Berita Wisata

Jelajahi Wisata Permata Tersembunyi di Tangkahan, Sumatera Utara

Bisnis.com, JAKARTA – Selain Berastagi, Danau Toba dan Bukit Lawang, ada satu tempat wisata di Sumatera Utara yang wajib dikunjungi. Terletak di Desa Namo Sialang, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Anda dapat menjelajahi “Surga Tersembunyi Sumatera” yang disebut Tangkahan.

Kawasan ekowisata ini masih merupakan hutan hujan tropis yang sangat alami. Untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, sejumlah fasilitas seperti akomodasi, pemandu wisata, dan restoran kini telah tersedia di kawasan Tangkahan.

Lantas, apa saja kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Tangkahan? Simak ulasan berikut ini!

Manfaatkan kekayaan alam
Berawal dari sejarah Tangkahan, wisata alam tersembunyi di Sumatera Utara ini memang sering dikaitkan dengan kawanan gajah Sumatera yang dilindungi. Suasana alam yang selalu sangat asri membuat tempat ini banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah hingga manca negara.

Sesampainya di Tangkahan, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang hijau dan belantara. Anda dapat mendengar suara sungai yang mengalir. Airnya juga sangat jernih dan udara di sekitarnya sangat segar. Tidak buruk jika Anda memilih Tangkahan untuk penyembuhan.

Perjalanan hutan ke perkemahan
Selain hutan tropis dan sungai, wisata Tangkahan dengan luas sekitar 17.000 hektar juga memiliki kekayaan alam yang menakjubkan. Dari lembah, sumber air panas, air terjun, tumbuhan langka seperti Rafflesia.

Bagi Anda yang menyukai petualangan alam bebas, kawasan Tangkahan dengan topografi perbukitan dan tebing sangat memungkinkan untuk melakukan beberapa aktivitas seru dan menantang. Diantaranya adalah berenang, mandi air panas, trekking di hutan, tubing, panjat tebing, arung jeram dan berkemah. Luangkan juga waktu untuk mengambil foto di jembatan gantung ikonik dengan latar belakang hutan belantara.

Bermain dengan kawanan gajah
Aktivitas seru lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan saat pergi ke Tangkahan yang bermain dengan kawasan gajah sumatera. Biasanya pada pagi dan sore hari, kawanan gajah yang berpatroli dengan pawang (pawang gajah) datang ke sungai. Mereka datang dalam formasi yang menggemaskan, berbaris di belakang.

Mereka juga akan menceburkan diri dan berenang di Sungai Sei Batang Serangan. Pada saat ini, wisatawan diperbolehkan mendekati kawanan gajah. Bahkan, dengan biaya sekitar Rp 30.000 per orang, Anda berkesempatan untuk mandi, menyentuh, menyikat gigi, dan berbasah-basahan bersama gajah.

Setelah memandikan gajah, Anda bisa berkeliling Hutan Tangkahan dengan menunggangi gajah. Untuk menikmati semua keseruan tersebut, Anda harus membayar biaya sekitar Rp 650.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk biaya pendampingan oleh pawang anjing.

Jika ingin menghemat budget, Anda bisa mengambil beberapa paket wisata Tangkahan yang ditawarkan pengelola. Dari perjalanan 2 hari 1 malam atau 3 hari 1 malam. Akan lebih murah jika Anda pergi dalam kelompok, minimal lima orang.

Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Tangkahan kapan saja. Namun, waktu terbaik untuk menikmati keindahan alamnya adalah pada bulan Juni hingga September. Selama periode ini, curah hujan lebih sedikit, sehingga lebih aman bagi wisatawan.

Tertarik ke Tangkahan untuk bermain dengan gajah dan menjelajahi hutan hujan tersembunyi Sumatera Utara? Jika iya, yuk, siapkan itinerary perjalanan dari sekarang.

Bagi yang tinggal di Jakarta dan ingin #PegipegiLagi ke berbagai tempat wisata populer di Medan, bisa langsung pesan tiket pesawat Jakarta-Medan. Agar lebih efektif, cek harga tiket pesawat promosi di agen perjalanan online (OTA) seperti Pegipegi. Semoga informasi di atas bermanfaat. Selamat berlibur!

Simak berita dan artikel lainnya di berita Google

Tonton video yang dipilih di bawah ini:

Konten premium Nikmati konten premium untuk informasi lebih mendalam

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button