Berita Wisata

6 Destinasi Wisata Alam di Trenggalek, Ada Tebing Lingga-Pantai Pelang

Trenggalek

Kabupaten Trenggalek merupakan daerah yang memiliki sejuta pesona wisata. Berikut enam destinasi wisata yang bisa dinikmati di Jalan Nasional Trenggalek-Pangul.

1. Tebing Lingga

Wisata Tebing Lingga terletak di Desa Nglebo, Kecamatan Suruh, Trenggalek. Destinasi ini menawarkan panorama alam yang indah di bawah tebing batu raksasa.

Tebing Lingga memiliki beberapa spot, mulai dari glamping, kolam renang, taman hingga wisata minat khusus berupa panjat tebing.

Berbagai kerajinan tangan yang dihasilkan oleh masyarakat setempat juga bisa menjadi oleh-oleh yang menarik bagi wisatawan.

2. Desa Wisata Pandean

Desa Wisata Pandean terletak di Desa Pandean, Kecamatan Dongko. Wisata ini masih tergolong baru, namun berkat pengelolaan yang baik, Desa Wisata Pandean mampu masuk 50 besar Penghargaan Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Pengelola wisata Pandean menawarkan wisata dengan sistem paket. Nantinya, wisatawan akan dimanjakan dengan panorama pegunungan dan persawahan, aneka kesenian tradisional, hingga river tubing. Bahkan di sini juga tersedia penginapan untuk home stay dan glamping.

Menikmati sunset di Pantai Konang TrenggalekMatahari terbenam di pantai Konang. Foto: Adhar Muttaqin/detikJatim

3. Pantai Konang

Offset di Kecamatan Panggul, wisatawan bisa menikmati panorama Pantai Konang di Desa Nglebeng. Sore hari, wisatawan bisa menikmati sunset sambil makan ikan laut bakar.

4. Pantai Joketro

Tidak jauh dari Pantai Konang adalah Pantai Joketro. Wisata ini dapat diakses melalui jalur melingkar di kawasan perbukitan selatan Pantai Konang.

Dari atas bukit, panorama laut selatan akan memanjakan mata. Pantai Joketro masih sedikit dikunjungi wisatawan, karena pantai ini terutama digunakan oleh para nelayan untuk berangkat dan kembali melaut.

5. Pantai / Konservasi Penyu Kili-kili

Beranjak ke Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, terdapat kawasan konservasi penyu di Pantai Taman Kili-kili yang dikelola oleh kelompok masyarakat setempat.

Di tempat ini, wisatawan dapat melihat aktivitas penyelamatan tukik atau penyu.

Destinasi wisata di TrenggalekMengunjungi Pantai Pelang Foto: Adhar Muttaqin/detikJatim

6. Pantai Pelangi

Pantai Pelang selalu berada di sebelah barat Pantai Taman Kili-kili. Pantai yang dikelola oleh pemerintah Kabupaten Trenggalek ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai lainnya, karena dalam satu tempat Anda bisa menikmati tiga destinasi sekaligus.

Tujuannya adalah pantai dengan pulau-pulau kecil di tengahnya. Sepintas pantai ini terlihat seperti Pangai di Bali.

Puas bermain di pantai, wisatawan bisa langsung meluncur turun ke Air Terjun Palang. Gemericik air yang jernih dari atas tebing berbatu menjadi pemandangan yang menarik. Wisatawan bisa langsung bermain air di bawah air terjun.

Masih belum puas? Ada perasaan lain yang bisa dialami wisatawan, yaitu menikmati panorama laut selatan dari pos pengamatan di atas batu karang. Pemandangannya dijamin indah.

Penasaran? Mari membuat buku harian perjalanan di pantai selatan Trenggalek.

(akd/ega)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button