Berita Wisata

30 Tempat Wisata di Ubud Bali dan Sekitarnya

Salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat berlibur di Pulau Dewata adalah kawasan Ubud. Kawasan ini menawarkan berbagai pilihan objek wisata. Artikel kali ini akan membahas 30 wisata Ubud Bali yang bisa Anda kunjungi, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Tur yang direkomendasikan di dan sekitar Ubud Bali

Ubud merupakan desa tradisional sekaligus destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Gianyar. Ubud menawarkan banyak objek wisata yang sangat menarik. Menurut salah satu blog biro perjalanan, berikut adalah 30 rekomendasi wisata Ubud Bali dan sekitarnya:

1. Hutan Monyet Ubud

Pilihan pertama untuk wisata di Ubud Bali adalah mengunjungi Ubud Monkey Forest. Tempat ini merupakan tempat peristirahatan yang terletak di dalam hutan lindung yang masih asri dan banyak terdapat kera. Monyet-monyet ini jelas menjadi daya tarik utama tempat ini.

2. Wyah Ubud

Tempat ini memiliki nuansa yang unik dan menarik karena bangunan dan pemandangan yang indah. Wyah Ubud adalah sebuah kafe dengan konsep yang menarik dan dekat dengan alam.

3. Pasar Seni Ubud

Ubud juga memiliki pasar seni yang merupakan pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Bali. Anda dapat berbagi berbagai karya seni masyarakat Bali, seperti pakaian, topeng barong, handuk pantai, dan jajanan khas Bali.

4. Pot serayu dan terakota

Tempat Ono menjual kerajinan tangan berupa pot dan terakota yang sangat menarik. Selain itu, juga akan ditawarkan kepada pengunjung untuk menghias pot atau terakota mereka sendiri.

5. Kolam Renang, Bar, dan Dapur Kelapa Muda

Anda bisa mendapatkan pengalaman bersantap yang menyenangkan di tempat ini. Mereka menawarkan makanan dan minuman yang lezat dan dilengkapi dengan pemandangan yang begitu indah.

6. Teras Sawah Tegalalang

Teras sawah menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Dilansir dari laman detiktravel, Tegalalang yang terletak di Ubud menjadi favorit para wisatawan karena menawarkan pemandangan persawahan yang indah.

7. Pura Taman Sarasvati

Pura Hindu ini didedikasikan untuk pemujaan Dewi Saraswati, dewi yang membawa pengetahuan ke permukaan bumi. Candi ini memiliki fitur berbentuk teratai yang mengelilinginya.

Bunga teratai tentunya sangat menarik untuk dijadikan sebagai spot foto para wisatawan. Selain itu, pura ini juga sering menampilkan tarian Kecak yang bisa disaksikan oleh pengunjung.

8. Pura Dalem Agung Padang Tegal

Candi ini digunakan sebagai tempat pemujaan Dewa Siwa, dewa pemusnah dalam agama Hindu. Di sini Anda dapat melihat umat Hindu mengadakan upacara keagamaan mereka.

9. Pura Gunung Lebah

Selain kedua pura yang telah disebutkan sebelumnya, Ubud juga memiliki pura Gunung Lebah yang dapat dijadikan sebagai objek wisata. Dewa yang dipuja di pura ini adalah Dewa Danuring Gunung Batur. Pura ini menjadi tuan rumah pertunjukan tari Calonarang.

10. Kuil Kehen

Di candi ini, Anda akan menemukan banyak candi peninggalan dari masa lalu. Candi ini memiliki daya tarik berupa ukiran yang rumit di dinding ini. Bagi Anda penyuka sejarah tentunya harus mengunjungi tempat ini.

11. SENJATA

ARMA (Museum Seni Agung Rai) adalah museum seni rupa yang memamerkan karya seni seniman Bali. Di sini Anda dapat melihat berbagai lukisan Bali yang memiliki nilai seni tinggi.

12. Museum Neka

Selain ARMA, Ubud juga memiliki museum seni lainnya yaitu Museum Neka. Di sini, Anda bisa melihat karya-karya legendaris dari pelukis-pelukis ternama di Indonesia, seperti lukisan tari Barong & Rangda karya Affandi.

13. Museum Renaisans Blanco

Museum Blanco Renaissance adalah museum yang terletak di kawasan Ubud. Museum ini dibangun oleh seorang seniman bernama Antonio Blanco yang memamerkan berbagai karya seninya sendiri.

Museum ini memadukan ciri khas budaya Bali dengan lukisan bergaya Eropa. Pihak pengelola juga melengkapi fasilitas museum ini dengan menawarkan restoran, art shop, toilet, serta ruang relaksasi.

14. Museum dan Galeri Seni Rudana

Seperti namanya, museum ini dimiliki oleh seorang seniman dan kolektor seni bernama Nyoman Rudana. Di sini Anda akan menemukan karya seniman lokal Bali seperti I Gusti Nyoman Lempad, I Gusti Ketut Kobot dan Wayan Bendi. Ada juga karya seniman asing seperti Antonio Blanco, Yuri Gorbachev dan Jafar Islah.

