Tempat Wisata

Waduk Sermo, Bumi Perkemahan Seru dengan Pemandangan Alam yang Menakjubkan di Kulon Progo

harga tiket: Rp6.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Sremo Tengah, Kec. Hargowilis, Kokap, Kab.Kulon Progo, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Tentunya warga sekitar Yogyakarta sudah tidak asing lagi dengan objek wisata Waduk Sermo di Kulon Progo. Waduk ini menawarkan berbagai jenis spot foto yang menarik untuk dikunjungi.

Kawasan wisata yang berada di perbatasan hutan lindung satwa di Sermo dan terletak di perbukitan ini memiliki keindahan yang terlihat begitu sejuk dan asri. Keberadaan hutan kecil akan menyambut Anda begitu Anda memasuki area waduk. Karena keindahannya, hutan ini sering dijadikan sebagai spot foto prewedding.

Waduk ini juga menjadi jalur bagi para pemanjat tebing yang ingin berpetualang ke Gunung Gajah dan Puncak Dipowono, Kalibiru. Bagi Anda yang berniat menghabiskan liburan di waduk ini, Anda juga memiliki pilihan untuk singgah di Gunung Gajah dan Puncak Dipowono.

Daya Tarik Waduk Sermo

Atraksi Waduk SermoKredit foto: Instagram a_riyan21

1. Keindahan alam yang mempesona

Waduk Sermo menawarkan keindahan alam yang mempesona. Danau yang jernih dengan warna kehijauan hingga rerumputan hijau yang menjadi hamparan permukaan tanah membuat kawasan wisata ini terasa sejuk dan asri.

Saat cuaca cerah, Anda juga bisa menikmati awan di langit biru di kawasan ini yang juga sangat indah. Air di danau juga bisa memantulkan bayangan indah dari awan dan pepohonan di sekitarnya. Hal ini memungkinkan area reservoir terasa lebih sejuk dan nyaman secara alami bahkan saat matahari sedang terik.

2. Pulau Terapung

Berkunjung ke waduk ini, pengunjung tidak hanya disuguhkan dengan keindahan alam kawasan tersebut, tetapi juga dengan bangunan-bangunan yang dibangun oleh warga sekitar berupa pulau-pulau terapung. Untuk sampai ke pulau ini Anda harus naik perahu manual yang ditarik dengan tali.

Dibangun oleh penduduk lokal dari besi siku, styrofoam dan bambu, pulau yang mengapung di tengah laut ini akan mampu menawarkan pengalaman unik bagi Anda. Namun, Anda harus menghormati peraturan yang berlaku saat ini, yaitu maksimal 8 orang dapat menaiki pulau ini secara bersamaan. Ini demi keselamatan semua pengunjung.

3. Bukit Pethu

Objek wisata Waduk Sermo Kulon Progo juga memiliki view point atau lebih dikenal dengan Bukit Pethu. Di area view point ini Anda akan mendapatkan pengalaman unik yang jarang ditemukan di tempat lain. Anda juga bisa melihat keindahan pemandangan alam di bawah ini.

Dilihat dari atas, tampilan yang disajikan terlihat begitu jernih dan indah. Sesampai di kawasan ini, jangan lupa untuk berfoto sebagai oleh-oleh. Untuk bisa mendaki ke puncak bukit ini disediakan tali sebagai pengaman bagi pengunjung.

Dengan menawarkan panorama alam yang benar-benar menakjubkan, dijamin saat mendaki Bukit Pethu akan merasa puas dan tidak ingin meninggalkan kawasan bukit.

4. Gumuk Sri Tinon

Daya Tarik Waduk SermoKredit foto: Instagram Heydar Farras

Objek wisata Waduk Sermo selanjutnya adalah Gumuk Sri Tinon yang juga merupakan view point. Di kawasan ini Anda akan ditemani oleh keindahan pepohonan dan rerumputan hijau yang terlihat begitu segar. Selain itu, ada juga jembatan bambu yang eksotis disertai dengan perkemahan, gubuk dan balai.

