Berita Wisata

Rekomendasi 14 Wisata Temanggung Terbaru 2022

Pengilon Edupark terletak di Desa Sawah, Pengilon, Bulu, Temanggung. Tempat wisata ini mengusung konsep keluarga dengan pemandangan alam yang indah dan sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai, sembuhatau menikmati bulan madu.

Banyak fasilitas yang disediakan, seperti restoran dan kafe, taman yang bersih, tempat parkir yang luas, kolam renang, mini zooh, MTB, taman glamping, kafilah, dan juga taman pemetik buah lengkeng kristal. Udaranya sangat segar, sejuk dan dingin karena berada di bawah kaki Gunung Sumbing.

Taman edukasi yang sering menjadi arena ruang terbuka untuk permainan anak buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 19.30 WIB.

2. Embung Kledung

Embung Kledung, Waduk dengan Pemandangan Gunung Sumbing @Instagram/gunung.sumbing

Embung Kledung terletak di Kledung, Temanggung. Embung Kledung merupakan waduk buatan kecil yang dulunya digunakan untuk irigasi, namun kini ditingkatkan fungsinya menjadi tempat wisata.

Konsep waduk dengan latar belakang pemandangan Gunung Sindoro Sumbing menjadi spot foto bagi wisatawan, terutama saat cuaca sedang bagus. Di area ini juga terdapat area camping, tempat parkir yang luas, serta beberapa warung makan dan minum. Anda juga bebas berkunjung kapan saja karena tempat ini buka setiap hari selama 24 jam.

3. Monumen Meteorit Wonotirto

Monumen Meteorit Wonotirto, sebuah monumen bersejarah Kabupaten Temanggung. @Instagram/dinbudpar_temanggung

Monumen meteorit Wonotirto terletak di desa Wonotirto, Bulu, Temanggung. Sejak monumen ini dibangun untuk memperingati peristiwa bersejarah jatuhnya meteor pada tahun 2001, monumen ini menjadi tempat wisata yang cukup populer di Temanggung.

Tugu meteorit merupakan tempat wisata edukasi sejarah yang menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dan udara yang segar. Di sekitar monumen terdapat taman terbuka, tempat parkir dan kolam renang. Jalan-jalan di sekitar monumen juga sangat nyaman untuk dijelajahi dengan sepeda.

Jam buka museum bagi pengunjung adalah pukul 09.00 hingga 17.00 WIB Senin hingga Minggu.

4. Taman Wisata Posong

Taman wisata posong, wisata alam temanggung yang cocok untuk camping. @Instagram/bibin_wibisana

Taman Wisata Posong merupakan wisata Temanggung yang terletak di dataran tinggi pada ketinggian 1.823 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Taman yang merangkap sebagai tempat perkemahan ini memiliki beberapa pemandangan alam yang sangat indah dan udaranya yang sejuk dan segar. Areanya luas ditumbuhi rerumputan hijau dengan latar pegunungan yang memanjakan mata.

Banyak lokasi foto yang bisa digunakan wisatawan di tempat ini. Misalnya, ada pos pengamatan dan sayap kupu-kupu sebagai tempat selfie anak muda. Ada juga beberapa game yang keluar di sini, seperti rubah terbang, melakukan perjalanangsampai melakukan perjalanan.

Pengunjung juga bisa mendirikan tenda untuk menikmati pemandangan matahari terbit atau terbenam saat senja. Bagi yang ingin berkunjung ke taman wisata Posong, tempat ini buka setiap hari mulai pukul 04:00 hingga 16:30 WIB.

5. Taman Kartini Temanggung

Taman Kartini Temanggung, sebuah taman wisata keluarga yang populer di Temanggung. @Instagram/temanggung

Taman Kartini terletak di Desa Kowangan, Kabupaten Temanggung. Daya tarik Taman Kartini terletak pada berbagai fasilitas yang disediakan, seperti kolam renang, lapangan, lapangan basket, taman bermain anak, pentas seni, lapangan tenis, gym dan berbagai penjual makanan.

