Berita Wisata

5 Atraksi Tanjung Kodok Lamongan

lamongan

Lamongan memiliki banyak tempat wisata air yang menawan. Salah satunya adalah katak Tanjung yang terletak di perairan utara pulau Jawa.

Nama Tanjung Kodok mengacu pada beberapa batu karang berbentuk katak di pantai. Selain itu, beberapa patung singa laut sengaja diletakkan di atas bebatuan.

Jika Anda sedang berwisata ke Lamongan, sempatkan untuk mengunjungi Tanjung Kodok. Alamatnya Jalan Raya Paciran, Kecamatan Paciran.

Tanjung Kodok memiliki sejumlah atraksi bagi wisatawan. Penasaran? Langsung saja simak informasi mengenai Tanjung Kodok berikut ini:

1. Tempat untuk melihat Hilal

Di kawasan Tanjung Kodok terdapat menara yang menjulang tinggi. Pemerintah dan ulama menggunakan menara tersebut untuk melihat hilal atau hilal, untuk menentukan awal dan akhir bulan pada tahun Hijriah.

Pada tahun 1983, Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) melakukan pengamatan dan penelitian gerhana matahari total di Tanjung Katak. Pasalnya, posisi Tanjung Kodok dinilai strategis.

2. Tempat matahari terbenam

Pemandangan matahari terbenam di laut tidak pernah gagal memanjakan mata. Di Tanjung Kodok, wisatawan juga bisa menikmati sunset di pantai.

Perpaduan bebatuan karang, sinar matahari yang bulat, laut biru dan angin sepoi-sepoi dapat menciptakan panorama sunset yang eksotis.

Perahu nelayan dan sesekali burung yang lewat tentu akan menambah keindahan sunset di Tanjung Kodok.

3. Menjadi ikon perjalanan

Seiring berjalannya waktu, Tanjung Kodok berkembang menjadi objek wisata ikonik Kabupaten Lamongan, yaitu Wisata Bahari Lamongan. Wisata Bahari Lamongan diresmikan pada tanggal 14 November 2004 oleh Bupati Lamongan H Masyfuk.

Tempat wisata ini menawarkan berbagai wahana seperti taman bermain pasir pantai, roller coaster berputar, samba jet, banana boat dan ATV.

Wisata Bahari Lamongan juga berada dalam satu kompleks dengan Gua Maharani. Di gua Maharani terdapat taman hewan yang berisi berbagai hewan dan museum hewan.

4. Penuh Legenda

Mengutip laman Tanjung Kodok Beach Resort, Tanjung Kodok erat kaitannya dengan sebuah legenda yang dipercaya masyarakat setempat secara turun-temurun.

Dahulu kala, seorang pemuda tampan jatuh cinta dengan seorang gadis dari Pulau Bawean. Gadis itu adalah putra seorang bangsawan terhormat. Sedangkan laki-laki hanya seorang nelayan dan penjual ikan.

Keduanya sering bertemu saat keluarga gadis itu sedang membeli ikan. Mereka pun memanfaatkan momen ini untuk bercinta. Namun, ayah gadis itu marah besar ketika mengetahui putrinya berselingkuh dengan seorang nelayan.

Meski begitu, mereka memperjuangkan cinta dengan memilih jalan pintas. Nelayan itu putus asa untuk menghamili putri seorang bangsawan.

Dengan jalan yang dipilih, mereka berharap berkah akan datang. Namun, ayah gadis itu menjadi sangat marah dan mengutuk putrinya menjadi katak.

Menurut kajian UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Tanjung Kodok juga menjadi tempat Sunan Drajat dan Kanjeng Sunan Sendang menjamu Mbok Rondo Mantingan yang membawa bahan bangunan berupa kayu yang akan digunakan untuk membangun Masjid Agung Sendang Duwur.

5. Resor Pantai Tanjung Katak

Tanjung Kodok semakin populer dengan adanya Tanjung Kodok Beach Resort. Tanjung Kodok Beach Resort merupakan hotel bintang 3 yang terletak tepat di sebelah perairan Laut Jawa. Hotel ini dekat dengan Wisata Bahari Lamongan.

Tanjung Kodok Beach Resort memiliki banyak tempat yang bisa digunakan untuk bersantai. Mulai dari pusat kebugaran dan olahraga, ruang permainan, ruang biliar, lapangan tenis, dan lapangan voli.

Tonton video “Tanjung Kodok, Nikmati Fasilitas Lengkap di Hotel Mewah, Lamongan”
[Gambas:Video 20detik]
(Minggu/hh)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button