Tempat Wisata

Pantai Paal Minahasa – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 06.00-17.00 WITA, Alamat: Daerah. Likupang Timur, Kab.Minahasa Utara, Sulawesi Utara; map: Cek lokasi

Pantai Paal masih baru, tetapi merupakan tujuan wisata yang sering dikunjungi oleh banyak pengunjung ke Minahasa Utara. Pantai dengan pasir putih dan laut biru jernih menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain itu, berhubungan dengan pepohonan, udara menjadi sejuk, seperti berada di pegunungan.

Bagi pecinta destinasi wisata bahari, Pantai Paal sudah pasti bukan kata asing lagi. Pantai di Manado ini tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi saat hari libur atau akhir pekan. Ribuan penonton akan memadati pantai ini dan menikmati keindahan panorama sambil mendengarkan deburan ombak yang cukup besar di bibir pantai.

Padahal, pantai ini terkenal dengan keindahannya. Tak heran jika banyak pengunjung yang penasaran datang. Sayangnya, masih ada pengunjung yang tidak bertanggung jawab dan membuang sampah sembarangan. Beberapa sampah plastik mengapung di laut dan cukup mengganggu pemandangan.

Atraksi Paal Strand

Atraksi Pantai PaalSumber gambar: Google Maps Puspa Cahyono

Pantai yang indah ini menjadi pilihan wisata bagi pengunjung. Tak heran, karena pantai ini memiliki pesona tersendiri. Ditambah dengan fasilitas dan fasilitas yang memudahkan pengunjung mengakses dan liburan yang nyaman di kawasan pantai ini. Beberapa atraksi yang menarik banyak pengunjung adalah sebagai berikut.

1. Pantai yang bagus

Pantai Paal memiliki pasir putih yang lembut. Lautnya biru dan jernih, bahkan pengunjung yang berada di atas perahu bisa melihat terumbu karang di laut. Ombak di pantai ini cukup besar. Saat cuaca cerah, langit biru akan membuat pemandangan alam di sekitar pantai semakin menawan.

Di sekitar pantai juga banyak terdapat perbukitan hijau. Bukit-bukit ini membuat pemandangan terlihat lebih indah. Perbukitan ini juga membuat suasana menjadi lebih segar, seperti berada di pegunungan. Dengan adanya perbukitan tersebut, pemandangan alam antara pantai yang biru dan perbukitan yang hijau menjadi lebih sempurna.

Ada juga banyak perahu nelayan di pantai. Sangat menarik sebagai tempat untuk berfoto. Jika tidak, pengunjung dapat mengamati aktivitas para nelayan. Biasanya para nelayan yang pulang kampung untuk mencari ikan menjual hasil tangkapannya di pasar atau di warung-warung di pinggir pantai. Tentu saja kegiatan ini tidak banyak dijumpai di perkotaan.

2. Matahari terbit dan terbenam

Pantai ini juga merupakan tempat yang sangat cocok untuk menikmati matahari terbit atau terbenam. Pemandangan saat matahari terbit atau terbenam sangat indah. Banyak pengunjung yang menunggu momen ini karena sangat indah. Dengan perpaduan pasir putih dan air laut yang jernih, momen ini memang sangat menarik untuk dinikmati.

Keindahan saat matahari terbit atau terbenam memang menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung dapat mengambil momen indah ini sebagai latar belakang foto. Jika tidak, pengunjung juga bisa hanya duduk dan menikmati pemandangan. Anda bisa datang pada waktu-waktu tersebut untuk melihat keindahannya.

3. Kuliner

Banyak nelayan yang menjual hasil tangkapannya secara langsung. Saat tidak berada di pasar, nelayan biasanya menjual hasil tangkapannya di warung-warung yang ada di sekitar pantai. Warung ini menyajikan seafood dari ikan bakar yang masih segar. Kuliner ikan bakar segar menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

4. Desa Marinsov

Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Paal, lewati Desa Marinsow. Desa ini sangat unik karena digunakan untuk memelihara babi untuk berkeliaran. Biasanya babi berjalan-jalan di pekarangan rumah warga. Babi ini seperti hewan peliharaan karena orang sering diajak bermain dengannya.

Melewati desa ini Anda harus berhati-hati agar tidak bertemu dengan hewan yang berkeliaran. Namun, jika Anda sedikit memperlambat kendaraan, Anda dapat melihat suasana desa yang masih sangat asri.

Alamat dan rute menuju lokasi Paal di pinggir pantai

Alamat Pantai PaalKredit foto: Anggaran Sefria dari Google Maps

Pantai Paal terletak di Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Manado, perjalanan memakan waktu kurang lebih 2 jam. Jika menggunakan kendaraan umum, perjalanan harus memakan waktu 2 hingga 3 jam. Dengan angkutan umum, Anda bisa menggunakan jasa Ojek di sekitar Terminal Likupang untuk menuju lokasi.

Anda melewati desa Marinsow, sekitar 300 meter dari pertigaan Anda akan menemukan papan petunjuk menuju resor pantai. Kemudian Anda hanya perlu belok kanan sejauh 2,5 kilometer menuju lokasi. Sepanjang perjalanan ini Anda bisa melihat pemandangan khas desa Minahasa di kanan kiri jalan.

