Tempat Wisata

Pesona Pantai Iboih, surga laut tersembunyi yang eksotis di Sabang

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh; map: Cek lokasi

Pemburu vitamin pasti sudah tidak asing lagi dengan Pantai Iboih Sabang laut. Pasalnya, keindahan pantai di Pulau Weh belum pernah menjadi destinasi wisata wajib bagi sebagian besar wisatawan yang berlibur di Kota Sabang.

Selain bisa menikmati suasana pantai yang damai karena jauh dari hiruk pikuk kota, wisatawan juga bisa langsung melihat keindahan alam bawah laut Pantai Iboh tanpa harus berenang. Belum lagi, penduduk setempat menawarkan berbagai hidangan seafood segar yang lezat yang harus Anda coba.

Punya rencana liburan setelah pandemi berakhir? Mengunjungi Kota Sabang adalah ide yang tepat, apalagi jika Anda mampir ke Pantai Iboih. Informasi berikut dapat membantu Anda mengenal pantai ini lebih baik sebelum mengunjunginya.

Atraksi Pantai Iboih

Pemandangan di pantai IboihKredit foto: Google Maps Atashi Despacito

1. Pelabuhan yang menawan

Pada dasarnya, Pantai Iboih, yang juga disebut Teupin Layeu oleh penduduk setempat, adalah sebuah pelabuhan. Dari pelabuhan inilah para pelancong memulai perjalanan mereka ke Pulau Rubiah. Meski banyak yang menganggap Iboih sebagai pelabuhan, Iboih tetap menjadi pantai yang menawan untuk dikunjungi.

2. Air laut berwarna biru kehijauan

Pantai ini memiliki air laut yang sangat jernih. Dilihat dari kejauhan, air pantai ini berwarna biru kehijauan. Saking indahnya, para pelancong yang datang ke sini betah berlama-lama menikmati keindahan alam yang dihadirkan.

3. Keanekaragaman biota laut

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai IboihSumber gambar: Twitter tony

Pantai Iboih tidak hanya menawarkan pemandangan yang memanjakan mata, tetapi juga menawarkan keindahan biota laut yang menakjubkan. Air laut yang jernih tentu bisa menggambarkan seperti apa kehidupan bawah laut di pesisir kota di ujung barat negara ini.

4. Bersihkan pasir putih

Meskipun Iboih merupakan tempat perahu nelayan dan perahu untuk menuju ke Pulau Rubiah, namun Iboih memiliki pasir putih yang begitu bersih. Tak heran jika objek wisata ini masih alami mengingat para pelancong sangat sadar akan pentingnya menjaga kebersihan salah satu surga dunia ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai IboihSumber gambar: Twitter tfaisal

Pantai Iboih, juga dikenal sebagai Teupin Layeu, terletak di bagian utara provinsi Banda Aceh. Lebih tepatnya, terletak di Pulau Weh, Kota Sabang, sebuah kota di bagian paling barat Indonesia.

Akses menuju destinasi ini sangat mudah. Jika Anda datang dari luar Aceh, perjalanan menuju tempat wisata pantai ini bisa dimulai langsung dari Terminal Batoh atau Bandara Sultan Iskandar Muda. Dari bandara Anda bisa menggunakan angkutan umum untuk menuju pelabuhan Ulee Lheue.

Sesampainya di pelabuhan, Anda harus membeli tiket kapal terlebih dahulu untuk menyeberang ke Sabang. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai di pantai Iboih adalah sekitar 45 menit hingga lebih dari 1 jam tergantung dari jenis perahu yang dipilih.

Setibanya di Pelabuhan Balohan, Anda bisa menggunakan transportasi umum seperti becak bermotor atau taksi. Jika tidak ingin menggunakan transportasi umum, Anda bisa menyewa sepeda motor atau mobil dengan harga berbeda. Dari pelabuhan Anda harus menempuh jarak sekitar 30 km dalam waktu 45 menit untuk sampai ke kawasan pantai.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket Pantai IboihSumber gambar: Twitter Radio Sonora Jakarta

Ingatlah bahwa Iboih adalah sebuah pelabuhan. Karena itu, wisatawan tidak dikenakan biaya masuk untuk menikmati keindahan laut pelabuhan atau Pantai Iboih. Namun, wisatawan tentunya perlu menyiapkan uang untuk bisa sampai di pantai tersebut.

Selain biaya tiket pesawat, pengunjung juga harus memiliki tas sekitar 50.000 rupiah yang siap untuk naik angkutan umum dari bandara atau terminal ke pelabuhan Ulee Lheue. Dari pelabuhan menuju Pulau Weh, pengunjung bisa naik kapal feri atau speedboat dengan biaya sekitar 50.000 rupiah selama 45 menit.

Di sisi lain, jika Anda lebih suka menggunakan feri, biaya tiketnya tentu jauh lebih murah sekitar 20.000 rupiah. Namun, durasi perjalanan kurang lebih 2 jam 40 menit untuk sampai di pantai cantik ini.

