Tempat Wisata

Pantai Pelang Trenggalek – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pemandangan, Aktivitas Liburan, Tempat & Harga Tiket – pantai pelangi salah satu pantai yang indah ada di Trenggalek. Pantai adalah tujuan untuk permainan air, santapan dan menikmati air terjun yang mempesona di dekat pantai.

harga tiket: Rp 8.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Wonocoyo, Kec. Pangul, Kab.Trenggalek, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Pantai Pelang merupakan salah satu objek wisata pantai yang terkenal di Trenggalek. Pesona keindahan pantai ini tersaji secara nyata dengan luasnya laut yang terlihat biru menyegarkan mata. Memiliki ombak yang cukup besar yang semakin menambah keindahan panorama alam di pantai ini.

Pantai ini menjadi objek wisata pilihan yang sering dikunjungi wisatawan terutama pada akhir pekan atau hari libur. Pengunjung dapat menikmati pantai, hutan pinus, air terjun dan muara di kawasan wisata. Pesona keindahan ini menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Objek wisata pantai yang menarik ini juga menjadi salah satu spot terbaik bagi Anda yang ingin menikmati sunset. Dengan fasilitas pendukung yang memadai membuat Anda berlibur di Pantai Pelang dengan nyaman. Nikmati pesona keindahan pantai dan beberapa fasilitasnya berikut ini.

Atraksi Pantai Pelangi

Atraksi Pantai PelangiKredit foto: Google Maps koko trisilo

Pantai indah ini menjadi salah satu destinasi wisata di Trenggalek yang tidak pernah sepi pengunjung. Menawarkan sejuta pesona dengan berbagai atraksi seperti berikut ini.

1. Panorama pantai yang indah

Wisatawan yang berkunjung ke pantai Pelang Trenggalek langsung disuguhkan dengan pemandangan laut yang biru. Gulungan ombak yang mencapai kawasan pantai menambah keindahan panorama alam di tempat wisata.

Meski tidak terlalu besar, ombak di pantai ini sangat bagus sehingga akan memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Pada waktu-waktu tertentu dalam setahun atau saat air laut mengalami pasang, ombak yang mencapai pantai ini akan semakin tinggi. Wisatawan harus selalu berhati-hati di pantai ini dan memperhatikan ketinggian ombak.

2. Pantai Miring

Pengunjung bisa bermain sepuasnya di kawasan pantai yang cukup landai ini. Pantai berpasir putih kecoklatan ini cukup luas untuk dinikmati oleh wisatawan yang datang. Kondisi pasir pantai cukup bagus dan bersih, sehingga pengunjung merasa lebih nyaman bermain pasir.

Area pantai yang luas ini tentu membuat wisatawan lebih leluasa bermain hingga ke pantai. Meski mengunjunginya di akhir pekan atau saat ramai pengunjung, wisatawan bisa menikmati pemandangan dan bermain di pantai dengan bebas dan tanpa hambatan.

3. Dikelilingi perbukitan

Destinasi wisata pantai yang wajib dikunjungi ini menawarkan pemandangan pantai dan perbukitan hijau yang menyegarkan. Pantai Pelang dikelilingi oleh banyak bukit yang menjulang tinggi dengan vegetasi atau pepohonan yang cukup rindang. Ditambah lagi dengan pemandangan pantai yang indah, apalagi dengan langitnya yang biru.

Pesisir pantai ini juga ditumbuhi pepohonan, yang menambah kesan asri. Angin sepoi-sepoi yang menyegarkan akan terasa saat Anda mencari perlindungan di sekitar pepohonan di pantai ini. Wisatawan juga bisa memanfaatkan pepohonan rindang di sekitar pantai untuk berteduh dari panasnya terik di tempat wisata.

Tidak jauh dari pantai, wisatawan juga bisa melihat pulau karang kecil. Namun, pulau ini tidak dapat dikunjungi karena hanya gugusan karang yang tidak terlalu besar, yang tidak boleh dikunjungi wisatawan.

4. Air terjun yang menakjubkan

Atraksi di Pantai PelangiKredit foto: Google Maps l2k purwanti

Pesona keindahan Pantai Pelang yang menjadi daya tarik dan keunikan dari objek wisata ini adalah air terjun yang ada di sekitar pantai. Jaraknya hanya sekitar 300 meter, Anda bisa menemukan Air Terjun Pelang yang memiliki aliran air yang cukup deras.

Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini bisa menggunakan jalur yang sudah ada untuk menuju lokasi air terjun. Memiliki ketinggian sekitar 25 meter yang mengalir begitu indah melewati tebing karang.

Air terjun Pelang masih sangat alami dengan aliran air yang terasa sangat segar. Lokasinya yang sangat dekat dengan pantai ini menjadikan tempat wisata ini unik dan menarik banyak wisatawan.

5. Sungai

Aliran air terjun menciptakan sungai kecil yang mengalir ke laut. Arus sungai ini cukup dangkal dan membelah salah satu sisi pantai yang eksotis ini. Wisatawan dapat melintasi jalur sungai yang unik di pantai ini. Jika tidak ingin basah, Anda bisa menggunakan jembatan yang ada untuk menyeberangi sungai.

6. Hutan pinus

Selain air terjun, keunikan wisata Pantai Pelang juga dikenal dengan kawasan hutan pinus yang bisa ditemui di sepanjang perjalanan menuju pantai. Pepohonan pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dan juga udara yang terasa lebih sejuk.

Pemandangan hutan pinus yang hijau dengan pepohonan yang menjulang tinggi memberikan keindahan tersendiri bagi pantai ini. Selain mempercantik panorama di sekitar pantai ini, kawasan hutan pinus di pinggir pantai juga sering dijadikan sebagai tempat camping.

7. Jembatan

Sebuah jembatan kayu di sekitar pantai menjadi salah satu daya tarik dari objek wisata ini. Ujung jembatan adalah bangunan dengan atap limas seperti rumah joglo.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan pantai dari jembatan ini. Jembatan kayu di sekitar Pantai Pelang juga sering dikunjungi wisatawan untuk berfoto.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Pantai Pelangi

Alamat Pantai PelangiSumber gambar: Google Maps Avisena TV

Lokasi pantai ini cukup jauh, sekitar 25 km dari pusat kota Trenggalek, Jawa Timur. Dari arah ini ambil jalur Jarak – Karangan. Perjalanan memakan waktu sekitar 2 hingga 2,5 jam dengan kendaraan.

Kondisi jalan menuju pantai ini cukup baik dan beraspal. Namun, beberapa jalan terjal dan berkelok-kelok. Pastikan kendaraan yang digunakan baik dan selalu berhati-hati saat berkendara melalui jalan yang berkelok-kelok.

Arahkan kendaraan Anda ke jalan menuju Dongko – Karangan. Sekitar 8 km dari jalan ini, belok kiri atau ke Jalan Sudirman di Dongko. Belok kanan ketika Anda menemukan kantor pos di persimpangan ke Waluhtowo.

Di perempatan berikutnya, belok kanan menuju Jalan MT Haryono dan lurus sekitar satu kilometer. Kemudian belok kiri menuju Jalan Pantai Pelang. Lokasi pantai ini berjarak sekitar 3 km dari penyeberangan.

Wisatawan yang menggunakan angkutan umum dapat menggunakan bus untuk menuju Terminal Trenggalek. Setelah itu, naik bus menuju Trenggalek – Pacitan. Anda bisa turun di kawasan Panggul dan melanjutkan perjalanan dengan ojek menuju kota pantai.

Pantai Pelang memiliki tiket masuk yang cukup murah, sekitar Rp 8.000 per orang. Pada akhir pekan dan hari libur, biaya masuk adalah Rp 10.000 untuk setiap pengunjung. Harga tiketnya tentu cukup terjangkau bagi wisatawan yang ingin mengunjunginya.

Aktivitas menarik di Rainbow Beach

Aktivitas menarik Pantai PelangiSumber gambar: Google Maps Rheino Arie

1. Berenang

Salah satu kegiatan yang mengasyikkan bagi pengunjung Pantai Pelang adalah berenang. Anda bisa menikmati air laut sambil berenang di pantai. Namun, wisatawan disarankan untuk tidak pergi terlalu jauh karena ombak di pantai ini cukup besar.

