Tempat Wisata

Pesona Pantai Kartini, Wisata Laut yang Menakjubkan di Jepara

Pantai Kartini, salah satu tempat wisata bahari paling menakjubkan di Jepara. Daerah pantai dilengkapi menjadiwahana yang bervariasi permainan menarik plus hadirnya Kura Kura Ocean Park.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 07.00 – 19.00 WIB, Alamat: Desa Bulu, Kec. Jepara, Kab.Jepara, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

Jepara adalah daerah yang terkenal dengan ukirannya. Namun tidak hanya ukirannya saja, ternyata kawasan ini juga memiliki pantai yang indah, yaitu Pantai Kartini. Nama Pantai Kartini berasal dari nama pahlawan pejuang emansipasi wanita Indonesia yaitu Raden Adjeng Kartini.

RA Kartini lahir di Jepara, perempuan Indonesia kini setara dengan laki-laki karena kelebihannya. Tak heran jika namanya menjadi inspirasi tempat wisata yang indah. Pantai dengan laut yang tenang ini terletak di sisi utara pulau Jawa. Tempat ini menawarkan panorama alam yang mempesona yang bisa membuat wisatawan jatuh hati.

Di sebelah pantai, wisatawan dapat menemukan paviliun yang menjorok ke arah laut, menghiasi kawasan wisata ini. Wisatawan akan dibuat terkagum-kagum dengan keindahan alam dan wahana yang beragam dari objek wisata ini.

Daya Tarik Pantai Kartini

Tempat Wisata di Pantai KartiniSumber Gambar: Google Maps Sadad Ahmad

1. Pantai Eksotis

Pantai dengan air yang jernih dan bersih serta pantai berpasir putih memanjakan mata para wisatawan. Pada waktu-waktu tertentu, wisatawan dapat menyaksikan perpaduan keindahan alam dari pertemuan laut dan matahari matahari terbenam atau matahari terbenam.

2. Mandi

Ada rumah pemandian di sisi barat Pantai Kartini. Orang-orang sekitar percaya bahwa jika seseorang mandi di bak mandi, segala macam penyakit yang diderita orang ini akan hilang.

Penyakit tersebut antara lain rematik, penyakit paru-paru dan berbagai penyakit kulit lainnya. Hal ini membuat para wisatawan yang mengunjunginya percaya dan mencobanya.

3. Gazebo di area pantai

Yang menarik perhatian pantai ini adalah paviliun-paviliun yang berjajar di tepi pantai. Anjungan atau aula kosong berjejer terpisah dan dihubungkan oleh jembatan lengkung semi permanen yang mempercantik kawasan wisata ini.

Duduk santai di gazebo saat matahari terbenam bisa menjadi ide yang menarik. Apalagi jika Anda makan siang dari rumah atau membelinya di area pantai.

4. Taman Penyu

Ada sebuah bangunan berbentuk kura-kura raksasa yang bagian dalamnya terbagi menjadi dua lantai. Kendaraan ini menawarkan fasilitas rekreasi sekaligus fasilitas pendidikan. Perjalanan ini sangat bagus untuk anak-anak. Selain berwisata, anak-anak bisa belajar tentang ekosistem laut dengan cara yang menyenangkan.

Di lantai satu, wisatawan akan menemukan taman laut berupa akuarium besar dengan lorong bawah laut. Saat wisatawan berjalan menyusuri lorong, wisatawan akan melihat kehidupan bawah laut yang menakjubkan dengan berbagai macam biota laut.

Di tempat ini, wisatawan akan dibuat takjub oleh ikan kerapu, ikan buntal, ikan pari, hiu, penyu, angelfish, Punggung lusuh ke berbagai terumbu karang. Selain akuarium besar, ada 12 akuarium yang dipasang di dinding dengan 4 akuarium portabel dengan berbagai spesies ikan air laut dan air tawar kecil.

Ada satu di lantai pertama ini baskom sentuh yang berisi ikan air tawar dan penyu bagi wisatawan untuk bersentuhan dan mengobrol dengan penyu. Ada ikan Spa bagi wisatawan untuk merefleksikan diri dengan merendam kaki di kolam ikan Garra Rufa dari Turki. dalam Pekerjaan Papan informasi ini tersedia Layar sentuh untuk mempelajari.

