Berita Wisata

Aktivitas Liburan Seru di Tanjung Pinang Kepulauan Riau

Di Tanjung Pinang, Anda bisa mengunjungi destinasi wisata tersembunyi yaitu Pulau Penyengat.

Mimpi – Tak hanya Batam yang terkenal sebagai destinasi wisata di Kepulauan Riau, Sahabat Dream bisa menjelajah lebih banyak kota lainnya, lho!

Seperti Tanjung Pinang yang memiliki objek wisata menarik untuk dikunjungi.

Di Tanjung Pinang, Anda bisa mengunjungi destinasi wisata tersembunyi yaitu Pulau Penyengat. Pulau ini berjarak sekitar 15 menit dari pelabuhan pelatar kuning yang menyengat, Tanjung Pinang, dan bisa ditempuh dengan menggunakan perahu kayu atau yang sering disebut perahu pompong.

Sesampainya di Pulau Penyengat, Anda bisa mengagumi pemandangan Masjid Agung Sultan Riau. Masjid berwarna kuning dan hijau ini terletak di dekat dermaga dan menjadi daya tarik wisata religi di Pulau Penyengat.

Menggambar© Shutterstock

Di sini terdapat kitab suci Al-Qur’an tulisan tangan dan lempengan pasir yang konon dibawa oleh bangsawan pertama Riau untuk menunaikan ibadah haji ke Mekkah, yaitu Raja Ahmad Engku Haji Tua.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba permainan tradisional yang menjadi kebanggaan penduduk Pulau Penyengat, yaitu Perahu Jong.

Bentuk perahu de Jong sendiri menyerupai miniatur perahu layar yang dimainkan dengan cara diletakkan di atas laut kemudian dibiarkan bergerak dengan bersandar pada angin.

1 dari 5 halaman

Spot Instagramable

Permainan ini biasanya dimainkan secara bersamaan dan dihidupkan dengan warna-warna cerah dari perahu.

Usai bermain-main dengan Boat Jong, sepertinya sudah saatnya perut Anda terisi dengan pilihan makanan khas Pulau Penyengat seperti Karipap.

Camilan ringan ini berisi potongan wortel dan kentang yang sudah terkenal sebagai salah satu hidangan sarapan khas Malaysia.

Menggambar© Shutterstock

Setelah perut kenyang, saatnya berburu spot foto untuk mengisi galeri Instagram Anda. Di Tanjung Pinang yang banyak terdapat rumah-rumah Melayu, Anda bisa memanfaatkannya sebagai latar belakang untuk pengambilan foto yang baik.

Rumah-rumah Melayu ini didominasi warna coklat dan kuning keemasan yang menambah kesan mewah dan elegan khas para raja.

2 dari 5 halaman

Nikmati matahari terbenam

Sambil snorkeling dan minum air, berwisata ke Tanjung Pinang juga bisa menambah pengetahuan Anda tentang adat Melayu dan artefak sejarah yang sudah ada selama 100 tahun.

Tempatnya yang berada di pesisir pantai, Tanjung Pinang sangat cocok bagi Anda yang suka menikmati sunset.

Menggambar© Shutterstock

Anda bisa bersiap-siap dari pukul lima sore untuk menyaksikan detik-detik matahari terbenam sambil menikmati pantulan cahaya di laut biru dan menyantap jajanan pinggir jalan yang enak di sana.

Kebayang kan nikmatnya wisata alam di Tanjung Pinang?

Sumber: Indonesia.travel, Laporan: Rena Safira

3 dari 5 halaman

5 Fasilitas Praktis yang Wajib Dibawa Wisatawan Muslim

Mimpi – Benda-benda yang biasa kita bawa dalam perjalanan didominasi oleh kebutuhan sehari-hari. Sebut saja pakaian, celana, kebutuhan mandi, rangkaian perawatan tubuh dan alat kecantikan wanita.

Namun, sebagian masyarakat tidak menyadari bahwa wisatawan muslim memiliki persyaratan yang berbeda sehingga ibadah saat berwisata tidak terlewatkan.

Ada beberapa kebutuhan yang harus benar-benar diperhatikan oleh umat Islam, baik itu liburan keluarga, perjalanan bisnis, atau bepergian sendiri.

Menggambar© Shutterstock

1. Sajadah

Salah satu barang paling basic dan penting yang bisa kamu bawa sebagai traveler muslim adalah sajadah. Saat Anda bepergian atau mengunjungi suatu tempat pada saat waktu sholat tetapi masjid tidak tersedia, sajadah pribadi memudahkan Anda untuk melakukan ibadah.

Menggambar© Shutterstock

Cocok untuk Penyembuhan, Tour di Pantai Maya Bay

2. Makanan halal instan

Ketika Anda mengunjungi negara-negara besar, Anda mungkin merasa lapar tiba-tiba. Dalam situasi seperti itu, biasanya Anda bisa langsung menyiapkan makanan yang sudah Anda bawa. Anda tidak perlu repot mencari tempat berjualan makanan atau bingung mencari makanan halal atau tidak.

4 dari 5 halaman

3. Tisu pembersih

Anda bisa membawa sapu tangan untuk membantu menjaga kebersihan saat bepergian ke negara lain.

Khusus untuk perjalanan Anda saat bertamasya di luar ruangan, tisu sangat praktis untuk membersihkan sebagian besar kotoran. Kuncinya adalah menjaga kebersihan, karena merupakan salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW.

4. Selendang

Yang kamu butuhkan adalah scarf, kamu bisa menggunakannya dengan cepat dan mudah untuk melindungi kulitmu dari sinar matahari atau hanya untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin.

Menggambar© Shutterstock

Plus, Anda bisa menggunakannya sebagai sajadah sementara sesuai kebutuhan.

Jika Anda tidak mengenakan jilbab, akan mudah untuk menutupi kepala Anda saat pergi ke masjid atau kuil. Sajadah bisa menjadi senjata yang bisa digunakan, apalagi sajadah bisa dilipat sehingga mudah dibawa kemana-mana.

5 dari 5 halaman

5. Sabun

Saat bepergian, Anda mungkin khawatir tentang kebersihan peralatan atau gelas yang disediakan sebelumnya di apartemen atau kamar hotel Airbnb Anda. Anda dapat membersihkannya dengan sabun batangan atau cairan pribadi.

Menggambar© Shutterstock

Sabun ini menawarkan pengganti yang nyaman bagi pengunjung muslim yang ingin membersihkan tubuh setelah seharian beraktivitas di luar ruangan.

Nah ini dia barang-barang yang bisa kamu bawa untuk traveling, khususnya bagi wisatawan muslim. Anda juga harus mempersiapkan diri dengan baik untuk perjalanan yang nyaman.

Sumber: Halaltimes.com,

Reporter: Rena Safira

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button