Begitu sampai di lokasi, Anda akan melewati portal untuk membayar tiket masuk. Setelah itu Anda bisa memarkir kendaraan. Dari tempat parkir Anda harus berjalan kaki 15 menit ke pantai. Memang cukup jauh, namun di sepanjang perjalanan Anda bisa melihat pemandangan yang indah, sehingga tidak terasa melelahkan.

Biaya masuk ke Pantai Paal

Biaya masuk ke Pantai PaalKredit foto: Google Maps Michael Rotinsulu

Pantai Paal buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore WITA. Jika anda ingin mengunjungi tempat wisata bahari ini, biaya masuk yang harus anda keluarkan sangatlah murah. Jika Anda menggunakan kendaraan roda dua, Anda hanya perlu membayar Rp 5.000. Jika menggunakan kendaraan roda empat, biaya masuknya hanya Rp 10.000.

Pantai ini tidak buka pada malam hari karena tidak ada yang menjaga untuk alasan keamanan. Pantai ini juga tidak memiliki listrik sehingga akan sangat gelap di malam hari. Di area ini juga tidak disarankan untuk berenang, karena ombaknya cukup besar, tetapi ada seluncuran air yang dilengkapi dengan pengaman.

Aktivitas seru di Pantai Paal

Kegiatan rekreasi di pantai PaalSumber Gambar: Google Maps Olivia A

Di area pantai Anda dapat menikmati banyak kegiatan yang menyenangkan. Pantai yang indah ini juga memiliki berbagai fasilitas dan fasilitas yang bisa Anda manfaatkan agar liburan Anda semakin menyenangkan dan berkesan. Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berada di Pantai Paal adalah sebagai berikut.

1. Santai

Pantai ini merupakan tempat yang sangat menyenangkan untuk bersantai. Duduk di gazebo sewaan, Anda bisa menikmati hidangan ikan segar dengan pemandangan pantai yang indah. Anda juga bisa berjalan-jalan di pinggir pantai, merasakan semilir angin yang sejuk dan suara deburan ombak yang cukup besar. Anda juga bisa duduk di pasir dan menikmati matahari terbit atau terbenam.

Pantai ini juga banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. Biasanya wisatawan ini datang untuk berjemur. Saat matahari tidak terlalu terik, berjemur sambil bersantai juga bisa menjadi aktivitas yang bisa dilakukan.

2. Main banana boat

Pantai Paal telah menyediakan permainan banana boat yang cukup menantang. Jangan khawatir karena dilengkapi juga dengan pelampung. Selain banana boat, Anda juga bisa merasakan permainan lain yaitu UFO boat.

3. Kuliner

Di pantai ini Anda bisa mencicipi kuliner ikan bakar. Ikan hasil tangkapan nelayan langsung dijual ke warung-warung agar lebih segar dan enak. Perburuan kuliner ikan bakar memang banyak dilakukan oleh pengunjung saat berada di pantai ini. Anda juga bisa berburu ikan bakar segar yang rasanya lebih enak.

Akomodasi murah di sekitar pantai Lokasi

Akomodasi murah di sekitar pantai LokasiSumber gambar: Google Maps Maikhel Ticoalu

1.Phoenix Hotel Bitung

Penginapan ini terletak di pusat kota Bitung, sekitar 25 kilometer dari pantai. Ada beberapa pilihan kamar yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Fasilitas yang disediakan juga cukup memadai antara lain TV, AC, WiFi, resepsionis 24 jam dan parkir.

2. Hotel dan resor surga

Hotel ini terletak di Likupang, sangat dekat dengan pantai. Dengan lokasi yang strategis untuk liburan keluarga, fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap. Tersedia AC, parkir, kolam renang, restoran, lift, serta resepsionis yang siap membantu Anda 24 jam.

3. Pondok dan Resto Bukit Tangkoko

Hanya kurang dari 10 kilometer dari pantai, penginapan ini sangat indah dan menawarkan kamar yang sangat nyaman. Ada beberapa pilihan kamar yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setiap kamar memiliki AC, air minum gratis, dan meja. Perlengkapan mandi pribadi juga tersedia.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Paal Minahasa Utara

Fasilitas Pantai Paal Minahasa UtaraKredit foto: Google Maps

Pantai Paal telah menyediakan fasilitas yang memadai bagi pengunjung. Ada tempat parkir mobil yang luas sehingga Anda dapat memarkir kendaraan Anda dengan nyaman. Selain itu, tersedia juga kamar mandi bagi Anda yang bermain permainan air.

Di sekitar pantai juga terdapat warung-warung. Warung-warung ini menawarkan berbagai menu. Ada kentang goreng atau minuman dingin. Menu yang paling populer adalah ikan bakar karena ikan yang digunakan segar langsung dari nelayan. Anda bisa menikmati berbagai hidangan di gazebo yang disewakan. Harga sewanya Rp100.000 per paviliun.

Taman bermain juga tersedia. Jika Anda ingin merasakan permainan air seperti banana boat, Anda hanya perlu membayar Rp25.000. Selain banana boat, ada juga UFO celeng yang bisa kamu coba. Penyedia fasilitas ini juga menyewakan pelampung untuk keamanan.

Pantai Paal merupakan pantai dengan pemandangan yang sangat indah di Minahasa Utara. Akses yang mudah, pantai ini layak menjadi tujuan wisata. Namun, pengunjung harus menjaga lingkungan dengan membuang sampah atas nama mereka. Pasalnya, sampah yang terkadang mengapung di laut dapat merusak pemandangan dan lingkungan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button