan pemandangan rerumputan hijau yang luas di musim hujan dan padang rumput Afrika di musim kemarau.

Bukit Molenteng bisa menjadi alternatif selanjutnya. Bukit ini menyuguhkan panorama sekelompok tebing indah yang ditumbuhi pepohonan hijau. Destinasi selanjutnya adalah Taman Ujung Sukasada, yang terdiri dari bangunan dengan ukiran Bali dan arsitektur kerajaan Bali kuno, kolam teratai yang indah, dan pemandangan pegunungan yang menakjubkan.

Jika ingin sesuatu yang lebih menantang, Anda dan teman-teman bisa menuju ke Secret Beach Nusa Lembongan. Pantai ini memiliki kondisi air yang jernih sehingga Anda dapat melihat karang di bawah laut tanpa perlu menyelam. Landmark antitradisional lainnya yang bisa dikunjungi adalah Pantai Bias Tugel, Air Terjun Peguyangan, Pantai Soka, Pura Gunung Kawi, dan Pantai Gunung Payung.

Bandung
Dengan sederet panorama alam dan perkotaan yang kaya akan peninggalan sejarah, Bandung kerap menjadi salah satu pilihan utama para wisatawan.

Sanghyang Heuleut menawarkan danau jernih yang indah dikelilingi oleh bebatuan dan perbukitan. Pengunjung bisa menikmati pemandangan alam, berendam di danau yang dangkal atau menguji adrenalin dengan melompat dari bebatuan untuk menyelam ke dalam danau. Di Pangalengan, Anda bisa menikmati matahari terbit di Sunrise Point Cukul di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut.Pada malam hari, para fotografer biasanya berlomba-lomba mengejar pemandangan Bima Sakti.

Stone Garden di kawasan Gunung Masigit, Padalarang juga bisa menjadi alternatif selanjutnya. Dengan panorama bebatuan karst raksasa yang tertata rapi, pengunjung dapat mengambil foto terbaik dengan latar belakang perbukitan kapur. Tempat unik lainnya untuk dikunjungi adalah Bandung Viewpoint, Bukit Jamur, Desa Singkur, Ranca Upas dan Perkebunan Teh Rancabali.
Yogyakarta (ANTARA/HO)

Yogyakarta
Selain biaya hidup yang terjangkau, wisatawan kerap memilih berlibur di kota pelajar ini karena penduduknya yang ramah, banyak wisata alam yang menawan, serta memiliki peninggalan sejarah dan budaya yang berharga.

Anda dan teman-teman bisa pergi ke pantai Kesirat yang akan menjadi tempat yang tepat untuk menikmati matahari terbenam sambil berkemah. Penduduk setempat percaya bahwa menyaksikan matahari terbenam dari ketinggian di sekitar pantai ini dapat membawa kedamaian yang mendalam. Kemudian, perjalanan ke Bukit Pasir Parangkusumo di pagi atau sore hari untuk melihat indahnya gumuk pasir sambil sandboarding dan berfoto selfie dengan teman dengan latar belakang ala gurun pasir.

Ingin berfoto sambil sedikit menguji adrenalin? Pintu Langit Dahromo adalah jawabannya. Anda bisa berfoto di gapura yang menghadap panorama Pegunungan Sewu dan Kota Yogyakarta. Pantai Teras Kaca juga menjadi pilihan yang menarik karena menawarkan spot foto berupa teras berlantai kaca yang menghadap ke lautan luas.

Referensi destinasi antitradisional lainnya di Yogja adalah Pantai Timang, Hutan Pinus Mangunan, Lereng Kali Kuning Gunung Merapi, dan Stonehenge.
Lombok (ANTARA/HO)

Lombok
Lombok adalah salah satu destinasi di Indonesia yang menyimpan jutaan keindahan. Bagi Anda dan teman-teman yang berjiwa petualang, Anda bisa datang ke Danau Segara Anak yang terletak di kaki Gunung Rinjani. Di sini pengunjung dapat menikmati air danau yang sangat jernih dan berkemah sambil menyaksikan bintang-bintang di langit pada malam hari.

Juga di kawasan Gunung Rinjani, Bukit Pergasingan bisa menjadi tempat yang tepat untuk melihat keajaiban alam di gunung dengan pemandangan yang serasi berupa hamparan sawah dan pegunungan yang menjulang tinggi.

Jika Anda ingin menyelam dan snorkeling di air yang sangat jernih, Anda bisa pergi ke Gili Kondo. Tempat ini masih melestarikan ekosistem alam. Wisatawan bisa langsung merasakan suasana yang dikelilingi biota laut, seperti ikan dan terumbu karang yang sangat indah.

Apalagi ada tempat unik bernama Air Terjun Benang Kelambu. Alirannya pendek dan mengalir melalui dedaunan. Menurut legenda penduduk setempat, ada sosok reinkarnasi bidadari bernama Dewi Anjani yang biasa mandi di air terjun ini. Anda dan teman-teman bisa mandi dan berenang di kolam air tawar dan udara segar.

 
Banyuwangi (ANTARA/HO)

Banyuwangi
Bagi penggemar film fantasi The Lord of the Rings, Anda bisa mengunjungi De Djawatan Forest untuk merasakan suasana Fangor Forest. Hutan seluas 3,8 hektar ini begitu unik dengan puluhan pohon asamnya sehingga menghadirkan suasana berbeda yang tidak sering ditemui di hutan lainnya.

Jika ingin mencari suasana romantis, kamu dan teman-teman bisa pergi ke pantai Pulau Merah. Daerah ini disebut demikian karena terdiri dari perbukitan hijau kecil dengan tanah kemerahan yang terletak di dekat pantai. Saat senja, pengunjung bisa menikmati indahnya langit jingga dengan matahari mengintip dari balik bukit kecil.

Taman Nasional Baluran juga sayang untuk dilewatkan karena menawarkan paket wisata alam yang lengkap. Pengunjung bisa menikmati suasana safari ala Afrika di Bekol Savannah Tour. Anda dan teman-teman juga bisa melihat hutan hijau yang lebat mulai dari hutan cemara hingga keindahan bawah laut Bama.

Selain itu, ada beberapa destinasi lain di kawasan taman ini seperti Goa Jepang, Keriting Menangis, Sumur Tua, Manting, Dermaga, Kramat, Kajang, Balanan, Lempuyang, Teluk Air Tawar, Batu Numpuk, dan Pura Bang. Destinasi anti mainstream lainnya yang bisa dijelajahi di Banyuwangi adalah Pantai Watu Dodol, Pulau Menjangan, Pulau Tabuhan, Waduk Bajulmati, dan Kawah Ijen.

Baca juga: Tempat penyembuhan dan pintu gerbang yang tidak biasa di Australia

Baca juga: “Perawatan” Saat Memanjakan Kulit Selama “Staycation”

Baca juga: Rekomendasi Perjalanan Tiga Hari Dua Malam untuk “Mengisi Ulang Baterai Anda” di Bali

Jurnalis: Nanien Yuniar
Penerbit: Alviansyah Pasaribu
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button