Berita Wisata

Tuk Budoyo, wisata alam dan budaya di Temanggung yang kaya akan nilai sejarah

Temanggung dikenal sebagai kota tembakau. Kabupaten ini tidak hanya kaya akan sumber daya alam, tetapi juga menjadi destinasi wisata alam dan budaya yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Tuk Budoyo. Destinasi wisata ini merupakan warisan budaya yang menarik untuk dikunjungi.

Di sini Anda tidak hanya akan menemukan mata air segar, tetapi Anda juga akan melihat pemandangan alam yang indah. Ada apa di Tuk Budoyo? Pelajari lebih lanjut dalam ulasan ini.

Sejarah Tuk Budoyo

Desain lingkungan dalam aksara Jawa dengan Tuk Budoyo di sudut lokasi @mapsus.net

Destinasi wisata ini pada dasarnya adalah sebuah mata air yang terletak di lereng Gunung Sumbing. Berasal dari tuk yang berarti sumber air. Jadi katakan budoyo yaitu budaya. Jika digabungkan, Tuk Budoyo menandakan sumber air budaya.

Tuk Budoyo tidak hanya terkenal dengan mata airnya. Namun, itu telah menjadi warisan budaya. Di tempat ini juga terdapat banyak ritual budaya yang berkaitan dengan budidaya tembakau dan budayanya yang erat kaitannya dengan mata pencaharian masyarakat setempat.

Masyarakat yang masih tradisional masih memegang teguh adat budaya tradisional yang sudah menjadi tradisi sejak lama. Sehingga faktor kuatnya tradisi tradisional warga setempat saat menanam tembakau seringkali dianggap unik oleh wisatawan dari daerah lain. Jadikan tempat ini sebagai tujuan wisata bagi wisatawan yang penasaran dengan ritual tradisional Tuk Budoyo, terutama pada musim-musim tertentu.

Tempat Wisata Tuk Budoyo

Sebagai salah satu destinasi yang direkomendasikan untuk perjalanan akhir pekan, berikut beberapa tempat wisata Tuk Budoyo:

1. Lintasan olahraga yang menyenangkan

Jika Anda tinggal di daerah Temanggung, tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi wisata sepeda ini. Jalan di sekitar tujuan mudah dinavigasi. Anda dapat melihat kekuatan pedal sepeda Anda saat berada di sini.

Udara yang menyegarkan juga akan menambah rasa bersepeda menjadi lebih menyenangkan dan tentunya tidak akan membuat Anda cepat lelah.

2. Lihat pegunungan yang mempesona

Berada di lereng Gunung Sumbing tentunya pemandangan Tuk Budoyo sangat indah setimpal Nikmati. Tak hanya itu, hamparan pepohonan yang hijau juga akan menambah relaksasi pikiran sehingga bisa menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari.

3. Tempat Foto estetis dan Instagramable

Ingin memperkaya koleksi foto perjalanan Anda di jejaring sosial? Jika iya, Anda juga bisa mengunjungi wisata ini. karena berada di lereng gunung, keindahan sirkuit ini tidak perlu diragukan lagi. Jadi siapkan kamera saat ingin berkunjung, ya.

Fasilitas yang tersedia di Tuk Budoyo

Nikmati sore hari bersantai di Tuk Budoyo Temanggung @Facebook.com/kotaTemanggung

Tentu saja daya tarik Tuk Budoyo yang pertama adalah melihat mata air di tempat. Setelah itu, Anda bisa bersenang-senang duduk di bangku yang disediakan.

Sejumlah fasilitas disediakan pengelola agar betah berlama-lama di sini. Fasilitas yang disediakan pengelola antara lain gazebo, plaza, toilet, food court,tangki, portal, paviliun, mushola dan lighting. Penataan lokasi saat ini semakin membaik karena pemerintah yakni Kementerian PUPR juga turut andil dalam pengembangan objek wisata ini di tahun 2018 ini. Demikian dilansir infopublik.

Jam operasional

Tempat wisata ini buka 24 jam sehari, jadi Anda bisa datang ke sini kapan saja. Namun, sebaiknya Anda mengunjungi wisata ini pada pagi hingga sore hari karena saat malam tiba, destinasi ini cukup gelap.

Petunjuk arah mengemudi ke lokasi

Tuk Budoyo terletak di Desa Tempuran, Losari, Tlogomulyo, Temanggung. Dari pusat kota Temanggung hanya berjarak sekitar 8,2 km dan dapat ditempuh dalam waktu 19 menit dengan kendaraan bermotor. Anda bisa menggunakan GPS atau Google Map untuk mempermudah akses ke tempat wisata ini.

Mengenai rutenya, jika anda dari pusat kota Temanggung, untuk sampai ke tujuan ini anda bisa menuju ke barat melalui Jalan Brigjen Katamso, setelah 120 meter, belok kiri di Jalan MT Haryono, setelah 350 meter, belok kiri ke Jalan Mayjend Panjaitan, lalu ikuti jalan kaki sejauh 6,2 km lalu belok sedikit ke kanan menuju Jalan Tlogomulyo, lalu arahkan kendaraan ke Jalan Mujahidin dan ke Jalan Gilingsari.

Tuk Budoyo memang bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang sedang mencari destinasi untuk liburan akhir pekan. Anda bisa mengunjungi tempat ini bersama keluarga, pasangan atau teman untuk melepas penat dan bersantai sejenak agar tubuh dan pikiran menjadi segar kembali.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button