Tempat Wisata

Pantai Tambak, Destinasi Wisata Bahari Eksotis di Belitung Timur

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Sukamandi, Kec. Damar, Kab.Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung; map: Cek lokasi

Pantai Tambak, juga dikenal sebagai Pantai Kuale Tambak, adalah salah satu tujuan wisata terbaik di Pulau Belitung. Terletak di desa Sukamandi, pantai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Pantai ini menawarkan berbagai keindahan alam yang tidak bisa kita dapatkan di pantai lain. Seperti air pantai yang bersih dan jernih, pasir putih dengan tekstur yang lembut dan halus serta deretan pohon pinus yang lebat menambah keindahan dan kesejukan pantai.

Pantai Tambak tergolong pantai baru dan cukup jauh dari daratan karena masih baru sehingga fasilitas yang disediakan tidak terlalu banyak. Namun tidak mengurangi keindahan pantainya. Selain baru, pantai ini juga jarang dikunjungi wisatawan, sehingga menjadikannya sebagai tempat bersantai dan melepas lelah sangat tepat.

Atraksi Pantai Tambak

Pemandangan di pantai TambakKredit foto: Google Maps

Pantai yang indah ini merupakan tujuan wisata yang relatif baru. Meskipun demikian, pantai ini memiliki banyak daya tarik yang membuatnya berbeda dari pantai lainnya. Salah satunya adalah pemandangan alam yang sangat indah, maka tak ada salahnya jika pantai ini menjadi salah satu tempat wisata unggulan Kepulauan Belitung Timur.

1. Pemandangan yang indah

Pantai ini masih alami karena belum banyak dijamah wisatawan. Jadi bisa dipastikan suasana disana sangat tenang dan damai. Laut biru yang terlihat jauh, air yang jernih serta pasir pantai yang putih dan lembut benar-benar pemandangan yang bisa menyejukkan mata kita.

Ditambah dengan banyaknya pohon pinus yang rindang dan lebat menambah kesejukan pantai ini. Bagi wisatawan yang ingin beristirahat dan bersantai, pantai ini bisa menjadi pilihan yang tepat, karena keadaan pantai yang masih asri, tenang dan asri. Dari sini kita juga bisa melihat pemandangan Pulau Buku Limau tepat di depan pantai.

Waktu yang tepat untuk menikmati indahnya pemandangan pantai adalah pagi dan sore hari. Saat matahari terbit dan terbenam Karena kesan romantis bisa langsung dirasakan saat matahari terbit dan terbenam saat ini. Kita bisa menikmati momen sunrise dan sunset bersama kerabat dan mengabadikannya melalui foto.

2. Garis pantai yang panjang

Pantai ini terkenal dengan garis pantai terpanjang di Kabupaten Belitung Timur yang panjangnya sekitar 2-3 km. Lautnya yang biru berhiaskan pasir putih halus sangat menyejukkan mata, sehingga wisatawan betah berlama-lama disana. Selain itu, di sekitar pantai, wisatawan disuguhi perahu nelayan warna-warni milik para nelayan. Sehingga bisa dijadikan sebagai tempat untuk berfoto selfie bersama sanak saudara.

3. Gelombang kecil

Pantai ini tidak hanya memiliki air yang bersih dan jernih, tetapi juga ombaknya yang kecil. Sehingga kita bisa berenang dan menyelam dengan aman dan nyaman. Beberapa wisatawan juga memilih untuk snorkeling di pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai TambakKredit foto: Google Maps Rizál

Pantai Tambak terletak di Desa Sukamandi, Kec. Damar, Kab.Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung. Jaraknya kurang lebih 25 km dari Kota Manggar dan 7 km dari Kota Damar. Lokasi pantai cukup jauh dari desa, namun akses jalan menuju pantai sudah cukup baik.

Kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil sewaan. Untuk mendapatkan rute terbaik kita bisa menggunakan Google Maps. Dalam perjalanan nanti kita bisa melihat beberapa lokasi tambang timah yang masih beroperasi.

Perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Pantai Tambak Belitung jika kita datang dari Bandara H.AS Hanandjoeddin adalah sekitar 1 jam 25 menit dengan kendaraan bermotor. Di sisi lain, jika kita datang dari Kota Mangagar, hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit.

Biaya masuk objek wisata

Harga Tiket Masuk Pantai TambakSumber Gambar: Google Maps Raja Pecal

Hingga saat ini, pengelola Pantai Tambak belum mematok harga bagi wisatawan yang ingin mengunjunginya. Kita bisa ke sana secara gratis tapi kita punya kewajiban untuk menjaga kondisi pantai agar tetap asri.

Seperti tidak merusak infrastruktur yang ada dan tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi jika Anda berencana menggunakannya untuk berkemah.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Tambak

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai TambakKredit foto: Google Maps

1. Berenang dan Menyelam

Pantai Tambak memiliki air laut yang bersih dan jernih. Oleh karena itu, banyak wisatawan memilih untuk berenang dan menyelam. Selain itu, kita juga disuguhkan dengan keindahan terumbu karang dan ikan-ikan yang berenang di laut.