Sementara itu ada lantai dua Pekerjaan pendidikan untuk anak-anak. Banyak hal menarik yang bisa ditemukan di tempat ini, antara lain kipas angin tanpa baling-baling, simulator pesawat, tepuk tangan dan sensor gerak serta fasilitas lainnya. Yang paling menarik dan selalu ramai dikunjungi wisatawan adalah IMAX laut dalam 3D

5. Pulau Panjang

Di sekitar kawasan wisata ini terdapat objek wisata lain yang bisa dikunjungi, antara lain Pulau Panjang. Pulau ini berfungsi sebagai kawasan konservasi flora dan fauna yang dilindungi oleh pemerintah.

Pemandangan di pulau ini juga sangat menarik, ditambah dengan pasir putih yang indah. Untuk sampai ke tempat tersebut Anda harus menyeberangi lautan dengan menggunakan perahu motor yang disewa dari pengelola pantai.

6. Berbagai wahana

Kecuali kura-kura taman laut, Pantai ini dilengkapi dengan berbagai wahana menarik lainnya untuk dimainkan anak-anak. Wahana di area ini seperti melacak Mini, pesawat TNI AU, rumah kecil dan lain-lain.

Alamat dan rute menuju tempat wisata di pantai kartini

Alamat Pantai KartiniKredit foto: Google Maps Jatiindo International

Pantai Kartini terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, lebih tepatnya Desa Bulu, Kabupaten Jepara. Kawasan wisata ini buka setiap hari. Area ini dapat diakses 24/7 selama jam operasional. Tempat wisata ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jalan menuju Pantai Kartini cukup bagus untuk berkendara dengan nyaman. Ada beberapa rute yang bisa dipilih wisatawan. Jika Anda keluar dari pusat kota Jepara, pergilah ke barat sejauh kurang lebih 3 km.

Sedangkan jika berangkat dari Semarang, rute yang ditempuh untuk menuju Pantai Kartini dengan kendaraan pribadi adalah Semarang – Demak – Jepara. Terdapat rambu-rambu di sepanjang jalan, sehingga memudahkan untuk menuju lokasi objek wisata.

Setelah sampai di kota Jepara, pergilah ke arah barat sejauh kurang lebih 3 km. Dari luar kota, wisatawan bisa menggunakan kereta api menuju Stasiun Tawang atau naik pesawat untuk mendarat di Bandara Ahmad Yani. Kemudian lanjutkan perjalanan dari Semarang ke Jepara dengan menggunakan trip atau taksi.

Sebagai pilihan lain, wisatawan dapat menggunakan transportasi umum, naik bus dari Terminal Terboyo di Kota Semarang dan berhenti di Terminal Jepara. Dari Terminal Jepara, Anda bisa berjalan kaki atau naik becak sekitar 15 menit.

Harga Tiket Masuk Pantai Kartini Jepara

Harga tiket Pantai KartiniKredit foto: Google Maps astika kiki nabilla

Tiket masuk kawasan wisata ini dibagi menjadi dua kategori yaitu weekday dan weekday akhir pekan. Wisatawan dikenakan tiket masuk Rp 5.000 pada hari kerja akhir pekan Wisatawan dikenakan tarif sebesar Rp 7.500,-.

Bagi wisatawan yang ingin memasuki Kura-Kura Ocean Park akan dikenakan biaya Rp 12.500 pada hari biasa dan Rp 17.500 pada akhir pekan. Bagi yang tertarik mengunjungi Pulau Panjang, Anda bisa menyewa perahu motor dengan harga Rp50.000-70.000 per orang.

Ada biaya parkir bagi wisatawan yang membawa kendaraan. Biaya parkir sepeda motor Rp 2.000, mobil Rp 5.000, dan bus Rp 10.000.

Aktivitas menarik di pantai Kartini

Aktivitas di Pantai KartiniKredit foto: Google Maps Cute Wild

1. Bersantai dan berjemur

Aktivitas keren yang bisa dilakukan di tempat ini adalah duduk santai atau berjemur di tepi pantai. Sambil bersantai dan berjemur, Anda bisa menikmati panorama indah dan gulungan ombak yang memberikan ketenangan bagi wisatawan untuk bersantai.