Taman ini menjadi tempat berkumpulnya karena akses buka setiap hari selama 24 jam. Di sekitar kawasan ini juga direncanakan toilet, mushola, tempat makan, tempat duduk dan tempat parkir yang cukup luas.

6. Tuk Budoyo

Tuk Budoyo, wisata alam dan wisata budaya di Temanggung. @Instagram/bibin_wibisana

Tuk Budoyo adalah tempat wisata alam di Temanggung yang terkenal dengan mata airnya yang menyembur dari lereng Gunung Sumbin. Tuk Budoyo terletak di kaki Gunung Sumbing, yaitu di Desa Losari, Tlogomulyo. Meskipun tempat ini dekat dengan pegunungan, akses menuju ke sana relatif mudah dijangkau oleh wisatawan karena jalan yang dilapisi beton.

Daya tarik tempat ini adalah pemandangan alam yang indah, udara yang segar, lingkungan yang bersih, suasana yang tenang, dan pemandangan kota Temanggung yang dapat dilihat. Terdapat beberapa fasilitas penunjang seperti mushola, toilet, tempat parkir, tempat duduk, penjual makanan dan minuman, dan gazebo.

7. Umbul Jumprit

Umbul Jumprit, Wisata Temanggung yang kental dengan gaya religi Hindu @Instagram/destinasipariwisatajateng

Jumprit adalah mata air di Ngadirejo, Temanggung. Bagi masyarakat Hindu, sumber ini dianggap sebagai air suci untuk mensucikan jiwa, sehingga tidak heran jika di sekitar kawasan ini sering dijadikan tempat pertapaan.

Mata airnya sejuk dan ada kolam di depan makam, dan pemandangannya indah. Tempat wisata ini biasanya dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB setiap harinya.

Pengunjung disarankan untuk berhati-hati terhadap monyet, terutama monyet ekor panjang. Memang, kawasan wisata ini merupakan bagian dari habitat primata tersebut. Pengunjung juga bisa memberi makan monyet-monyet di lingkungan sekitar mata air ini.

8. Pemandangan Sigandul

Sigandul View, kunjungan ke Temanggung dengan panorama yang luar biasa. @Instagram/dewiimbem18

Sigandul View terletak tidak jauh dari Jembatan Sigandul yang fenomenal di Temanggung. Sigandul View mengusung konsep wisata alam, akomodasi, restoran dan kafe.

Wahana utama yang ditawarkan adalah jembatan kaca, spot foto dengan pemandangan alam, memberi makan kelinci dan ikan, makan makanan lezat yang dijual di restoran dan kafe, atau menginap di vila. Lokasi ini dibuka untuk pengunjung mulai pukul 05:00 hingga 22:00 WIB Senin hingga Minggu.

9. Curug Titang

Wisata air populer di Temanggung, Curug Titan. @allindonesiantourism.com

Curug Titan terletak di Desa Ketitang, Nampirejo, Temanggung. Air terjun ini masih satu aliran dengan Sungai Lungge dan sering dijadikan area arung jeram Untuk pecinta alam.

Air terjun ini sering digunakan oleh warga sekitar sebagai tempat ritual menyambut bulan suci Ramadhan yaitu Padusan. Selain itu, setiap Minggu Pahing ada pasar pagi yang menjual berbagai macam jajanan dan makanan.

Aliran airnya tidak terlalu besar, jernih dan sejuk. Pemandangannya sangat bagus dengan banyak pohon-pohon tinggi di sekitar area tersebut. Air Terjun Curug Titan buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 18:00 WIB.