2. Bermain voli pantai dan futsal

Memiliki garis pantai yang sangat panjang yaitu mencapai 3 km. Dan pasir putihnya yang halus membuat pantai ini cocok untuk bermain voli pantai dan futsal. Pasti seru banget main kesana bareng temen-temen.

3. Nikmati pemandangan pantai

Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan pantai adalah saat matahari terbenam dan matahari terbit. Saksikan momen matahari terbit dan terbenam sambil menikmati sejuknya udara pantai dan semilir angin pantai yang lembut. Selain keindahan Pantai Tambak Belitung, disana kita juga bisa melihat keindahan Pulau Buku Limau yang berada tepat di depan pantai.

4. Berkemah

Selain bermain dan berenang, sebagian besar wisatawan juga memilih berkemah di sana. Pantai yang masih jarang dikunjungi wisatawan, serta suasana pantai yang masih asri dengan ditumbuhi pohon pinus yang rimbun, cukup cocok untuk berkemah. Namun karena minimnya fasilitas, kami harus membawa perlengkapan camping sendiri dari rumah.

5. Bermain pasir

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai TambakKredit foto: Google Maps Gulistiani Fuzuli

Pasir di pantai ini berwarna putih, dengan tekstur yang halus dan lembut. Sangat cocok untuk bermain istana pasir. Selain itu, anak-anak di daerah tersebut biasanya suka bermain kerang di tepi pantai. Di sana kita tidak akan menemukan deretan batu granit, namun hal ini tidak akan mengurangi keindahan pantai.

6. Berjemur dan bersantai

Suasana pantainya tenang dan sejuk, sehingga wisatawan bisa sangat menikmati waktu bersantai di sana. Wisatawan yang datang kebanyakan menyukai suasana pantai untuk berjemur dan bersantai. Pada siang hari saat matahari sedang terik, banyak kita jumpai wisatawan yang berjemur di tepi pantai.

7. Ambil foto

Jangan lewatkan aktivitas ini sambil mengabadikan keindahan alam melalui jepretan kamera. Keindahan pantai dengan lautnya yang luas, pantainya yang putih dan rimbunnya pohon pinus sangat sayang jika tidak diabadikan. Selain itu, momen bersama sanak saudara pada saat terbit dan terbitnya fajar sangat penting untuk diabadikan.

8. Memancing

Aktivitas lain yang bisa kita praktikkan di Pantai Tambak adalah memancing. Kita bisa memancing dari beberapa spot yang sudah disediakan di sekitar pantai. Namun, kita perlu membawa alat tangkap sendiri dari rumah karena tempat wisata ini relatif baru dan fasilitas yang tersedia masih terbatas.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi murah terdekatSumber gambar: Twitter Akomodasi murah terdekat

1. Hotel Bw Suite Belitung

Hotel ini terletak di Jalan Pattimura, Tanjung Pandan, Kepulauan Bangka Belitung. Merupakan gedung tertinggi di Pulau Belitung dan terdiri dari 11 lantai. Memiliki berbagai fasilitas menarik seperti TV, AC dan restoran. Untuk harga per malam mulai dari Rp 460.000 hingga Rp 2.400.000.

2. Fairfield oleh Mariott Belitung

Hotel ini terletak di dekat hotel Bw Suite Belitung. Konsep hotel ini sangat unik, mengadaptasi gaya tradisional rumah panggung dengan konsep modern. Fasilitas yang ditawarkan juga beragam, seperti TV, kolam renang dan lainnya. Hotel ini memiliki berbagai jenis kamar, dari deluxe hingga suite. Harga per malamnya berkisar antara Rp 800.000 hingga Rp 2.700.000.

3. Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung

Terakhir, ada Hotel Santika yang terletak di Jalan Pantai Dusun Ulu, Sijuk, Kepulauan Bangka Belitung. Hotel ini tidak jauh dari tempat wisata populer di Bangka Belitung. Memiliki 128 kamar dengan berbagai fasilitas seperti TV LED, WiFi, fasilitas pembuat kopi dan teh, area relaksasi, gedung pertemuan, pusat kebugaran dan banyak lagi. Harganya berkisar antara Rp 550.000 hingga Rp 1.500.000.

Tersedia fasilitas area pantai

Fasilitas di Pantai TambakSumber gambar: Twitter Bang Uyang

Keberadaan fasilitas sangat penting bagi suatu tempat wisata. Sayangnya, karena Pantai Tambak tergolong tempat wisata baru, fasilitas yang ditawarkan juga tidak terlalu banyak.

Beberapa fasilitas umum, berapa banyak kursi yang berjejer di area sekitar pantai, toilet mudah kita temukan di sepanjang pantai. Ada juga beberapa gubuk dengan minuman dan makanan.

Minimnya fasilitas yang tersedia dikarenakan tempat wisata ini belum dikelola secara serius oleh pemerintah setempat. Karena jika dikelola dengan baik, tentu tempat ini akan menjadi salah satu wisata unggulan di Kabupaten Belitung Timur.

Demikian ulasan singkat tentang Pantai Tambak. Pantai ini memiliki panorama yang indah dengan garis pantai terpanjang di Kabupaten Belitung Timur. Bisa menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button