5. Taman Musim Semi Kuning

Bagi anda yang menyukai dunia fotografi, ketika datang ke kawasan wisata Waduk Sermo, tidak lengkap rasanya jika belum berfoto dari kawasan Pring Kuning Park.

Taman Pring Kuning menawarkan beberapa spot foto yang sangat menarik dan instagramable.

Mulai dari Fleckliebe, tapir, hingga rumah bambu ada di kawasan ini. Namun bagi anda yang ingin memasuki kawasan ini akan dikenakan biaya tambahan sebesar 5.000 rupiah. Harga ini masih tergolong murah dibandingkan dengan berbagai spot yang telah disediakan di kawasan ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Waduk SermoKredit foto: Aplikasi Instagram Kemping Indonesia ID

Tempat wisata dengan pemandangan alam yang begitu indah ini terletak di Kecamatan Kokap, salah satu kecamatan di Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Anda tidak akan kesulitan untuk mencapai tempat wisata ini karena hanya ada satu cara untuk menuju tempat wisata ini. Akses jalan juga terbilang mudah, dengan jalan beraspal dan cukup lebar.

Untuk itinerary ke tempat wisata ini bisa dilalui dari Jalan Wates. Anda bisa memulai perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta kemudian menuju Jalan Wates. Setelah Anda berada di jalan ini, yang harus Anda lakukan adalah mengikuti jalan sampai Anda menemukan patung kuda. Dari patung tersebut Anda bisa ke kanan hingga sampai di lokasi waduk Sermo.

Jarak yang akan Anda tempuh dari pusat kota Yogyakarta menuju lokasi objek wisata waduk ini sekitar 35 kilometer. Atau dibutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga satu jam tergantung kecepatan kendaraan yang Anda gunakan. Anda juga tidak akan bosan selama perjalanan, karena ada pemandangan persawahan yang indah di kiri dan kanan jalan.

Biaya masuk wisata waduk

Harga Tiket Waduk Sermo Kulon ProgoKredit foto: Instagram Wisata Jogja

Tempat wisata yang terkenal dengan keindahan yang ditawarkan ini memiliki biaya masuk yang ramah kantong. Kawasan wisata di Waduk Sermo ini sangat cocok bagi Anda yang suka berwisata dengan budget minim.

Anda hanya membayar tiket masuk sebesar 2.000 rupiah per orang. Harga ini tergolong harga yang sangat murah untuk memasuki suatu kawasan wisata. Hanya dengan biaya 2.000 rupiah kamu sudah bisa menikmati keindahan alam kawasan dan berfoto di beberapa spot menarik.

Biaya lain yang dikenakan di kawasan wisata waduk ini adalah biaya parkir kendaraan. Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi hanya akan dikenakan biaya 2.000 rupiah untuk kendaraan roda 2 dan 3.000 rupiah untuk kendaraan roda 4. Tempat wisata waduk yang satu ini memang bisa menjadi destinasi wisata low budget bagi anda yang datang kesini.

Kegiatan Menarik di Waduk Sermo

Kegiatan di Waduk SermoKredit foto: Instagram Ahzan Mustofa

1. Mengendarai perahu motor

Aktivitas menarik pertama yang bisa Anda lakukan di Waduk Sermo adalah mengendarai perahu motor. Anda bisa berkeliling kawasan waduk dengan menggunakan perahu motor yang disediakan oleh pengelola kawasan waduk ini. Tentunya hal ini bisa menjadi pengalaman yang menarik bagi Anda.

Dengan hanya duduk santai, Anda dapat berjalan-jalan di sekitar waduk yang menawarkan keindahan luar biasa. Setiap pengunjung dikenakan biaya khusus untuk menaiki perahu motor ini, namun Anda tidak perlu khawatir karena biayanya masih cukup murah.

