Berita Wisata

Anggota DPRD Dukung Pengembangan Kawasan Dermaga Rembang Sebagai Tempat Wisata Kuliner – Lentera Today

PALANGKA RAYA (Lenteratoday) – Kawasan Dermaga Rambang akan dikembangkan menjadi salah satu objek wisata kuliner modern “kota keindahan”, yang terletak di Jalan Pelabuhan Rembang, Desa Langkai, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya. Pekerjaan renovasi juga sudah dimulai dan diharapkan selesai dalam tiga minggu ke depan.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Beta Syailendra mendukung penataan di kawasan tersebut karena lokasi tersebut selama ini menjadi tempat bersantai dan menikmati hidangan sederhana yang dijual para pedagang.

“Dengan dikembangkannya Dermaga Rembang menjadi lokasi wisata kuliner modern, salah satu tujuannya agar roda perekonomian masyarakat sekitar kembali berputar,” kata Beta, Sabtu (29/10/2022).

Sementara itu, kata dia, anggaran untuk penataan tersebut berasal dari dana tanggung jawab sosial dan lingkungan (CSR) Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Kota Palangka Raya.

Beta juga menyarankan agar nantinya pemerintah daerah membuat peraturan tentang pembuangan limbah atau sampah dari pedagang kuliner di daerah tersebut.

“Salah satu hal penting yang harus diwaspadai karena jika tidak ditangani dengan baik, penataan akan sia-sia dan tempat kembali menjadi kumuh,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, setelah kawasan dermaga Rembang menjadi wisata kuliner modern, pemerintah kota, pengelola dan masyarakat sangat perlu menjaga fasilitas yang telah disediakan. Tentu saja, pedagang juga wajib menjaga fasilitas yang ada dan mengelola sampahnya dengan benar dan bersih. Karena hal inilah yang diharapkan wisatawan dan pengunjung dapat menikmati wisata kuliner dengan senang dan nyaman.

Selebihnya, kata dia, Pedagang Kali Lima (PKL) yang berdagang di tempat ini berjumlah 17 orang, sehingga kios kontainer yang disediakan juga sebanyak 17 unit. Selama pekerjaan renovasi, para pedagang dipindahkan sementara.

“Saya berharap tempat kuliner ini bisa menjadi salah satu tempat wisata di kabupaten Pahandut dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut,” pungkasnya.

Reporter: Novita | Penerbit: Arifin BH

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button