Tempat Wisata

Pantai Tongaci Bangka – atraksi, aktivitas, tempat dan harga tiket

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Kampung Pasir, Jl. Laut, Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab.Bangka, Kepulauan Bangka-Belitung; map: Cek lokasi

Orang-orang dari Bangka dan sekitarnya sering menjadikan Pantai Tongaci sebagai destinasi keluarga. Kawasan wisata yang menawarkan panorama pantai berpasir putih ini memang ramah untuk semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Semua orang bisa bersantai dan bersenang-senang di pantai ini.

Wisatawan tidak akan bosan saat mengunjungi tempat wisata ini, apalagi dengan berbagai aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan. Tempat wisata ini tidak hanya menampilkan keindahan alam tetapi juga menawarkan keseruan bagi pengunjung untuk melakukan seperti: B. Naik banana boat, naik jet ski dan sebagainya.

Wisata alam, wisata kuliner dan wisata sejarah merupakan paket lengkap yang ditawarkan saat berkunjung ke Pantai Tongaci, Bangka. Fasilitas yang memadai juga telah disiapkan untuk kenyamanan pengunjung pantai.

Daya Tarik Pantai Tongaci

Pemandangan pantai TongaciKredit foto: Google Maps (Miranni Kosim)

1. Keindahan pantai berpasir putih

Pantai berpasir putih halus dapat ditemukan di Pantai Tongaci yang merupakan objek wisata populer bagi masyarakat Bangka dan sekitarnya. Panorama alam dengan pasir pantai yang luas dan air laut yang biru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Suasananya cukup tenang dengan semilir angin yang bertiup dari pepohonan yang berjajar di tepi pantai. Pengunjung mungkin bisa melihat beberapa kapal tambang hilir mudik di kawasan wisata ini.

2. Pantai yang dihiasi bebatuan granit

Sebagian besar pantai di Pulau Bangka Belitung terkenal dengan bebatuan besar yang menghiasi pantai. Keindahan seperti itu bisa ditemukan di kawasan wisata Tongaci ini. Batuan granit besar berjejer di beberapa sisi pantai.

Memberikan tampilan yang lebih baik dan lebih dramatis. Pengunjung juga bisa bermain di bebatuan atau menggunakannya sebagai background untuk foto liburan.

3. Penangkaran penyu

Selain pemandangan Pantai Tongaci yang eksotis, wisatawan juga bisa melihat penyu di penangkaran. Dikelola sebagai kawasan marina untuk penangkaran satwa langka yaitu penyu belimbing dan penyu hijau.

Telur penyu yang diselamatkan dari beberapa pantai dibawa ke pantai ini untuk menetas. Wisatawan dapat melihat ratusan penyu yang dipelihara di penangkaran.

Pemandangan pantai TongaciKredit Foto: Google Maps (Marlita Putri Ekasari)

4. Tur berpemandu ke Museum Garuda

Kawasan wisata ini tidak hanya terkenal dengan pantainya yang berpasir putih, namun juga dengan wisata museum dan galerinya. Setelah puas bermain di laut, pengunjung dapat mengunjungi galeri-museum yang memiliki banyak koleksi menakjubkan.

Museum Garuda menampilkan barang-barang kuno seperti porselen yang diwarisi dari suku Hakka. Kedatangan suku di wilayah Bangka Belitung bisa dipelajari di museum ini.

Selain pameran pendidikan sejarah, di dalamnya juga terdapat perpustakaan. Berbagai buku dari lama hingga baru tersimpan rapi di perpustakaan. Wisatawan yang puas bermain di pantai bisa membaca buku sambil beristirahat.

5. Wisata Kuliner De Locomotief

Pantai terkenal lainnya di Pantai Tongaci adalah De Locomotif. Tempat pertemuan favorit terutama bagi wisatawan yang datang ke Tongaci. Payung lucu menggantung di jalan, yang membuat suasana semakin menarik.

De Locomotief bukan hanya tempat yang asik untuk foto-foto, tapi juga destinasi wisata kuliner yang menjadi daya tarik kawasan wisata pantai ini. Restoran dengan alun-alun yang nyaman dan bisa menjadi spot foto yang menarik. Pengunjung bisa mencicipi olahan seafood yang terkenal di sini.

6. Pesta

Area pantai ini digunakan untuk festival seperti Gelombang Budaya Bangka. Wisatawan yang beruntung datang saat acara tahunan ini dapat melihat berbagai pertunjukan budaya yang disajikan dengan gaya modern.

Acara yang diadakan setahun sekali di kawasan wisata Tongaci ini biasanya berlangsung selama dua minggu. Wisatawan dapat berpartisipasi dengan meletakkan penyu di laut, menonton parade lampion, dan mengunjungi bazaar dan pameran seni, misalnya.

Alamat Pantai Tongaci, lokasi rute dan harga tiket

Alamat Pantai TongaciKredit foto: Google Maps (Bentarz Randa)

Keberadaan pantai berpasir putih yang indah ini tidak jauh dari pusat kota Sungailiat, Kepulauan Bangka Belitung. Jarak dari pusat kota ke Pantai Tongaci hanya sekitar 12 menit. Akses menuju kawasan pantai akan lebih mudah dengan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil.

Wisatawan yang datang dari arah Kota Pangkalpinang dapat menggunakan jalur menuju Sungailiat. Menuju Jalan Laut dan ikuti rambu ke Tongaci Tours.

Terkenal sebagai salah satu wisata paling populer di Bangka, pantai ini juga menjadi objek wisata murah yang populer bagi masyarakat sekitar. Tiket masuk untuk wisatawan hanya dikenakan biaya sekitar Rp 10.000.