2. Berkemah di sekitar waduk

Anda juga bisa berkemah di tempat wisata ini. Sudah ada area khusus di sini yang bisa digunakan pengunjung untuk berkemah dan bermalam. Suasana malam yang menenangkan bisa Anda rasakan saat menginap di area sekitar waduk ini.

Selain itu, ada pemandangan indah matahari sore di sore hari. Sentuhan jingga melompat di permukaan air waduk, membuat suasana semakin romantis dan eksotis.

3. Cari spot foto yang menarik

Keindahan kawasan Waduk Sermo bisa Anda manfaatkan untuk berfoto dengan berbagai spot menarik. Tak jarang, objek wisata waduk ini dijadikan tempat pemotretan prewedding bagi pengantin baru.

Beberapa spot foto menarik yang disediakan pengelola di tempat wisata waduk ini adalah Bukit Pethu, Taman Air Bambu, Taman Munggur, Pulau Terapung, Bukit Jangka, Gumuk Sri Tinon dan masih banyak lagi spot foto lainnya yang bisa anda kunjungi di kawasan wisata waduk ini. .

4. Naik perahu Getek

Kegiatan menarik di Waduk SermoKredit foto: Instagram Ahzan Mustofa

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa Anda lakukan di kawasan wisata Waduk Sermo adalah berwisata dengan perahu Gethek, atau perahu bambu tradisional. Dengan perahu ini Anda bisa mengelilingi atau mengelilingi area waduk.

Namun berbeda dengan perahu motor, perahu gethek harus digerakkan secara manual dengan mengayuh karena perahu ini tidak memiliki mesin seperti perahu motor. Anda bisa merasakan tantangan saat menaiki perahu tradisional Gethek ini.

5. Bersantai di gazebo

Di kawasan wisata waduk ini juga terdapat gazebo atau gubuk tempat Anda bisa duduk-duduk santai ditemani pemandangan kawasan waduk yang indah. Mereka untuk sementara dapat menghilangkan kepenatan dari masalah yang Anda hadapi setiap hari baik di tempat kerja maupun di sekolah.

Sambil duduk santai menikmati pemandangan, Anda juga bisa membawa snack untuk membuat momen santai Anda terasa lebih lengkap. Tempat ini juga cocok sebagai tempat melihat matahari sore yang terlihat begitu indah dengan menawarkan suasana yang lebih romantis dan tenang.

Fasilitas yang tersedia di area waduk

Sistem waduk SermoSumber gambar: Waduk Sermo Google Maps

Fasilitas di kawasan wisata Waduk Sermo bisa disebut cukup lengkap dan memadai bagi pengunjung. Pengunjung bisa merasa nyaman dengan berbagai fasilitas yang ada di kawasan wisata waduk ini. Salah satu fasilitas yang ada di tempat ini adalah tempat parkir khusus kendaraan pengunjung yang datang kesini.

Selain itu, ada beberapa warung makan di tempat wisata yang indah ini. Anda tidak akan merasa lapar dengan stand makanan ini. Keberadaan warung makan ini dikelola langsung oleh pemerintah kota sekitar yang memanfaatkan tempat wisata ini untuk dijual. Beberapa menu lokal yang ditawarkan di sini memiliki cita rasa yang lezat dan dapat menggugah selera Anda.

Fasilitas penunjang lainnya di kawasan ini antara lain tempat duduk bambu yang bisa dijadikan sebagai tempat peristirahatan pengunjung setelah lelah berjalan-jalan. Selain itu, fasilitas lain juga hadir, mulai dari toilet umum dengan kebersihan yang sangat rapi, tempat sampah di berbagai tempat, hingga tempat perkemahan yang luas di kawasan wisata waduk ini.

Demikian beberapa informasi tentang Waduk Sermo di Kulon Progo. Destinasi wisata waduk ini tentunya bisa ditambahkan ke dalam daftar tempat wisata yang harus dikunjungi selama Anda berada di Yogyakarta. Tempat wisata ini juga cocok sebagai tempat liburan keluarga yang menawarkan keindahan alam yang mempesona.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button