Tempat Wisata

Pulau Ketawai, surga laut tersembunyi yang eksotis di tengah Bangka

Biaya Tur: Mulai dari Rp50.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kabupaten Kurau. Koba, Kab.Bangka Tengah, Kepulauan Bangka-Belitung; map: Cek lokasi

Pulau Ketawai adalah sebuah pulau indah tak berpenghuni di Kabupaten Bangka Tengah. Hanya ada satu orang yang menjaga pulau yang luasnya kurang lebih 28 hektar. Di sepanjang pulau banyak pohon kelapa yang ditanam oleh masyarakat dari desa Karau. Jumlahnya hampir ratusan dan tumbuh sangat subur.

Pulau ini tidak terlalu populer di kalangan wisatawan lokal, sehingga tidak banyak pengunjung yang berduyun-duyun ke sana. Namun, area ini sebenarnya bagus untuk menenangkan diri dan bersantai. Meski belum begitu dikenal oleh wisatawan lokal, namun pantai di pulau ini terkenal hingga mancanegara, terutama bagi para peserta perahu layar kelas internasional karena merupakan tempat persinggahan.

Sebagai destinasi wisata bahari yang sangat bagus, kawasan ini juga menjadi tempat para nelayan bisa memancing. Oleh karena itu, kawasan ini memiliki ekosistem laut yang terjaga dengan baik. Dalam rangka mendukung perekonomian masyarakat sekitar, pemerintah berusaha mengembangkan biota laut sedemikian rupa sehingga banyak pengunjung yang tertarik untuk berkunjung dan nelayan mendapatkan hasil yang maksimal.

Pemandangan Pulau Ketawai

Tempat wisata di pulau ketawaiSumber gambar: Google Maps Ivan Dimas

1. Pulau yang tenang dan indah

Pulau ini tidak memiliki banyak pengunjung, sehingga sangat sepi, jauh dari keramaian dan hiruk pikuk. Karena tidak berpenghuni, pengunjung tidak akan mendengar banyak aktivitas manusia atau kendaraan. Ketenangannya membuat pulau ini menjadi daya tarik bagi pengunjung yang mencari tempat untuk beristirahat dan melepas lelah dari hiruk pikuk kota.

Selain itu, kawasan yang jauh dari aktivitas manusia membuat kawasan ini sangat asri. Tidak ada polusi udara, sehingga pengunjung bisa leluasa menghirup udara bersih. Selain itu, kawasan di Pulau Ketawai tetap terjaga keindahannya dan tidak rusak oleh tangan manusia. Tak hanya di sekitar pantai, keindahan bawah lautnya pun masih terjaga dengan baik.

2. Terumbu Karang

Pulau ini juga memiliki terumbu karang yang indah, sehingga sangat cocok bagi pecinta aktivitas menyelam. Ekosistem laut juga sangat terjaga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, baik bagi nelayan maupun bagi sektor pariwisata. Terumbu karang ini menarik banyak pengunjung untuk melihat keindahan alam bawah laut secara langsung.

Bahkan untuk menunjang pariwisata, ribuan knalpot racing telah disita polisi untuk ditenggelamkan di perairan Pulau Ketawai dalam bentuk rumpon. Diharapkan dalam beberapa bulan ke depan rumpon ini akan menjadi rumah terumbu karang bagi biota laut untuk menciptakan ekosistem baru yang akan menambah keanekaragaman biota laut di kawasan ini.

3. Pemandangan Pantai

Tidak hanya bawah lautnya saja, namun juga keindahan pantai di pulau ini menjadi daya tarik tersendiri. Pasir pantainya putih dan sangat halus. Pengunjung bahkan bisa berjalan tanpa alas kaki untuk merasakan kelembutannya. Sedangkan air lautnya sangat jernih dengan nuansa biru tua, muda dan hijau yang sangat enak dipandang mata.

Pantai di pulau ini juga dipenuhi pepohonan, terutama pohon kelapa. Kehadiran pohon-pohon tersebut membuat kawasan ini lebih segar dan sejuk. Bahkan pada siang hari pantai masih terasa teduh. Pemandangan hijau yang menjadi ciri khas pantai pesisir ini tidak akan membuat pengunjung bosan menghabiskan waktu di kawasan ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau Ketawai BangkaSumber gambar: Google Maps Ridwan Fabas

Pulau Ketawai adalah sebuah pulau kecil yang termasuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Koba, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Untuk menuju ke sana, Anda harus terlebih dahulu menuju dermaga di desa Kurau yang berjarak sekitar 30 kilometer atau sekitar satu jam perjalanan dari Pangkalpinang. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum seperti bus atau angkot

Ada banyak nelayan di dermaga yang akan mengantar Anda ke pulau tujuan dengan tarif berbeda. Perjalanan dari dermaga ke pulau tujuan memakan waktu sekitar 45 menit. Disarankan untuk datang pada pagi hari karena ombak masih tenang saat ini. Anda juga harus memperhatikan pasang surut karena mempengaruhi perjalanan Anda.

Perkiraan biaya pulau

Perkiraan biaya untuk pulau KetawaiKredit Foto: Google Maps Bang Opick

Karena ini adalah pulau yang tidak berpenghuni, tidak ada penarikan tiket untuk memasuki area ini. Anda hanya perlu mempersiapkan perjalanan. Jika Anda menggunakan kendaraan umum untuk menuju Desa Karau, biasanya Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 20.000. Anda juga bisa menyewa kendaraan seperti mobil dengan biaya sewa sekitar Rp 150.000.

