Berita Wisata

Lihat tips perjalanan solo pertama kali

TEMPO.CO, Jakarta – Bepergian adalah cara yang bagus untuk belajar tentang dunia. Bepergian sendiri atau solo sangat berbeda dengan tur dengan band, tetapi bukan berarti tidak menyenangkan.

Pikiran bepergian sendirian bisa menakutkan. Namun begitu Anda mulai mencoba melakukan solo traveling, semua orang akan segera mengetahui bahwa traveling solo memiliki banyak manfaat. Solo travel menawarkan hal baru, pengalaman luar biasa dan kemandirian.

Berikut beberapa tips untuk traveler yang baru pertama kali melakukan solo traveling:

Konsultasikan anggaran perjalanan

Hemat uang sebelum Anda bepergian dan ketahui anggaran Anda begitu tiba di sana. Tidak ada yang lebih menyakitkan daripada mengkhawatirkan hutang Anda setelah kembali ke rumah. Jadi pastikan Anda sudah membayar biaya perjalanan seperti tiket pesawat, akomodasi dan penginapan. Jadi, segera setelah Anda kembali dari perjalanan Anda, Anda dapat mulai menabung untuk liburan Anda berikutnya.

Ambil asuransi perjalanan

Dapatkan asuransi perjalanan bahkan jika Anda merasa tidak membutuhkannya. Memiliki asuransi akan membantu Anda dan menghemat uang Anda dalam jangka panjang. Teliti terlebih dahulu asuransi apa saja yang direkomendasikan di negara yang dikunjungi untuk mengetahui apa saja yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi tersebut. Sebelum memesan perjalanan Anda, pastikan paspor Anda sudah diperbarui dan persyaratan visa sudah benar untuk negara tujuan.

Kemasi barang-barang yang diperlukan

Wisatawan yang bepergian sendiri tidak suka membawa barang berat. Bobot yang lebih ringan membuat segalanya lebih mudah untuk dipindahkan. Hal ini juga dapat memudahkan pencurian dan meminimalkan resiko kehilangan barang. Kemas barang sesedikit mungkin, bawa hanya yang Anda butuhkan dan sisakan ruang untuk hadiah untuk orang terkasih, teman, keluarga.

Pelajari bahasa lokal

Beradaptasi dengan lingkungan baru dan belajar sedikit bahasa lokal. Cobalah mempelajari dasar-dasarnya dengan mempelajari beberapa kata dan frasa sebelum perjalanan. Pelajari cara memperkenalkan diri, menanyakan arah, dan memesan makanan dalam bahasa lokal.

Temukan ke mana Anda ingin pergi

Periksa dan lihat peta, ketahui tempat menginap dan area yang harus dikunjungi. Mengetahui di mana Anda berada akan membantu Anda merasa tidak terlalu tersesat dan sendirian saat bepergian sendirian. Jangan gugup untuk meminta bantuan. Wisatawan dapat bertemu dan mengobrol dengan penduduk setempat. Bersikap ramah, ingin tahu, dan banyak bertanya adalah cara untuk bertemu orang baru dan berbagi pengalaman baru. Periksa media sosial atau situs web resmi tempat wisata untuk melihat apakah tempat tersebut menawarkan wisata atau aktivitas yang Anda minati.

JESSYCA GAZELLA | MAJALAH PERJALANAN

Baca juga: Traveler ingin traveling sendirian di Jepang? Inilah yang perlu Anda ketahui

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terbaru dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “Tempo.co Update”. Klik Update Tempo.co untuk mendaftar. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button