Berita Wisata

Kebangkitan Proklamasi Pendakian Gunung Marapi TWA, Wakil Gubernur Sumbar: Nama Sangat Istimewa

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 23:02 WIB

| Penulis:

Penerbit: Tobari

Agama, InfoPublik – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar mengaktifkan kembali Taman Wisata Alam Gunung Marapi (TWA), dengan nama jalur pendakian dicanangkan.

Lokasi ini tepatnya di Nagari Batu Palano, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam.

Jalur pendakian proklamasi TWA Gunung Marapi dimulai Wakil Gubernur Sumbar Dr Audy Joinaldy pada Sabtu (29/10/2022).

Audy Joinaldy mengatakan potensi alam Sumbar khususnya Agam sangat luar biasa, bahkan dia mengapresiasi BKSDA yang telah mengaktifkan kembali TWA Gunung Marapi.

“Namanya juga sangat istimewa, yaitu cara pendakian penerbitnya. Mengingatkan kita semua bahwa Muhammad Hatta atau Bung Hatta berasal dari Agam/Bukittinggi,” ujarnya.

Dalam pengelolaan objek wisata ini, ia meminta Pokdarwis diberi makan dengan baik, karena kunci kemajuan wisata bergantung pada sumber daya manusianya.

“Sumatera Barat memiliki sekitar 29 gunung, namun Gunung Merapi menjadi idola para pendaki,” ujarnya.

Sehingga, menurut dia, dengan diaktifkannya kembali TWA Gunung Marapi yang disebut Jalur Pendakian Sang Proklamator, dapat menarik wisatawan untuk berkunjung.

Namun pendidikan para pendaki, kata dia, juga penting. Ia menilai Pokdarwis di bawah bimbingan BKSDA bisa memandu pengunjung nantinya.

“Selain keselamatan para pendaki, itu harus menjadi salah satu faktor utama. Bagaimana mereka bisa pulang dan kembali lagi dengan selamat,” kata Audy.

Ia menceritakan pengalamannya saat mendaki Gunung Talang yang banyak tumpukan sampahnya.

“Kami berharap dengan adanya pendidikan nanti, hal-hal negatif seperti ini tidak terjadi di Gunung Marapi,” harap Audy.

Bupati Agam Dr H Andri Warman hadir saat itu untuk mengapresiasi aktifnya kembali TWA Gunung Marapi yang sudah lama tidak aktif dalam kegiatan pendakian.

Menurutnya, hal ini akan membuka peluang untuk mengembangkan wisata minat khusus di Sumbar, khususnya Kabupaten Agam.

“Tentunya SDM harus profesional, dengan tetap menjaga kebersihan, keindahan dan kelestarian alam,” ujarnya.

Sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Sumbar Visit Beautiful Sumbar 2023, pihaknya mengajak para pemangku kepentingan pariwisata untuk berperan sesuai bidangnya masing-masing dalam meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Selain itu, kita memiliki daya tarik wisata yang lengkap, ada gunung, danau, ngarai, laut dan lain-lain. Tinggal bagaimana kita bisa menarik wisatawan untuk berkunjung,” ujarnya.

Peluncuran Jalur Proklamasi TWA Gunung Marapi ditandai dengan dibukanya panel selubung.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan groundbreaking pembangunan gedung Pusat Informasi TWA Gunung Marapi yang dilanjutkan dengan penanaman pohon.

Kemudian pemberian bantuan pengembangan ekonomi usaha kepada 8 Kelompok Tani Hutan (KTH), termasuk dua dari Agam. Masing-masing menerima Rp 49.950.000. (MC Agam/toeb)

Anda dapat memposting ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumbernya. infopublic.id

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button