Tempat Wisata

Pantai Nguluran Gunung Kidul – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Bolang, Girikarto, Kec. Jaws, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Pantai Nguluran merupakan salah satu destinasi wisata di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Keindahan pemandangan pasir putih yang bersih dengan perairan pantai yang berwarna putih kebiruan membuat Nguluran begitu diminati oleh para pecinta wisata pantai, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sebenarnya kawasan Nguluran adalah tempat peristirahatan pribadi yang dimiliki oleh perorangan. Resort ini dibangun dengan cukup mewah dan banyak terdapat spot foto buatan yang sengaja dibuat untuk mempercantik tampilannya. Namun lama kelamaan kawasan ini menjadi viral karena adanya jembatan kaca di kawasan tersebut hingga akhirnya dibuka untuk umum.

Wisata jogja yang terkenal ini ramai dikunjungi setiap hari. Di awal musim liburan, kawasan Pantai Nguluran akan ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Ada juga biasanya paket liburan yang memasukkan Nguluran ke dalam daftar paket wisata. Paket ini umumnya diminta oleh mahasiswa yang sedang wisuda sebagai wisuda atau liburan dinas.

Atraksi Pantai Nguluran

Atraksi Pantai NguluranSumber gambar: Google Maps Budi Sutrisno

1. Menawarkan panorama pantai yang menakjubkan

Wisata air di Nguluran terkenal dengan pasir putihnya yang bersih. Warna airnya sangat jernih dan putih kebiruan terlihat sangat indah dari ketinggian. Jenis lanskap ini digunakan di daerah padat penduduk seperti B. daerah perkotaan, tentu akan sangat sulit ditemukan. Sungguh suasana yang sangat menyenangkan.

Jenis panorama ini cocok bagi wisatawan yang menyukai dunia fotografi dan suka memotret alam. Pemandangan pantai akan sangat menakjubkan dan menawan jika dibidik dari posisi sudut yang tepat. Pemandangannya akan terlihat sangat indah di pagi hari saat matahari baru saja terbit. Bahkan di sore hari sambil menunggu fenomena sunset.

2. Jembatan Kaca Buatan dan Tempat Perahu

Selain keindahan alam yang sangat indah, kawasan Pantai Nguluran juga terkenal dengan jembatan dan perahu kaca buatannya. Dengan bahan dasar kaca, wisatawan dapat melihat semua aktivitas yang terjadi di bawah jembatan atau di bawah perahu. Sedikit uji adrenalin bagi wisatawan yang sedikit takut ketinggian.

Namun jangan salah, meskipun tempat ini agak menyeramkan, tempat ini masih tetap angker oleh banyak pengunjung yang datang ke Ngulur. Mereka berlomba-lomba berfoto dengan latar belakang tambalan jembatan dan perahu kaca. Untuk menjajal kawasan ini, wisatawan yang datang dikenakan biaya tumpangan yang cukup murah dan terjangkau.

3. Pantai dengan banyak permainan anak

Daya tarik lain yang dimiliki Pantai Nguluran adalah adanya berbagai jenis permainan anak yang sengaja disediakan oleh pengelola. Perlu diketahui bahwa ada banyak permainan anak-anak di sekitar Nguluran yang dapat dinikmati pengunjung setiap saat. Permainan yang seperti ayunan di sekitar area.

Bukan tanpa alasan pihak pengelola sengaja menyediakan fasilitas tersebut agar pantai ini juga menarik bagi pengunjung yang membawa anak-anak. Oleh karena itu, pantai ini cocok sebagai tempat liburan anak-anak. Diharapkan dengan adanya fasilitas pengelola, jumlah pengunjung yang datang akan meningkat.

Alamat dan rute menuju lokasi Pantai Nguluran

Alamat Pantai NguluranKredit foto: Google Maps Tommy Pranasta

Pantai Nguluran sendiri merupakan destinasi wisata di Gunung Kidul, Jogjakarta. Lebih tepatnya terletak di wilayah Desa Bolang, Girikarto, Kecamatan Panggang, dan masih berada di wilayah Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi DI Yogyakarta. Wisatawan yang ingin berkunjung biasanya mengambil jalur umum yang biasa dilalui pengunjung.

Wisatawan biasanya meninggalkan kawasan Jalan Malioboro. Titik awal ini dianggap sebagai rute termudah. Dari Malioboro, Anda bisa berjalan menuju Jalan Panembahan Senopati lalu berjalan menuju Brigjen Katamso. Anda akan menemukan sebuah tempat bernama Jokteng Timur.

Dari Jokteng Timur Anda tinggal mengikuti jalur yang ada untuk sampai ke kawasan Parangtritis. Diperkirakan jaraknya sekitar 11 kilometer. Setelah itu Anda akan menemukan pertigaan Bakulan dan Anda harus berbelok ke kiri menuju Imogiri. Anda kemudian akan mencapai area terminal belakang. Pilih jalan untuk berbelok ke kanan.

Setelah berbelok ke kanan, Anda tinggal mengikuti petunjuk arah menuju kawasan Nguluran. Sedikit informasi, karena belum ada angkutan umum yang bisa menjangkau kawasan pantai ini, wisatawan yang datang berkunjung harus membawa kendaraan sendiri. Persiapkan dengan matang dan tegas.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Nguluran

Tiket Masuk Pantai NguluranKredit foto: Google Maps suminosuka mag

Tentunya tidak jauh berbeda dengan tempat wisata pantai pada umumnya, pengelola Pantai Nguluran juga mengenakan biaya masuk untuk setiap pengunjung. Untuk tiket masuk ke pantai ini, setiap orang harus membayar sekitar Rp10.000 per orang. Biaya ini belum termasuk biaya wahana dan kursi yang tersedia di sana.