15. Gua Gajah

Kata Goa Gajah berasal dari kata “Lwa Gajah” yang berarti pura tempat pemujaan para biksu. Tempat ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang, sehingga terasa sangat segar dan asri. Di sini Anda dapat melihat di mana para biarawan dipenjara dari salah satu ceruk di sini.

16. Puri Agung Ubud

Anda akan melihat kemegahan istana ini karena memiliki warna emas yang berkilauan. Istana ini diberi nama Puri Saren Agung atau biasa dikenal dengan Puri Ubud. Tempat ini menawarkan pertunjukan tari, seperti tari Barong atau tari Legong Keraton.

17. Arung Jeram Sungai Ayung

Bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas menantang, Anda bisa mencoba arung jeram di Sungai Ayung. Selama perjalanan arung jeram, Anda juga akan disuguhi pemandangan alam yang indah.

18. Desa Wisata Nyuh Kuning Ubud

Jika Anda ingin mengetahui budaya dan adat istiadat masyarakat Bali, Anda bisa mengunjungi desa wisata Nyuh Kuning di Ubud. Rumah penduduk setempat digunakan sebagai tempat menginap yang sempurna sehingga wisatawan dapat merasakan langsung kehidupan tradisional masyarakat Bali.

19. Desa Junjungan

Desa Junjungan merupakan salah satu desa yang juga dijadikan sebagai objek wisata di Ubud. Desa ini memiliki daya tarik karena sering mengadakan pertunjukan tari kecak yang sangat menarik untuk ditonton.

20. Desa Hijau

Tempat wisata di Ubud Bali ini memiliki sekitar 13 rumah dan semua struktur bangunannya terbuat dari bambu. Suasananya sangat nyaman karena berada di dekat Sungai Ayung dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang.

21. Gunung Kawi

Gunung Kawi adalah salah satu tempat wisata di Ubud Bali. Ini adalah bangunan candi yang diukir di dinding baru setinggi 7 meter. Tempat ini merupakan kompleks pemakaman Raja Anak Wungsu dan istri-istrinya. Untuk sampai ke tempat ini, Anda harus menuruni 371 anak tangga dan Anda akan melihat pemandangan persawahan Bali.

22. Istana Tampak Siring

Istana Tampak Siring juga dapat dijadikan sebagai objek wisata karena arsitektur bangunannya yang begitu menarik. Tempat ini biasanya menjadi lokasi ideal bagi Presiden atau tamu negara saat berkunjung ke Bali.

23. Taman Burung dan Reptil Bali

Seperti namanya, tempat ini menawarkan pemandangan burung serta berbagai jenis reptil. Tempat ini memiliki sekitar 1000 burung dari 250 spesies burung yang berbeda. Ada juga berbagai jenis reptil seperti komodo, ular, katak dan buaya.

24. Kebun Binatang Bali

Tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi anak-anak dan keluarga. Kebun Binatang Bali terletak di kawasan alami dan memiliki banyak koleksi hewan. Kebun Binatang Bali adalah tempat yang tepat untuk memperkenalkan anak-anak ke dunia suaka margasatwa.

25. Taman Gajah Mason

Di dalam kawasan wisata Mason Elephant Park, Anda bisa melihat gajah bahkan menungganginya secara langsung. Anda bisa berkeliling taman dengan menunggangi gajah dan bahkan memandikan gajah. Interaksi langsung dengan gajah ini tentu bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

26. Air Terjun Tegenungan

Ubud juga memiliki air terjun yang indah bernama Air Terjun Tegenungan. Lokasinya cukup strategis, dan mudah dijangkau oleh wisatawan. Selain air terjun yang indah, juga terdapat pepohonan hijau dan bebatuan yang semakin mempercantik tampilan Air Terjun Tegenungan.

27. Bali Pulina

Perkebunan Kopi Bali Pulina adalah agrowisata kebun kopi dan coklat Bali. Hidangan utama tempat ini adalah Kopi Luwak yang sudah terkenal di seluruh dunia. Selain menikmati, wisatawan juga akan mendapatkan penjelasan tentang bagaimana kopi dibuat dan asal-usulnya.

28. Surga Zen

Zen Hideaway adalah hostel tersembunyi yang sangat menarik. Tempat ini sangat cocok untuk bulan madu romantis di Bali bagi yang berbulan madu.

29. Taman Gantung Bali

Jika Anda mencari hotel kelas dunia, salah satu pilihan yang bisa Anda ambil adalah Taman Gantung Bali. Daya tarik utama dari tempat ini adalah infinity pool berupa teras. Sambil berenang, Anda juga akan disuguhi panorama alam yang indah seperti pegunungan, hutan dan sunset.

30. Kelas Memasak Bali

Tidak hanya menikmati keindahan alamnya, Anda juga bisa belajar tentang kuliner khas Bali. Seperti yang kita ketahui, Bali memiliki banyak makanan khas yang lezat, seperti ayam betutu, sate lilit dan sambal matah. Di sini Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang hidangan ini.

Nah, itulah pembahasan 30 tempat wisata di kawasan Ubud Bali. Jadi mau liburan kemana?

Saksikan Video “Sensasi Makan Raos Pisaan Euy, Kuliner Istana Cimahi”
[Gambas:Video 20detik]
(khq/fds)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button