Aktivitas menarik di Pantai Iboih

Aktivitas di Pantai Pantai IboihKredit foto: Instagram Onyeng Gta

Ingin mengunjungi pantai eksotis di Sabang? Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk menikmati surga dunia di pantai barat Indonesia ini:

1. Menyelam

Menyelam merupakan salah satu aktivitas yang wajib dicoba di Pantai Iboih, khususnya bagi wisatawan mancanegara. Banyak penyelam profesional atau amatir datang untuk melihat kehidupan laut seperti apa yang ditawarkan pantai di Pulau Weh ini.

Pengunjung yang ingin melihat terumbu karang di pantai ini dapat menyewa peralatan selam dengan harga sewa yang bervariasi mulai dari 400.000 rupiah. Biaya kursus ini sudah lengkap dengan dive guide yang handal.

2. Snorkeling

Selain menyelam, snorkeling juga menjadi salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan wisatawan. Banyak warga di kawasan ini yang menawarkan persewaan alat snorkeling dengan harga terjangkau.

Dalam kegiatan ini, pengunjung dapat melihat ikan-ikan kecil dengan berbagai warna dan spesies. Selain itu, keindahan terumbu karang di bawah air laut yang dangkal siap memanjakan mata siapa saja yang mengamatinya.

3. Melihat kehidupan laut dari perahu kaca

Tidak semua pengunjung Pantai Iboih suka basah kuyup. Meski demikian, wisatawan dapat menikmati keindahan bawah laut pantai yang indah ini dengan menaiki perahu dengan kaca bening di tengahnya.

Untuk mencoba aktivitas menarik ini, wisatawan bisa menyewa perahu di pantai Iboih dan operator perahu akan mengantar Anda berkeliling pantai tergantung paket yang Anda pilih. Jika memilih paket Pulau Rubiah, operator akan mengantar pengunjung dari pelabuhan menuju Pulau Rubiah sambil menikmati pemandangan laut yang terlihat begitu jernih berkat air laut yang jernih.

4. Saksikan matahari terbit

Aktivitas menarik di Pantai IboihKredit Foto: Pengelolaan Donasi Google Maps

Pantai Iboih memiliki letak geografis yang tidak ideal untuk menikmati sunset. Justru tempat inilah yang lebih ideal untuk menyaksikan matahari terbit di ufuk timur. Gradasi warna yang ditampilkan terasa lebih natural. Pemandangan indah ini bisa dilihat setidaknya dari pukul enam pagi.

5. Nikmati makanan laut

Perjalanan ke pantai ini tidak lengkap tanpa mencicipi makanan laut lokal. Banyak warung makan yang menjual berbagai jenis seafood yang masih segar dan memiliki cita rasa yang menggoda. Jangan lupa kuliner khas Aceh yang wajib dicoba.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di sekitar pantai IboihKredit foto: Google Maps Björn Jürgens

1. Penginapan Iboih

Iboih Inn terletak di Jalan Pantai Iboih, Sukakarya, Kota Sabang. Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 9 menit untuk sampai ke area pantai. Hal yang menarik dari penginapan ini adalah balkonnya yang menghadap ke pantai. Di sini pengunjung bisa bersantai sambil menikmati keindahan Laut Iboih tanpa basah kuyup.

2. Bungalo Iboih

Penginapan ini berada di lokasi yang ideal untuk menikmati pemandangan pantai, berwisata kuliner, mengakses ATM atau sekedar berjalan kaki. Tarif kamar per malam cukup terjangkau, apalagi saat bukan musim liburan. Sangat menarik bahwa mereka ada tempat tidur gantung disiapkan di setiap ruangan. Sehingga pengunjung bisa bersantai sambil memandang pantai.

3. Teupin Layeu

Penginapan yang satu ini juga berada di kecamatan Iboih, Kota Sabang. Untuk mengunjungi kawasan pantai, pengunjung hanya perlu berjalan kaki selama dua menit. Fasilitas kamar yang ditawarkan juga cukup lengkap, seperti AC, tempat tidur bersih dan toilet. Selain itu, setiap kamar di penginapan ini juga menghadap langsung ke pantai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai IboihKredit foto: Google Maps Rizki Foody

Sebagai destinasi populer di Kota Sabang, Pantai Iboih menawarkan fasilitas umum dan wisata yang cukup lengkap. Selain dermaga tempat banyak angkutan laut singgah, pantai ini juga dipenuhi dengan warung atau restoran dan juga penginapan yang didesain dengan gaya. bungalo.

Karena kehidupan bawah laut menjadi daya tarik utama pantai ini, maka diving dan snorkeling otomatis menjadi aktivitas yang paling diburu oleh banyak wisatawan. Jangan khawatir jika Anda tidak membawa perlengkapan, karena banyak penduduk lokal yang menyewakan perlengkapan scuba dan snorkel dengan harga sewa mulai dari Rs 50.000.

Selain itu, pantai ini juga menawarkan fasilitas perahu kaca yang bisa disewa pengunjung untuk menjelajahi kawasan Iboih hingga Pulau Rubiah. Saat mengarungi kapal ini, pengunjung bisa melihat pemandangan bawah laut melalui kaca yang ada di tengah kapal.

Pantai Iboih Sabang merupakan surganya para penyelam, termasuk para penyelam asing. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, air yang jernih, pasir putih yang lembut dan juga pemandangan bawah laut yang fantastis menjadi daya tarik utama dari pantai ini. Apakah Anda ingin mengunjungi surga laut ini? Mungkin Anda bisa merencanakannya mulai sekarang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button