Berita Wisata

Pariwisata butuh inovasi | Posting Berau

TANJUNG REDEB – Potensi kekayaan alam Kabupaten Berau yang selama ini dimanfaatkan, perlu dipertahankan dan dikembangkan. Demi membawa manfaat bagi masyarakat Bumi Batiwakkal.

Hal itu juga menjadi perhatian Ketua DPRD Kabupaten Berau Madri Pani. Selain itu, disebutkannya, ada sejumlah tempat wisata unggulan di Kabupaten Berau, antara lain Pulau Derawan, Maratua, Bidukbiduk, serta wisata domestik di kabupaten Kelay dan Segah, yang kini telah dipamerkan di kancah internasional.

“Oleh karena itu saya meminta semua pihak untuk menjaga sarana dan prasarana yang sudah ada, harus digunakan dengan sebaik-baiknya”, ujarnya di sela-sela kegiatannya kemarin (28/10).

Menurutnya, yang ada saat ini harus dipertahankan. Kemudian cobalah untuk membangun sarana dan prasarana baru, agar tidak terpaku pada perbaikan terus-menerus. Meski begitu, ingatnya, untuk menopang pariwisata perlu ditingkatkan sarana dan prasarana pendukung sektor pariwisata.

“Kualitas sumber daya manusia (SDM) juga sangat penting, sehingga harus dimaksimalkan melalui pembinaan untuk memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Berau,” jelasnya.

Madri mengaku perlu mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas agar wisatawan luar kota merasa nyaman berkunjung ke destinasi wisata Berau. Khususnya pengelolaan sampah khususnya di kawasan wisata. Karena lingkungan pantai yang tidak bersih akan mengganggu keindahan Pulau Maratua, Derawan dan tempat wisata unggulan lainnya.

“Saya berharap masyarakat ini juga bisa peduli terhadap lingkungan dan bisa menjaga potensi alam yang kita miliki,” ujarnya.

Menurutnya, perlu ada pelatihan khusus terkait tata cara penanganan limbah organik, anorganik dan B3 dengan cara yang benar. Sehingga masyarakat dapat memanfaatkan sampah tersebut sehingga menjadi sesuatu yang bernilai nantinya. Ia menambahkan, jika lokasi wisata sudah dikelola dengan baik, sudah menjadi tugas pemerintah daerah untuk memperkenalkan wisata Berau kepada masyarakat luas. Menurutnya, keunikan masing-masing lokasi di Bumi Batiwakkal cukup menarik wisatawan untuk datang ke Berau.

“Tinggal bagaimana pemerintah daerah mampu menarik wisatawan ke Berau, tentunya dengan inovasi-inovasi yang dilakukan,” pungkasnya. (sel/adv/sel)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button