Tempat Wisata

Pantai Widara Payung Cilacap – Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pemandangan, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi & Harga Tiket – Pantai payung Widara Salah satu wisata bahari terpopuler di Cilacap, menambah pesona alam yang masih asri dan didukung fasilitas wisata yang memadai.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Widarapayung Wetan, Sidayu, Kec. Binangun, Kab.Cilacap, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

Nama pantai ini diambil dari nama desa tempat pantai ini berada, yaitu Desa Widara Payung. Dibandingkan dengan pantai lainnya, wisata pantai ini tidak begitu luas. Namun, keindahan alamnya tak kalah menarik dengan wisata pantai lainnya.

Pantai Widara Payung akan ramai dikunjungi wisatawan pada waktu-waktu tertentu yaitu pada awal bulan Ramadhan, pada akhir pekan dan pada saat hari libur nasional. Jadi jika Anda ingin menghindari keramaian, Anda bisa berkunjung di luar waktu tersebut.

Pantai ini memiliki pesona keindahan alam yang sangat menarik. Jadi, dengan liburan Cilacap ini, kamu bisa menyegarkan pikiran sejenak dan istirahat dari semua rutinitas yang kamu lakukan sebelumnya. Dengan berlibur, kamu bisa mendapatkan semangat baru untuk kembali menjalani rutinitas.

Atraksi Pantai Widara Payung

Atraksi Pantai Widara PayungSumber Gambar: Google Maps Zulmy Heru

1. Wisata alam yang indah

Pantai indah di Cilacap ini merupakan wisata bahari yang banyak ditumbuhi pohon kelapa. Pemandangan inilah yang menjadi sisi keindahan pantai ini. Selain pohon kelapa, masih banyak jenis tanaman hijau lainnya yang tumbuh di sekitar pantai.

Itu sebabnya udara di pantai terasa sangat sejuk. Tempat wisata ini juga relatif bersih. Masyarakat di sekitar tempat wisata juga sangat ramah terhadap pengunjung yang datang ke Pantai Widara Payung.

2. Wisata Pulau Nusakambangan

Di seberang kawasan pantai terdapat sebuah pulau yang cukup terkenal di kawasan ini. Pulau tersebut adalah Pulau Nusakambangan. Jika Anda ingin mengunjungi pulau ini, Anda dapat menggunakan perahu yang disediakan oleh pemandu. Harga tour ke Pulau Nusakambangan cukup murah, dengan Rp 10.000 untuk sampai ke pulau. Tarif adalah biaya transportasi dengan kapal. Kapal yang membawa penumpang ke Pulau Nusakambangan bahkan mengenakan tarif tersendiri saat parkir di sekitar pantai, yaitu kurang lebih Rp 12.000.

3. Acara Almosen

Selama bulan Syura, diadakan acara sedekah di Pantai Widara Payung. Acara ini sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat desa setempat, secara turun temurun. Tujuan dari acara ini adalah untuk mensyukuri limpahan nutrisi yang telah diterima seseorang sepanjang hidup.

Doa juga dipanjatkan pada acara ini agar berkah selalu tercurah dari Tuhan. Anda bisa melihat seluruh prosesi acara Earth Almos hanya jika Anda datang di bulan Syura.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Widara Payung

Alamat Pantai Widara PayungKredit foto: Google Maps Muhammad Arief Rahman

Wisata pantai ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Binangun. Dari pusat Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, pantai ini berjarak 35 kilometer. Untuk menuju Pantai Widara Payung, Anda bisa menggunakan transportasi darat. Anda dapat menggunakan kereta api dan kemudian turun di Kroya karena jaraknya juga tidak jauh dari Kroya.

Dari stasiun kereta api Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan kendaraan umum hingga tiba di tempat wisata. Jika Anda berangkat dari Purwokerto, Anda bisa melalui Jalan Banyumas, lalu melalui Pasar Kato. Setelah itu Anda akan sampai di gerbang kawasan pantai. Selain angkutan umum, Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Harga tiket masuk yang ditetapkan untuk memasuki kawasan Pantai Widara Payung sangat terjangkau yaitu Rp 2.500 untuk satu orang. Dengan biaya murah, Anda bisa menikmati berbagai keindahan alam di pantai.

Namun, tiket masuknya bisa mencapai Rp 5.000. Hal ini dikarenakan pintu masuk menuju lokasi pantai yang berbeda. Perlu Anda ketahui bahwa ada tiga pintu yang bisa Anda lalui untuk menuju pantai, setiap pintu memiliki biaya masuk yang berbeda-beda.

Aktivitas Menarik di Pantai Widara Payung

Aktivitas di Pantai Widara PayungSumber gambar: Google Maps nefa merazana

1. Berselancar

Bagi Anda yang menyukai aktivitas pantai seperti berselancar, Anda bisa melakukannya di Pantai Widara Payung. Kondisi ombak di pantai ini sangat cocok untuk berselancar. Selain itu, pemandangannya yang begitu indah membuat suasana liburan semakin menyenangkan. Juga pantai ini merupakan standar internasional untuk berselancar.

