Tempat Wisata

Gili Labak Sumenep Jawa Timur: Akomodasi + Biaya Kapal

Di Gili Labak, wisatawan bisa melakukan 5 aktivitas sekaligus, snorkeling, camping, mengambil banyak spot foto menarik, mengelilingi gili dengan perahu dan menjelajahi semua pantai yang ada di gili.

Jam buka: 24 jam
harga tiket: Gratis
Kontak:
Akomodasi: keluarga angkat dan asrama
Alamat: Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Gili Labak Sumenep

Mungkin Anda mengenal Gili Labak dari media sosial, bukan? Ya, tempat ini sangat populer akhir-akhir ini. Saking populernya, banyak tour and trip yang menawarkan paket wisata ke Gili Labak.

[artikel number=3 tag=”wisata-jawa-timur, wisata-air”]

Gili Labak adalah sebuah pulau kecil di sebelah tenggara Pulau Madura. Jaraknya sekitar 18 km dari Pelabuhan Tanjung dan jika ingin ke Gili hanya bisa menggunakan transportasi air. Gili Labak menjadi destinasi yang banyak dicari oleh para wisatawan khususnya wisatawan lokal karena keindahan pantai dan biota lautnya yaitu karang dan ikan hias.

Meski berada di tengah laut yang cukup jauh dari pulau besar, ternyata di Gili Labak sudah banyak berdiri bangunan. Bangunan tersebut terdiri dari keluarga angkat dan rumah orang-orang yang ditinggalkan di kawasan Gili. Luas Gili Labak hanya 6 hektar dikelilingi pantai berpasir putih yang sangat indah.

[quads id=3]

Kondisi tanggul saat ini tidak hanya menjadi tempat tinggal dan tujuan, tetapi juga tempat pendaratan bagi para nelayan. Ombak di pantai Gili Labak cukup tenang, juga terdapat bebatuan dan gerombolan ikan hias laut seperti ikan Nemo di sekitar tanggul, yang membuat tempat ini sangat direkomendasikan untuk kegiatan snorkeling.

Rute dan lokasi Gili Labak Sumenep

Sayangnya lokasi Gili Labak cukup jauh dan membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai lokasi. Jika ditempuh dari pelabuhan Tanjung Perak, mungkin membutuhkan waktu 4 jam untuk tiba, tetapi sangat sedikit perahu kecil yang berlayar ke Gili Labak. Untuk jalur darat, waktu tempuhnya juga hampir sama, yaitu sekitar 3 jam melalui pulau Madura sampai tujuan Kabupaten Sumenep. Dari Sumenep nanti bisa pilih 2 pelabuhan, tapi pelabuhan Tanjung yang merupakan pelabuhan yang paling sering dikunjungi wisatawan untuk menuju Gili Labak.

Alasan-alasan tersebut membuat sebagian orang memilih destinasi wisata lainnya. Namun bagi Anda yang sangat ingin melihat keindahan Gili Labak, jarak sepertinya tidak menjadi kendala.

Lokasi Gili Labak berada di Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Selain itu, ada juga destinasi berupa gili yaitu Gili Ketapang yang masih dalam jangkauan Jawa Timur yaitu Kabupaten Probolinggo.

Biaya transportasi perahu ke Gili Labak

Karena satu-satunya alat transportasi adalah kapal/kapal, Anda perlu mengetahui biaya dan jadwal keberangkatan kapal ke Gili Labak. Namun perlu anda ketahui, jika tidak mau repot anda bisa menyewa tour operator dengan memilih paket wisata ke Gili Labak, harga setiap paket mulai dari 250.000 hingga jutaan tergantung itinerary yang anda inginkan.

Kalau mau murah bisa sewa saja dengan biaya transportasi perahu yaitu 350 untuk mengangkut 10 orang. Harganya juga bisa dinegosiasikan atau dinaikkan tergantung pemilik kapal.

Jika ingin pergi bersama nelayan, jadwal keberangkatannya adalah pukul 05:30 WIB dan kembali ke Pulau Madura pada pukul 16:00 WIB.

Akomodasi di Gili Labak

Jika tidak ingin langsung pulang, Anda bisa bermalam di Gili Labak. Menginap di sini tidak hanya harus di homestay atau penginapan warga sekitar, Anda juga bisa mendirikan tenda di pinggir pantai.

Namun jika Anda merasa liburan Anda lebih tenang, Anda bisa menyewa homestay dengan biaya sewa Rp. 500.000/malam atau perumahan murah untuk penghuni Rp 300.000/malam dengan 3 kamar tidur.

Galeri Foto Aktivitas Gili Labak

Keindahan Gili Labak sepertinya belum lengkap bila diceritakan hanya secara tertulis. Berikut gambar-gambar milik wisatawan yang pernah berkunjung ke Gili Labak.

Gil Labak Tidak pernah sepi pengunjung, meski lokasinya cukup terpencil, hal ini menunjukkan bahwa Gili Labak memiliki daya tarik yang tinggi bagi pecinta wisata alam di pesisir dan Gili.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button