Tiket masuk akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per orang bagi pengunjung yang ingin memasuki penangkaran penyu. Wisatawan dapat melihat penyu di penangkaran dan mempelajarinya.

Aktivitas pantai yang menarik di Tongaci

Aktivitas Pantai TongaciKredit foto: Instagram.com @muthianabilah

1. Melihat penyu hijau dan penyu belimbing

Penyu hijau merupakan salah satu jenis penyu yang langka. Makhluk laut ini sering terancam bahkan saat masih bertelur. Penangkaran di kawasan wisata Tongaci juga dibangun untuk menyelamatkan hewan-hewan lucu tersebut.

Selain penyu hijau, penangkaran di pantai ini juga membantu melestarikan penyu belimbing yang merupakan hewan yang dilindungi. Ada ratusan penyu yang sedang dirawat di penangkaran dan bisa dilihat oleh wisatawan.

2. Kunjungi museum dan perpustakaan

Tidak hanya menawarkan keindahan Pantai Tongaci dengan pantai berpasir putihnya. Kawasan wisata ini juga menawarkan wisata menarik yaitu museum dan perpustakaan. Jadi, selain bermain di pantai, wisatawan juga bisa melakukan kegiatan yang memberikan edukasi dan wawasan tentang museum ini.

Pengunjung dapat melihat berbagai karya seni menakjubkan yang menjadi bagian dari koleksi Museum Garuda. Selain itu, Anda juga bisa melihat dan mempelajari sejarah orang Hakka yang berkunjung ke pulau ini. Berbagai kerajinan keramik dan barang antik tersimpan rapi di museum.

3. Cobalah olahraga air

Keseruan naik banana boat bersama teman-teman bisa menjadi aktivitas yang mengasyikkan saat berwisata di pantai cantik ini. Perahu berbentuk pisang ini akan membawa 8 orang mengarungi laut di sekitar pantai. Anda bisa bersenang-senang sambil menikmati pemandangan laut biru dengan lebih puas.

Selain speed boat dan banana boat, jet ski merupakan olahraga air yang menarik di tempat ini. Wisatawan bisa menyewa jet ski untuk berkeliling laut lebih cepat sambil menikmati pemandangan laut lepas.

Aktivitas Pantai TongaciKredit foto: Google Maps (Pinto purnomo putro)

4. Nikmati suasana pantai yang tenang

Suasana di Pantai Tongaci relatif tenang, sehingga pengunjung lebih nyaman bersantai di atas pasir putih. Menenangkan diri dan pikiran ditemani pemandangan laut yang menyegarkan.

Wisatawan yang datang berkelompok juga bisa meletakkan matras atau alas duduk sendiri di atas pasir pantai. Selain duduk, Anda bisa menikmati makan siang yang dibawa dari rumah bersama-sama.

5. Cicipi berbagai masakan seafood yang lezat

Aktivitas lain yang tidak boleh dilewatkan saat berwisata ke pantai ini adalah mencicipi makanan. Restoran seafood terkenal di Bangka terletak di De Locomotief Bangka. Pengunjung dapat mencicipi berbagai makanan lezat dan berbagai minuman dingin atau panas.

Ruang makan yang disediakan sangat nyaman bahkan Instagrammable. Oleh karena itu, tidak heran jika wisatawan di kawasan ini tidak hanya makan dan minum, tetapi juga berfoto. Sepanjang jalan tertata rapi dan tertata apik dengan payung-payung kecil.

Akomodasi murah di sekitar pantai Lokasi

Akomodasi tepi pantai TongaciKredit foto: Booking.com

1. Kastil Ansell

Sekitar 15 menit dari Pantai Tongaci terdapat guest house yang nyaman yaitu Puri Ansell. Tamu yang menginap di hotel ini dapat melihat pemandangan pantai langsung dari kamar. Penginapan kayu ini terletak di dekat penangkaran penyu.

2. Resor Butik Novilla

Akomodasi yang nyaman dan fasilitas yang lengkap di sekitar Tongaci termasuk Novilla Boutique Resort. Akomodasi dengan kolam renang dan taman bermain anak-anak. Cocok untuk anda yang sedang berlibur bersama anak-anak dan anggota keluarga lainnya di kawasan wisata Tongaci.

3. Hotel dan Resor Pantai Parai

Lokasi penginapan ini tepat di pinggir pantai yang menghadap ke laut biru. Sebuah kolam renang besar adalah salah satu fasilitas resor ini. Menyediakan tempat tinggal yang nyaman dengan suasana yang tenang.

Fasilitas yang tersedia di Tongaci Beach Bangka

Fasilitas Pantai TongaciSumber Gambar: Google Maps (Iday Hirata)

Fasilitas penunjang di Pantai Tongaci cukup lengkap. Kamar mandi dan mushola yang nyaman disediakan oleh pengelola. Tempat parkir di kawasan wisata ini juga cukup luas untuk menampung semua kendaraan pengunjung.

Kafe dan restoran juga merupakan beberapa fasilitas penunjang yang telah disediakan. Fasilitas ini tidak hanya sebagai tempat istirahat, makan dan minum, tetapi juga menawarkan beberapa kesempatan berfoto yang menarik bagi para pengunjung.

Berbagai jenis akomodasi tersedia bagi wisatawan yang ingin bermalam di pantai yang indah ini, seperti: B. Keluarga angkat. Kamar yang nyaman dengan harga sewa yang terjangkau bagi para pengunjung pantai.

Demikian informasi penting dan menarik dari Pantai Tongaci, salah satu kawasan wisata populer di Bangka. Bagi Anda yang menginap di kawasan ini, Anda bisa menyempatkan diri untuk berkunjung ke pantai ini dan menikmati pesona alam pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button