Pengelola juga memungut biaya parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Tarifnya Rp5.000 untuk kendaraan bermotor, Rp10.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp30.000 untuk kendaraan besar seperti bus. Biasanya bus digunakan oleh pengunjung yang datang dalam rombongan besar.

Aktivitas Seru di Pantai Nguluran

Aktivitas seru di Pantai NguluranKredit foto: Google Maps Sangat Solaeman

1. Perasaan berdiri di jembatan kaca

Ada jembatan kaca yang sengaja dibangun pengelola untuk menambah kesan mewah di salah satu pantai cantik Jogja ini. Dengan jembatan yang terbuat dari kaca, ujungnya bisa melihat ombak yang menembus kaca transparan. Titik yang satu ini cukup untuk menguji adrenalin karena berada di ketinggian. Apakah kamu mau mencoba?

2. Duduk di perahu kaca

Tidak puas hanya dengan jembatan kaca, sebagai tambahan, pemilik resort membangun kapal atau perahu kaca tidak jauh dari jembatan. Bedanya, seluruh bagian dalam jembatan kaca menggunakan kaca sedangkan perahu hanya sebagian terbuat dari kaca. Ada tempat duduk di ujung perahu yang biasa diperebutkan pengunjung selama di sini.

3. Nikmati keindahan pantai di atas Kursi Raksasa

Tidak cukup berani untuk mencoba jembatan kaca? Jangan khawatir, ada spot Kursi Raksasa di kawasan Pantai Nguluran. Semua bingkai terbuat dari kayu yang dipernis putih dan tidak kalah menarik dari jembatan kaca. Anda bisa menikmati keindahan Nguluran dari tempat menarik ini. Pastinya akan sangat seru dan mengasyikkan.

4. Duduk Bersantai di kursi panjang logam

Setelah menikmati keindahan di kursi besar, Anda bisa mencoba duduk di kursi besi yang agak panjang. Spot ini banyak dicari karena pemandangan Nguluran terlihat begitu indah dan asri dari kursi besi yang satu itu. Jangan sampai ketinggalan, karena tempat ini sangat populer di kalangan wisatawan, terutama yang datang dengan tujuan hunting foto.

5. Berburu foto di semua tempat

Karena informasi di atas mencakup hampir semua lokasi di Pantai Nguluran, aktivitas terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah hunting foto di semua lokasi. Dengan wahana unik tersebut, banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai kesempatan berfoto. Anda bisa menyewa jasa foto yang sudah biasa di kawasan pantai yang satu ini.

Akomodasi murah di sekitar pantai Lokasi

Akomodasi murah di sekitar pantai LokasiSumber gambar: Google Maps Herning Ninda

1. Resor Queen of South Beach

Berada di kawasan yang cukup strategis, pemandangan pantai dari penginapan yang satu ini terbilang sangat asri dan asri. Menyediakan berbagai fasilitas lengkap, mulai dari akses pantai hingga spa membuat penginapan ini begitu menarik. Layanan kamar juga tersedia sepanjang hari dan setiap saat.

2. Resor Inessya

Properti terdekat yang bisa dijadikan referensi adalah Inessya Resort. Meski tidak ada AC di dalam kamar, Inessya disebut-sebut cocok sebagai tempat bulan madu. Penyediaan fasilitas yang cukup lengkap dengan view room yang mengarah langsung ke pantai membuat resort ini sangat diminati.

3. Putra Darma Inn

Fasilitas yang menarik di penginapan ini adalah pengunjung diperbolehkan untuk membawa serta hewan peliharaannya. Terletak di sekitar Pantai Nguluran, penginapan ini menawarkan kamar-kamar ber-AC. Penampilan penginapan juga masih sangat tradisional dengan banyak perabotan yang terbuat dari kayu yang kokoh dan sangat kuat.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Nguluran Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Nguluran Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Alpha Brian Sahetapy

Kawasan wisata pantai yang populer di Jogja, dengan tempat-tempat yang unik dan menarik tentunya fasilitas yang tersedia sangat lengkap dan memadai. Mulai dari tempat parkir yang luas, akomodasi yang berada di dekat area pantai, serta spot dan wahana yang menarik, cukup memukau minat para pengunjung yang datang.

Fasilitas penunjang lainnya, seperti tempat ibadah, toilet umum yang bisa digunakan kapan saja, serta rumah makan yang tersebar luas di kawasan pantai, sudah sewajarnya menjadi fasilitas yang seharusnya ada. Restoran di sekitarnya juga menawarkan berbagai makanan khas Jogja yang enak dan gurih.

Itulah beberapa informasi singkat tentang Pantai Nguluran yang bisa Anda jadikan referensi sebelum berlibur ke sana. Meski tidak ada angkutan umum yang mencapai kawasan Nguluran, Anda tetap bisa menyewa kendaraan di titik keberangkatan Anda. Harga yang dipatok pasti sangat terjangkau asalkan kamu pergi dengan rombongan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button