Berita Wisata

Trek berlumpur dan licin, pelari lintas alam BOB Forest Run membuat ketagihan

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO – BOB Forest Run 2022 para pelari jarak jauh menjajal Trek Perbukitan Menoreh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah pada Sabtu (29/10/2022).














Mulai dan untuk mengakhiri Di De’Loano Glamour Camping (Glamping) Purworejo, peserta melewati dua desa wisata di Purworejo, yaitu Bendowo dan Sedayu.

Pelari juga melewati destinasi wisata yang sedang populer saat ini antara lain Kebun Teh Ngligo, Bukit Isis dan Tumpeng Menoreh.







Trek sering digunakan off road (tur jip). Kondisi jalan terjal, licin dan penuh tantangan. Banyak pelari terpeleset dan jatuh di area berlumpur, dan pakaian pelari penuh lumpur.

Sekitar 400 pelari dari berbagai wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta mengikuti BOB Forest Run 2022 yang diadakan di kawasan dataran tinggi Borobudur, desa Sedayu, kecamatan Loano, Purworejo.







Tak hanya anak-anak, sejumlah orang tua pun tak mau kalah mencoba sensasi berlari di jalan tanah yang basah sehabis hujan dengan dua lintasan pendek 4 kilometer dan satu lintasan panjang 8 kilometer.







Meski licin, berlumpur dan penuh tantangan, setiap rute disuguhkan dengan pemandangan indah dan keindahan perbukitan Menoreh.

Bertindak sebagai pengibar bendera awal adalah Agus Rochiyardi sebagai Direktur Pemasaran Pariwisata di Borobudur Authority (BOB).

Dikatakannya, inti dari diadakannya BOB Forest Run adalah untuk mempromosikan Borobudur Highland.

“Hari ini kami mengadakan BOB Forest Run, harapan kami untuk mempromosikan Borobudur Highland tidak seperti Candi Borobudur. Ini untuk membedakan diri. Borobudur Highland terletak di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut (MDPL), udaranya relatif sejuk dan dingin dengan vegetasi hutan pinus,” jelas Augustus.

Menurutnya, BOB Forest Run adalah tentang menemukan hutan pinus, kawasan indah yang dikenal masyarakat luas.

“Saat pertama kali datang ke sini, kami melakukan survei. Saat itu daerahnya sangat eksotis, saya tidak habis pikir kenapa konsultan akhirnya melakukan perencanaan lahan seperti ini, khusus untuk wisata alam, budaya dan olahraga”, jelasnya.

Agus menambahkan, dalam BOB Forest Run ada dua kategori yaitu 8 kilometer dan 4 kilometer. Jalan tersebut mengelilingi Dataran Tinggi Borobudur seluas 309 hektar.

“Kita berharap peserta selfie, unggah di media sosial, biar promosinya lancar. Pesertanya 400 orang, sedangkan targetnya hanya 300 orang, berdasarkan KTP dari DIY dan Jateng,” kata Agus.

Grace Anita, salah satu pelari asal Yogyakarta mengaku senang bisa mengikuti BOB Forest Run 2022. Pelari bisa masuk ke dalam barisan. untuk mengakhiri pertama kali untuk pelari, dengan waktu 23 menit, kategori 4 km.

“Pitch ini oke, kamu harus hati-hati tapi keren, didukung oleh cuaca yang baik. Diary ini mendadakUntungnya, saya sering berolahraga dan cukup tidur hanyaSehingga bisa dimaksimalkan,” ujarnya.

Peserta lainnya, Bagus dari Kota Magelang, adalah seorang pecandu. Ia mengaku senang bisa mengikuti BOB Forest Run 2022.

“BOB Forest Run 2022, kegiatan yang asik, bebas dan menantang. Semoga kedepannya lebih banyak lagi kegiatan seperti ini,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button