Baca juga: Curug Titan, wisata alam yang menyegarkan di Temanggung

10. Pasar Ngadiprono Papringan

Pasar Papringan Ngadiprono, tempat wisata dengan konsep pasar yang unik. @Instagram/jagonyadolan

Pasar Papringan Ngadiprono merupakan objek wisata Temanggung, sebuah objek wisata yang menarik dengan konsep pasar tradisional yang buka setiap hari Minggu Wage atau Pon. Lokasinya berada di dalam hutan bambu, transaksi di pasar ini menggunakan alat pembayaran bernama “Pring” Musim semi berasal dari bahasa jawa yang artinya bambu. Sebuah Pring berharga Rp 2.000.

Obyek wisata budaya ini menjual berbagai jenis makanan dan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Penjualnya sangat ramah, pasarnya teduh, dingin, dan udaranya sangat segar dengan nuansa pedesaan. Layaknya pasar desa, Pasar Papringan buka dari pukul 06:00 pagi hingga sekitar tengah hari setiap Minggu Wage atau Pon.

11. Daya tarik taman air

Pikatan Waterpark, taman rekreasi air yang populer di Temanggung. @ai_yea (wisatawan)

Pikatan Waterpark adalah sebuah taman rekreasi air yang cukup terkenal di Temanggung. ledakan air terletak di Jl. Raya Pikatan, Mudal, Temanggung.

Ada beberapa kolam renang yang disediakan untuk pengunjung dengan air yang bersih dan jernih. Ada banyak wahana air dan seluncuran dengan berbagai ukuran. Fasilitas penunjang yang disediakan antara lain flushing room, area piknik dan kafe. Jam buka Pikatan Water Park mulai pukul 08:00 WIB pagi hingga pukul 16:00 WIB sore hari.

12. Alun-Alun Kota Temanggung

Alun-Alun Temanggung, ikon sekaligus tempat berkumpulnya komunitas di Temanggung. Instagram/dhian_hardjodisastro

Alun-Alun Kota Temanggung terletak di Jl. Brigjen Katamso, Suronatan. Alun-alun ini merupakan tempat wisata yang sangat populer dikunjungi pada malam hari atau pada hari libur nasional. Udaranya segar, udaranya segar. Meski tidak terlalu luas, masih banyak pohon yang bisa dijadikan sebagai tempat berteduh.

Tempatnya tinggi, jadi harus naik tangga untuk sampai ke puncak. Akses juga disediakan bagi penyandang disabilitas.

Dengan latar pegunungan, tempat ini menjadi destinasi favorit warga Temanggung. Ada juga taman yang bersih dan terawat, area bermain anak-anak dan banyak penjual makanan di seberang jalan.

13. Wisata Alam Sigrowon

Sigrowong, wisata alam yang cocok untuk berkemah dan penyembuhan. @Instagram/sigrowong

Sigrowong terkenal dengan hutan pinusnya yang indah. Tempatnya yang luas, asri, bersih dan udaranya yang segar membuat wisata alam ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Pemandangan hutan pinus yang megah tentu akan menyegarkan otak dan tubuh. Di sini pengunjung dapat menginstal tempat tidur gantung dan berkemah bersama.

Di sisi lain tempat ini terdapat kafe taman dan banyak spot selfie. Tersedia juga mushola bagi anda yang ingin beribadah dan tempat makan dengan pilihan kuliner yang lezat. Sayangnya, tempat ini hanya buka dari pagi hingga sore hari. Menjelang matahari terbenam, kawasan wisata akan ditutup untuk pengunjung.

14. Alam Sewu

Pemandangan matahari terbenam di alam Sewu. Instagram/hani_fatus_shalihah

Wisata Temanggung terakhir dalam daftar ini adalah Alam Sewu yang terletak di Ngadirejo, Temanggung. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang indah, area camping, outing, cafe, hostel dan spot foto yang keren. Selain itu, tempat ini juga dilengkapi dengan tempat parkir yang luas, mushola dan kamar mandi.

Ini dia rekomendasi 14 tempat wisata di Temanggung yang bisa kamu jadikan referensi. Saat mengunjungi salah satu tempat wisata di atas, ingatlah untuk mengenakan pakaian tebal atau jaket, karena udaranya cukup dingin.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button