Berita Wisata

2 juta ton mikroplastik mencemari pantai di Israel, sebagian besar dari kemasan makanan

Merdeka.com – Lebih dari dua juta ton partikel plastik kecil atau mikroplastik telah ditemukan mencemari pantai Laut Mediterania Israel. Pantai Israel seperti Tel Aviv dan Hadera adalah dua dari enam pantai paling tercemar dengan mikroplastik.

Bukti pencemaran mikroplastik ditemukan oleh mahasiswa riset dari Tel Aviv University, yakni Andrey Ethan Rubin dan Limor Omeysi.

taboola di tengah artikel

Tim peneliti, bersama dengan Pusat Penelitian Laut Mediterania, mengumpulkan sampel pasir dari pantai Askelon, Rishon Lezion, Tel Aviv dan Hadera di Israel tengah, dan Dor dan Haifa di Israel utara.

Tim segera menganalisis sampel pasir untuk mengetahui jenis kandungan mikroplastik. Mereka menjelaskan bahwa mikroplastik yang ditemukan dalam sampel pasir berkisar dari pembungkus makanan hingga jaring ikan.

Tim menemukan bahwa pantai di Tel Aviv dan Hadera memiliki mikroplastik empat kali lebih banyak daripada pantai di Rishon Lezion dan Dor, pantai yang paling tidak tercemar.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Marine Pollution Bulletin menjelaskan bahwa pantai Tel Aviv dan Hadera terletak di dekat sungai, yaitu sungai Yarkon dan Alexander.

Tim peneliti percaya sungai membawa partikel mikroplastik yang mencemari perairan pesisir Tel Aviv dan Hadera.

“Penelitian kami mengungkapkan bahwa pantai Israel dapat mengandung lebih dari dua ton sampah mikroplastik. Kondisi lingkungan secara perlahan memecah plastik ini menjadi partikel yang lebih kecil. Semakin kecil partikel plastik, semakin sulit untuk menghilangkannya dari lingkungan dan semakin berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan kita. Partikel mikroplastik yang hanyut ke laut ditelan oleh ikan, dan sisa-sisanya akhirnya sampai ke manusia,” kata Rubin, seperti dikutip The Times of Israel, Senin (31/10).

Kehadiran mikroplastik yang besar dapat terjadi karena pemantauan limbah plastik yang tidak memadai dan peraturan pembatasan mikroplastik di Israel.

Reporter peserta pelatihan: Theofilus Jose Setiawan (mdk/pan)

Baca juga:
Menyemprotkan racun cokelat, mengungkap intelijen Mossad Israel
Jejak agen Mossad Israel di Malaysia melakukan operasi intelijen ‘kotor’
Iran tangkap 10 tersangka agen Mossad Israel di Azerbaijan
Israel Akan Membangun Museum Albert Einstein dengan Biaya yang Fantastis
Mata-mata Israel diduga berada di balik penculikan warga Palestina di Malaysia
Begini reaksi warga Palestina setelah Australia gagal mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button