Berita Wisata

Potensi Baru Waduk Cacaban, Kabupaten Tegal Kini, Dari Restoran Hingga Resort

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI – Salah satu tempat wisata andalan Kabupaten Tegal yang baru saja soft launching yaitu Waduk Cacaban memiliki banyak potensi destinasi baru, tidak hanya wahana air, tempat pengamatan, dermaga apung dan spot foto.

Adapun potensi baru yang dapat dihadirkan di kawasan Waduk Cacaban, seperti restoran dan resort yang tentunya menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjung atau wisatawan.

Informasi tersebut disampaikan Presiden Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Tegal, Elizabeth Ratih Dewi, kepada Tribunjateng.com belum lama ini.

Wanita yang kerap disapa Eliz ini mengatakan, Pemkab Tegal siap bekerjasama membuka peluang bagi masyarakat sekitar dan investor lokal yang mungkin ingin membuka resort atau restoran.

Tentunya dengan standar yang lebih baik atau kualitas yang lebih baik.

“Tapi meski begitu, saya punya pesan sekaligus menekankan bahwa kita tidak boleh lupa merangkul penduduk lokal untuk memasuki wilayah ibu kota atas. Jadi saya berharap harmonisasi dan kolaborasi bisa tercapai. Karena pariwisata harus membuat bahagia, jadi semuanya. harusnya senang-senang dulu,” kata Eliz kepada Tribunjateng.com.

Eliz juga berpendapat bahwa ke depan perlu menjaga komunikasi yang lebih dalam antar pemangku kepentingan.

Tujuannya agar komunikasi berlangsung secara global, termasuk kepada masyarakat lokal yang perlu dirangkul.

“Misalnya pelaku UMKM harus difasilitasi dengan pembinaan atau pendampingan, sehingga bisa menciptakan usaha dengan standar nasional atau internasional. Karena target PHRI bisa mendatangkan wisatawan domestik dan mancanegara. Jadi kalau arahnya ada, kita wajib menyediakan semua infrastruktur minimal sesuai standar Asia,” jelasnya.

Eliz juga berharap pihaknya dapat merangkul UKM dan restoran lokal untuk arahan, dukungan, sehingga dapat menjiwai pembukaan objek wisata waduk Cacaban ini.

“Fasilitas di Waduk Cacaban menurut saya sangat luar biasa. Saya berharap ke depan untuk menarik pengunjung, kita bisa melakukan atau menawarkan wisata yang terorganisir,” kata Eliz.

Sebelumnya, Bupati Tegal Umi Azizah sempat berpesan kepada pengusaha, investor, agar pembukaan kawasan dermaga wisata ini bisa dijadikan peluang untuk membuka tempat objek wisata air.

Seperti banana boat, jet ski, parasailing, trampolin air dan lain-lain, termasuk penyelenggaraan event olahraga seperti ski air, dll.

Dengan ini tentunya Cacaban akan semakin menarik dan citra wisata Kabupaten Tegal akan meningkat.

“Jadi kalau ke Kabupaten Tegal bukan hanya ke Guci, tapi juga ke Waduk Cacaban, ada museum situs Semedo, dan lain-lain,” pungkasnya. (Data)

Keterangan: Foto suasana di kawasan objek wisata Waduk Cacaban, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, saat soft launching, Rabu (26/10/2022).

TRIBUNJATENG (Desta Leila Kartika)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button