Sore hari, wisatawan bisa melihat keindahan langit jingga saat matahari terbenam. Selain berada di pinggir pantai, wisatawan bisa bersantai di gazebo dan mengobrol dengan orang-orang yang diundang ke tempat ini.

2. Berenang dan bersantai di pantai

Aktivitas utama yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi pantai ini adalah berenang. Selain berenang, masih banyak hal menarik lainnya yang bisa dilakukan dengan air, seperti permainan air. Wisatawan bisa leluasa bersantai di tempat ini.

3. Kunjungan wisata di sekitar pantai

Tempat wisata ini dilengkapi dengan wahana pantai seperti rumah ombak, kincir ria, rumah bajak laut dan sebagainya. Selain wahana pantai, terdapat berbagai jenis wahana rekreasi dan edukasi yang menarik wisatawan untuk berlama-lama di sini.

4. Kunjungi Pulau Panjang

Bagi wisatawan yang tidak puas berwisata di satu tempat, bisa mengunjungi objek wisata lain di sekitar pantai populer ini yaitu Pulau Panjang. Untuk menuju ke sana Anda bisa naik perahu motor yang disediakan pengelola dengan biaya sewa.

5. Mandi di bak mandi

Wisatawan bisa mandi di pemandian-pemandian yang ada di kawasan pantai, yang dipercaya warga sekitar bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

6. Berburu kuliner di pantai

Setelah seharian beraktivitas di tempat wisata ini, berburu kuliner menjadi pilihan yang tepat untuk memuaskan rasa lapar sambil beristirahat. Di area pantai terdapat warung makan yang menyajikan makanan laut atau berbagai menu lainnya. Wisatawan juga bisa menikmati es krim kelapa muda.

7. Berburu suvenir

Wisatawan dapat membeli oleh-oleh dari toko-toko suvenir di kawasan pantai ini untuk oleh-oleh atau dibagikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman dekat.

Penginapan murah di sekitar pantai Kartini

Akomodasi Pantai KartiniKredit foto: Google Maps Samudra Hotel & Resto

1. Akomodasi Mulyo Kartini

Mulyo Kartini Inn merupakan penginapan yang terletak sekitar 0,44 km dari Pantai Kartini. Penginapan ini terletak tepat di pusat kota Jepara. Mulyo Kartini Inn tidak hanya dekat dengan Pantai Kartini, tetapi juga dekat dengan Terminal Jepara yang berjarak sekitar 1,63 km.

2. Samudra Hotel & Restoran

Samudra Hotel & Resto merupakan penginapan yang terletak sekitar 0,55 km dari Pantai Kartini. Penginapan ini terletak tepat di pusat kota Jepara. Penginapan ini memiliki berbagai fasilitas.

Fasilitas utama meliputi penyejuk ruangan (AC), resepsionis 24 jam, WiFi dan tempat parkir. Selain itu, banyak fasilitas lain yang tersedia di sini.

3. Vila tepi laut

Vila di tepi laut adalah sebuah penginapan yang terletak sekitar 2,11 km dari Pantai Kartini. Jarak ke tempat wisata tidak terlalu jauh.

Penginapan ini memiliki berbagai fasilitas yang wajar. Fasilitas utama meliputi restoran, pendingin ruangan (AC), WiFi dan tempat parkir yang nyaman.

Fasilitas Wisata di Pantai Kartini Jepara

Fasilitas Pantai Kartini JeparaSumber gambar: Google Maps Pak Noor Kudus

Fasilitas di kawasan wisata ini bisa disebut cukup lengkap. Fasilitas yang tersedia antara lain restoran, pemandian, pendopo, penginapan dan hotel di kawasan wisata ini dan lain sebagainya.

Selain itu, jasa sewa permainan anak dari sepatu roda hingga sepatu roda juga tersedia disini skuter. Untuk menggunakan jasa sewa wisata ada biaya tambahan yang tentunya terjangkau.

Itulah beberapa informasi menarik tentang wisata Pantai Kartini yang terletak di Kabupaten Jepara. Jika Anda berada di dekat Jepara, tak ada salahnya mampir ke pantai cantik ini. Selain murah, pemandangan laut di sini setara dengan pemandangan laut di pulau Bali.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button