Wisatawan bisa bermain air di sekitar pantai dan juga di aliran sungai yang ada. Jika ingin berenang, pastikan ombak di pantai ini tidak terlalu tinggi. Jika Anda berkunjung saat air pasang, aktivitas berenang ini tidak disarankan karena cukup berbahaya.

2. Nikmati air terjunnya

Tempat wisata ini menawarkan keunikan tersendiri, yaitu air terjun. Pengunjung bisa menikmati pesona keindahan air terjun di pinggir pantai ini. Anda juga bisa bermain air dengan aman dan nyaman di bawah air terjun. Aliran Air Terjun Pelangi ini tidak jatuh ke genangan air, melainkan ke bebatuan.

Wisatawan juga bisa duduk-duduk di bebatuan dan menikmati cipratan air terjun yang menyegarkan. Gunakan sepatu yang nyaman agar tidak terpeleset. Jika Anda ingin melepas sepatu, perhatikan langkah Anda di bebatuan di bawah air terjun ini.

3. Bermain pasir

Bersantai dengan duduk di pasir pantai yang bersih sering dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pelang. Jika Anda membawa anak kecil atau ingin bersenang-senang, Anda bisa bermain dengan pasir pantai ini, seperti membangun bangunan pasir atau mengubur sebagian tubuh Anda di pasir.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati pantai ini sambil makan, disarankan untuk selalu memperhatikan kebersihan. Jangan membuang sampah atau sisa bungkus makanan di area pantai, agar tidak mengurangi keindahan pemandangan yang ada.

4. Berkemah

Pantai yang memiliki area cukup luas yang ditumbuhi hutan pinus ini sering dijadikan sebagai tempat camping. Wisatawan bisa mencoba berkemah untuk merasakan suasana malam di pantai ini.

Anda bisa menyewa peralatan camping untuk bisa bermalam di kawasan hutan pinus. Pastikan Anda membawa perlengkapan yang dibutuhkan agar camping di area ini semakin nyaman.

5. Pengejaran Matahari Terbenam

Aktivitas seru yang tidak boleh dilewatkan adalah berburu matahari terbenam. Pantai Pelang yang terletak di pesisir barat Kota Trenggalek menawarkan tempat terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang mempesona.

Saat matahari terbenam, pemandangan hijau berubah menjadi kuning kemerahan. Pasangan muda juga suka memanfaatkan suasana romantis di pantai ini untuk menikmati matahari terbenam bersama.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Pelang Trenggalek

Fasilitas Pantai Pelang TrenggalekKredit foto: Google Maps Jay Suherwanto

Pengelolaan objek wisata ini dilakukan dengan cukup baik dengan menyediakan fasilitas seperti kamar mandi atau toilet. Wisatawan yang ingin berganti pakaian bisa menggunakan fasilitas tersebut dengan harga sekitar Rp 2.000 hingga Rp 3.000.

Parkir juga tersedia menggunakan area yang luas di sekitar Pantai Pelang. Tempat parkirnya cukup luas dan bisa menampung kendaraan dari roda dua hingga bus wisata.

Fasilitas lainnya adalah restoran di tepi pantai. Usai bermain dan berenang, pengunjung bisa menikmati aneka hidangan seafood yang dijual di warung makan. Menu ikan dan seafood yang ditawarkan di warung-warung sekitar pantai cukup terjangkau.

Beberapa paviliun juga tersedia sebagai fasilitas penunjang di Pantai Pelang. Wisatawan bisa menggunakan gazebo ini untuk duduk santai menikmati pemandangan pantai. Anda juga bisa makan bersama rombongan dari gazebo yang nyaman ini.

Pilihan akomodasi seperti hotel terdekat akan sulit ditemukan. Anda dapat menemukan akomodasi di Kota Trenggalek dengan berbagai pilihan hotel. Pemerintah setempat mengelola pantai ini dengan baik dan menyediakan, misalnya, tempat perkemahan. Wisatawan bisa menikmati suasana malam dengan berkemah di pinggir pantai.

Itulah beberapa informasi menarik tentang Pantai Pelang Trenggalek. Jika Anda sedang bosan di rumah dan butuh penyegaran, pantai ini bisa menjadi alternatif untuk melepas penat dan kebosanan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button