Harga sewa perahu berkapasitas 10 orang ke Pulau Ketawai juga bervariasi. Biasanya antara Rp 800.000 dan 1.200.000. Namun, harga yang ditarik bukan per kapita, melainkan per perahu. Jadi akan jauh lebih murah jika Anda datang dengan rombongan. Jika Anda datang sendiri, Anda bisa datang bersama wisatawan lain untuk berbagi biaya sewa perahu.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Ketawai

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau KetawaiSumber gambar: Twitter Indonesia.Perjalanan

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi pulau eksotis ini. Tentunya kegiatan tersebut akan membuat liburan Anda semakin seru dan tak terlupakan. Berikut beberapa aktivitas yang dapat dilakukan saat mengunjungi kawasan pulau ini.

1. Nikmati pemandangannya

Pulau Ketawai menawarkan pemandangan yang sangat indah. Pasir putih dengan air laut yang memiliki gradasi indah memanjakan mata. Ketenangan yang ditawarkan pulau ini juga sangat cocok bagi pengunjung yang memang ingin bersantai dari hiruk pikuk kota. Kehadiran gazebo yang tersedia bisa menjadi tempat bersantai atau beristirahat bersama rombongan.

Pantai ini juga ditumbuhi pohon kelapa yang buahnya tidak pernah diambil warga. Pengunjung hanya perlu meminta izin kepada penjaga pulau untuk menikmati kesegaran kelapa sambil menikmati pemandangan pantai. Kelapa dapat dipetik langsung dari ratusan pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang pantai.

2. Berenang

Pantai di Pulau Ketawai memiliki ombak yang sangat tenang dan bersahabat. Jika Anda ingin merasakan kesegaran air laut, Anda bisa berenang di air yang dangkal. Jika tidak ingin berenang, Anda bisa bermain air di pantai saja. Kegiatan ini juga sangat seru dan sering dilakukan oleh pengunjung lain.

3. Snorkeling

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau KetawaiKredit foto: Google Maps Hengki Lie Hailai

Snorkeling merupakan aktivitas yang tidak boleh dilewatkan, apalagi bagi Anda yang menyenangi aktivitas water sport yang satu ini. Ada banyak situs menyelam yang sangat menarik untuk menyelam. Sayangnya, Anda tidak akan melewatkan pemandangan bawah laut yang indah dan ikan-ikan yang menyertai penyelaman.

Sayangnya, tidak ada persewaan peralatan selam di pulau ini. Oleh karena itu, Anda harus membawa peralatan snorkeling sendiri. Selain itu, kegiatan ini harus didampingi oleh seorang profesional sehingga lebih aman.

4. Berkemah

Jika kamu datang bersama teman-teman, kegiatan camping di Pulau Ketawai akan sangat seru dan menyenangkan. Pulau ini memiliki pasir yang landai sehingga mudah untuk mendirikan tenda. Anda dapat melakukan kegiatan ini secara gratis tetapi Anda harus membawa semua peralatan sendiri. Selain itu, Anda juga harus memastikan kebersihannya.

Akomodasi murah terdekat dari pulau

Akomodasi hemat terdekat dari Pulau KetawaiKredit foto: Instagram Satrio Dwi Wiratomo

1. Resor Balitong

Penginapan ini terletak di Pangkalpinang. Jaraknya sekitar 24 kilometer dari pulau. Sewa per malamnya sekitar Rp 500.000 per malam dengan kamar yang sangat nyaman. Penginapan ini juga tidak jauh dari pantai, sehingga memiliki view yang bagus. Fasilitasnya juga memadai, antara lain WiFi gratis dan TV.

2. Hotel Kota Bangka

Biaya akomodasi di Pangkalpinang hanya berkisar Rp 300.000 per malam. Fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap, antara lain wifi, AC, parkir dan sarapan. Kamar sangat bersih dan nyaman untuk istirahat.

3. OYO 3438 Pasir Padi Guesthouse

Penginapan di Pangkalpinang ini hanya dibandrol sekitar Rp 200.000 per malam. Kamar bersih dan nyaman. Fasilitas interiornya juga cukup lengkap, antara lain TV, AC dan juga kamar mandi dengan shower. Ruangnya juga luas, memungkinkan pengunjung untuk bebas melakukan aktivitas.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pulau KetawaiKredit foto: Google Maps dan Prasetya

Meski tidak berpenghuni, Pulau Ketawai memiliki fasilitas umum seperti mushola dan kamar mandi yang disediakan khusus untuk tamu yang bermalam. Di beberapa sudut pantai juga terdapat gazebo-gazebo kecil yang bisa digunakan untuk beristirahat. Bangku kayu mengundang Anda untuk duduk dan menikmati pemandangan.

Terkadang beberapa pedagang datang ke pulau ini. Anda bisa membeli makanan atau minuman untuk mengisi perut atau perbekalan untuk bermalam. Sayangnya, para pedagang tidak tinggal di pulau itu, sehingga hanya ada pedagang makanan sesekali.

Kawasan ini juga bebas sampah. Hal ini dapat dilihat dari pulau dan pantainya yang sangat bersih dan enak dipandang mata. Pengunjung dilarang membuang sampah sembarangan. Pepohonan juga banyak tumbuh membuat kawasan ini sejuk. Meski pohon induknya ditanam warga, namun buah kelapa yang tumbang bisa dipetik pengunjung untuk dinikmati.

Pulau Ketawai mungkin terdengar asing, namun sebenarnya memiliki keindahan alam yang patut untuk dikunjungi. Surga tersembunyi di Pulau Bangka ini menawarkan wisata bahari yang akan meninggalkan kesan mendalam bagi para pengunjung yang datang. Ketenangan yang ditawarkan juga merupakan tempat yang sangat baik untuk bersantai dari tekanan kehidupan sehari-hari.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button