2. Belanja oleh-oleh

Ada beberapa pedagang di sekitar pantai yang menjual beberapa makanan seperti ikan asin, kerupuk udang, terasi atau ikan segar. Anda bisa membelinya dan menjadikannya salah satu oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Harga yang ditawarkan oleh pengecer juga relatif murah, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika anggaran Anda tidak melar. Karena mereka mendapatkannya langsung dari para nelayan sehingga bisa menawarkan harga yang lebih terjangkau.

3. Mengemudi Andong

Bagi Anda yang ingin berkeliling pantai tanpa harus berjalan kaki, Anda bisa menggunakan kereta kuda. Dalam bahasa lain, andong dikenal sebagai kereta. Anda bisa menyewanya untuk menjelajahi area pantai dengan lebih leluasa.

4. Berkendara

Di sekitar lokasi pantai juga terdapat tempat dimana anda bisa menyewa menunggang kuda. Anda bisa mengajak anak Anda untuk menunggang kuda sambil berjalan-jalan di pantai Cilacap ini. Aktivitas ini menawarkan Anda dan keluarga pengalaman liburan terpisah.

Akomodasi murah dekat Pantai Widara Payung

Akomodasi Pantai Widara PayungSumber gambar: Google Maps EW SAf

1. Atrium Premiere Hotel Cilacap

Hotel ini terletak di kawasan Cilacap Tengah. Staf di sini dikenal sangat ramah, sehingga pengunjung akan merasa nyaman. Makanan yang disajikan di sini juga sangat enak.

Banyak pengunjung telah mencobanya dan mereka menyukainya. Hotel ini masih baru di daerah Cilacap dan lokasinya juga cukup strategis. Harga untuk menginap juga cukup terjangkau yaitu Rp 399.000.

2. Hotel Mutiara Cilacap

Lokasi penginapan ini juga berada di kawasan Cilacap Tengah. Hotel ini sangat terkenal dengan kebersihannya yang terjaga dengan baik. Jika Anda ingin menginap di hotel, Anda akan dikenakan pajak tempat tinggal sebesar Rp 285.000. Harga tersebut sudah termasuk pajak, sehingga Anda tidak perlu lagi menambahkan biaya pajak tambahan.

Fasilitas di hotel ini juga cukup lengkap, sehingga Anda akan merasa nyaman berada di hotel ini. Setiap kamar juga dilengkapi dengan AC. Hotel ini juga memiliki lift. Jadi kamu tidak perlu capek-capek naik tangga ke kamarmu kalau kamarmu ada di lantai paling atas.

3. Hotel Permata Majenang

Lokasi hotel ini sangat strategis. Dekat dengan alun-alun sehingga Anda tidak akan mengalami masalah jika bepergian untuk alasan apa pun. Harga yang ditetapkan untuk satu malam adalah Rp 330.000. Sudah ada restoran di hotel ini jadi tidak perlu pesan di tempat lain hanya untuk makan.

Selain itu, hotel ini juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti parkir, resepsionis 24 jam dan WiFi. Dengan WLAN, Anda dapat menggunakannya untuk berselancar di Internet dengan lancar tanpa harus menggunakan kuota Internet yang ada. Dengan cara ini Anda bisa sedikit menghemat kuota internet Anda.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Widara Payung

Fasilitas Pantai Widara PayungKredit foto: Google Maps Sheva Pahlavi

1. Tempat parkir

Parkir disediakan oleh pemandu wisata. Berbeda dengan tempat wisata lain yang memungut biaya parkir, di sini Anda tidak perlu membayar biaya parkir lagi.

toilet kedua

Pantai Widara Payung juga dilengkapi dengan toilet. Anda tidak perlu lagi mencari toilet di tempat yang jauh dari tempat wisata. Karena kemungkinan besar Anda akan membutuhkan fasilitas ini, baik untuk buang air besar maupun untuk membasuh kaki.

3. Mandi

Tempat pemandian ini bisa Anda manfaatkan mulai dari bermain di pantai hingga bermain air, sehingga pakaian Anda basah dan Anda harus mandi. Pemandian ini juga populer di kalangan wisatawan selancar.

4. Tempat makan

Ada berbagai restoran di sekitar pantai, yang juga menyajikan menu yang bervariasi. Karena lokasinya yang dekat dengan pantai, banyak restoran yang menyajikan menu seafood. Ada juga beberapa rumah makan yang menyajikan makanan khas daerah Cilacap. Jadi jika Anda dari luar Cilacap Anda bisa mencobanya.

5. Kolam renang

Tidak semua pantai menawarkan kolam renang, beberapa pantai menawarkan fasilitas ini. Biasanya anak-anak yang suka bermain di kolam renang. Usai bermain di pantai, biasanya anak-anak tertarik berenang untuk menyegarkan tubuh.

Itulah beberapa tempat wisata di Pantai Widara Payung. Anda bisa mengunjunginya jika ingin liburan pantai dan tetap menikmati suasana pantai yang asri. Atau jika Anda kebetulan mendapatkan pekerjaan di Cilacap, maka Anda juga bisa mampir untuk merasakan segarnya wisata bahari di Cilacap sambil mencicipi beberapa sajian makanan di restoran tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button