Berita Wisata

Camp and Ride ala ADV Urban Explore di Wisata Alam Riam Parangek, Seru

Perbatasan merah putih 4 memecahkan rekor MURI dan kegiatan berlangsung seru dan meriah. Selain pemasangan bendera, ada juga banyak kegiatan, antara lain tes adrenalin trabas dan arung jeram di Riam Parangek (foto Adi Saputro).

Bengkayang, Kalimantan Barat, reportasenews.com – Perbatasan Merah Putih 4 kembali digelar di perbatasan Indonesia-Malaysia di Kabupaten Jagoi Babang pada 29-30 Oktober 2022. Perbatasan Merah Putih juga masuk dalam arsip Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam kategori instalasi pengibaran bendera merah putih paling banyak mencapai tahun 2022. sepanjang jalan dari Jagoi Babang ke pos perbatasan antara Kalimantan Barat dan Sarawak, Malaysia.

Ajang terbesar pesepeda di Kalbar ini juga diisi dengan aksi trabas bagi para pecinta motor trail. Ditambah mengunjungi ratusan bikers segala jenis kendaraan mulai dari Vespa, RX King, Honda Tiger, Nmax, Xmax hingga komunitas ADV.

Khusus untuk ADV, diler utama Honda Astra Indonesia Pontianak, Kalimantan Barat juga mengadakan tur dari Pontianak ke Sanggau Ledo di mana 22 pengendara akan dimanjakan dengan alam lingkar Parangek yang sebenarnya.

Di lokasi ini, pengendara ADV 160 dan CB 150 X mengikuti rangkaian acara bertema ADV Urban Explore 2022 yang diadakan pada 28-29 Oktober 2022.

Acara ini bertujuan untuk mengajak para pengendara yang tergabung dalam Honda West Borneo Club (HWBC) untuk merasakan sensasi pengalaman berkendara di jalan offroad dan dilanjutkan dengan camping, sharing session, dan yang paling seru adalah arung jeram atau rafting di arus deras. sungai di Riam De Parangek dengan Riam Rasap sebagai tempat kedatangan.

Perjalanan pengendara ADV Urban Explore 2022 dimulai dari kota Pontianak pada pukul 14.40 WIB dengan titik start di dealer Honda Astra di jalan Ahmad Yani yang dilanjutkan menuju kawasan Sanggau Ledo di kawasan wisata alam Riam Parangek, Bengkayang sambil menikmati keindahan alam.

Dari pengalaman para pengendara ADV Urban Explore yang baru pertama kali merasakan sensasi berkendara ADV 160 dan CB 150X yang merupakan semacam petualangan, sungguh luar biasa. Mereka merasakan bagaimana menaklukkan medan yang penuh tikungan, tanjakan dan turunan, jalan berbatu dan jalan tanah berlumpur, dari siang hingga tengah malam.

Selain lelah fisik, pelari juga dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah di Bengkayang untuk menikmati sensasi kuliner di Bude Stand dan pemberhentian petualangan di Riam Parangek Camping Ground untuk istirahat camping dan sharing session di malam hari. .

Kegiatan ADV 160 urban Explore 2022 juga dipandu oleh Om Putro yang merupakan penggila petualangan motor melintasi medan Kalimantan Barat hingga pelosok desa.

Om Putro adalah orang yang suka berjalan sendiri menjelajahi alam Kalimantan Barat, hanya ingin menikmati secangkir kopi hitam di tengah hutan dan air terjun.

“Acara ini untuk memberikan pengalaman kepada bikers di HWBC, kami mengajak mereka untuk mengendarai ADV 160 dan CB150 X yang merupakan varian baru dari motor yang dibuat khusus untuk para bikers yang suka berkendara off-road, sehingga kendaraan ini memang cocok untuk berkendara. dan camping sambil menikmati alam,” kata PIC Community Honda Astra Ayani, Febri, yang juga ikut dalam tur ini.

Ride and Camp merupakan saat yang menyenangkan bagi para pengendara untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat sekaligus ajang silaturahmi dan kebersamaan menikmati alam.

Momen seru lainnya adalah saat pelari diajak mengarungi sungai yang deras untuk menguji adrenalin berarung jeram di Air Terjun Parangek.

Sebelum mengikuti arung jeram, panitia menyiapkan tiga sampan karet, pelampung, helm, dayung dan perlengkapan lainnya seperti first aid kit.

Dilanjutkan pemanasan fisik hingga dimulainya kegiatan arung jeram, dimulai dari jalur Riam Parangek, Riam Pangar kedua, hingga jalur terakhir yang mengikuti jalur sungai hingga Riam Rasap. Namun, finis bukan di Riam Rasap melainkan berhenti di bendungan PLTA Riam Rasap.

Febri bersyukur kegiatan ADV Urban Explore 2022 berjalan dengan baik dan diikuti dengan antusias oleh para peserta.

Acara Urban Explore ADV 2022 berakhir pada siang hari Sabtu sore dan dilanjutkan menuju Pontianak melalui Jalan Van Dering menuju Kota Singkawang.

Sementara itu, di Jagoi Babang, digelar event besar sempadan merah putih yang memecahkan rekor MURI dengan pemasangan 2.022 bendera merah oleh pengendara seluruh masyarakat, dilanjutkan dengan kegiatan hiburan, pembagian hadiah bagi peserta lomba dan doorprize. . Pemasangan bendera merah putih ini dimulai dari kecamatan Jagoi Babang hingga ground zero perbatasan NKRI-Malaysia.

“Kegiatan ini bagus untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, nasionalisme dan tentunya meningkatkan kekompakan para pelari. Sangat terhormat melihat suasana antusias para pelari yang datang dari Pontianak ke Jagoi Babang, berkendara, menghabiskan malam bercengkerama, termasuk berbagi pemikiran dan ide. Semoga terus menjadi rutinitas positif setiap tahunnya,” tutup Wawan dari Pontianak Tiger Club (PTC).

Lelah berkuda dan kurang tidur selama perjalanan, tidak terasa sama sekali. Semuanya diakhiri dengan baik dengan acara perkemahan, hiburan dari DJ dan musisi agar segala kepenatan setelah aktivitas rutin hilang. Tentunya acara ini harus diadakan secara rutin, agar semakin banyak orang dan menambah wawasan. (sebagai)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button