Tempat Wisata

Pantai Botutonuo Gorontalo – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: J L. Trans Sulawesi, Botutonuo, Kec. Kabila Bone, Kab.Bone-Bolango, Gorontalo; map: Cek lokasi

Pantai Botutonuo adalah tempat wisata keluarga yang sangat populer di Bone Bolango, Gorontalo. Air lautnya yang bersih dan ombaknya yang cukup tenang memungkinkan pengunjung untuk bermain air dengan bebas dan berenang di air yang dangkal. Tak heran jika tempat wisata ini selalu dipadati pengunjung, terutama di akhir pekan atau saat musim liburan.

Sebelum pantai ini menjadi tujuan wisata yang murah, sebenarnya hanya tempat di mana perahu nelayan akan berlabuh setelah kembali dari laut. Menyadari potensi pantai ini, masyarakat setempat akhirnya mulai mengelolanya secara mandiri pada tahun 2009 sebagai pelengkap perekonomian masyarakat di sektor pariwisata.

Sebagai tempat wisata untuk mengisi waktu liburan, Pantai Botutonuo tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah tetapi juga didukung dengan fasilitas yang memadai. Pengunjung bisa leluasa menikmati liburan. Karena pantai ini cukup ramai saat musim liburan atau akhir pekan, Anda bisa mengunjunginya di hari biasa jika ingin suasana yang lebih tenang.

Atraksi Pantai Botutonuo

Pemandangan di Pantai BotutonuoKredit foto: Google Maps frp monoarfa

Pantai yang indah ini menjadi tujuan wisata yang populer bagi warga Gorontalo karena merupakan wisata yang murah. Selain itu, pantai ini juga memiliki daya tarik yang tidak pernah sepi pengunjung. Mengingat potensinya sebagai tempat wisata yang menarik, tidak heran jika masyarakat mulai mengelolanya dengan cara yang semakin menarik pengunjung.

1. Pemandangan Pantai

Pantai Botutonuo memiliki pasir putih halus dengan laut biru jernih. Dengan keindahan pantai ini, banyak pengunjung yang datang untuk menikmati keindahannya. Pohon kelapa berjejer di sepanjang pantai dan membuat pemandangan tampak lebih hijau dan segar. Ditambah dengan udara yang bersih karena jauh dari polusi kendaraan.

Ombak di pantai ini tidak besar, sehingga pengunjung bisa bermain air dengan aman. Sebaiknya datang di pagi hari saat cuaca cerah. Pemandangannya akan jauh lebih indah. Matahari juga tidak terlalu panas saat ini. Namun, akan lebih baik jika Anda tidak datang saat musim angin kencang karena air laut akan tinggi.

2. Wisata murah

Sejak dibuka, pantai ini sangat ramai dikunjungi masyarakat Gorontalo. Banyak yang membawa keluarganya ke sini untuk berlibur. Pasalnya, pantai ini merupakan destinasi wisata murah yang cocok untuk semua kalangan dan usia. Pengunjung tidak perlu merogoh kocek untuk liburan yang menyenangkan.

Meski dikelola oleh warga, fasilitas yang disediakan juga memadai. Pengunjung juga bisa menikmati keindahan laut di atas perahu. Sayangnya, fasilitas ini tidak boleh dilewatkan, karena sangat menyenangkan untuk semua kelompok umur. Sewa perahu juga tidak terlalu mahal, karena pantai ini adalah tempat wisata yang tidak menguras kantong.

Makanan yang banyak terdapat di sekitar Pantai Botutonuo ini juga tersedia dengan harga yang relatif terjangkau, namun dengan rasa yang sesuai dengan lidah. Pengunjung bisa mengisi perut sambil menikmati pemandangan sekitar dan suara deburan ombak. Tak heran jika pantai dengan garis pantainya yang luas ini terlihat seperti lautan manusia, apalagi saat musim liburan.

3. Sifat yang berbeda

Berjalan menyusuri pantai ini, pengunjung akan melihat karakteristik yang berbeda di beberapa tempat. Di sisi barat, karakter pasirnya putih dan halus saat disentuh. Berbeda jika Anda berkendara di sepanjang bagian tengah dan timur yang lebih banyak kerikil. Karakter yang berbeda ini menjadi daya tarik karena pengunjung memiliki tempat yang sangat berbeda meskipun masih dalam satu kawasan.

Karakteristik yang berbeda juga didukung oleh pantai yang bersih. Tidak ada sampah yang dibuang sembarangan. Karena itu, pemandangannya juga lebih indah. Kebersihan di kawasan pantai ini membuat pengunjung merasa lebih nyaman dan ingin kembali lagi. Saat menjelajahi area untuk mencari lokasi lain, pengunjung tidak akan terganggu oleh sampah di area tersebut.

4. Matahari terbenam

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai BotutonuoSumber Gambar: Google Maps Abi Lokeen

Pagi hari bukan hanya waktu terbaik untuk datang ke Pantai Botutonuo. Sore hari juga menjadi waktu yang dikejar banyak pengunjung. Hal ini dikarenakan Pantai Bututonuo memiliki pemandangan matahari terbenam yang sangat bagus. Sunset adalah waktu yang tepat untuk mencari background foto. Jika Anda menemukan tempat yang tepat, Anda juga bisa mendapatkan foto siluet yang bagus.

5. Dermaga

Di satu titik di hamparan pantai ini, sebuah dermaga panjang menjorok ke laut. Dermaga ini merupakan tempat yang banyak dikunjungi pengunjung sebagai daya tarik. Beberapa anak menggunakannya sebagai tempat untuk turun ke laut dan berenang, yang lain hanya menggunakannya untuk spot foto dengan latar belakang laut pada jarak yang lebih dekat.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket

Alamat Pantai BotutonuoSumber Gambar: Google Maps Muthia Hiola

Pantai Botutonuo terletak di Jl. Trans Sulawesi, Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Jaraknya sekitar 17 kilometer dari pusat Kota Gorontalo. Jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda hanya membutuhkan waktu 35 menit perjalanan. Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi karena jalannya cukup bagus dan beraspal.

Jalan yang akan dilalui cukup berliku dan karena letaknya yang berada di lembah maka berada di sisi tebing. Namun, perjalanan ini akan menyenangkan karena Anda bisa melihat Pantai Leato dari jauh. Sedangkan hanya ada satu jalur yang perlu dilalui.

Dari Kota Gorontalo, tepatnya Bundaran Tugu Saronde, ambil arah kanan. Kemudian belok kiri ke Jl. Jalaluddin Tantu. Kemudian ambil arah kanan lagi menuju Jl. Mayor Dullah kemudian pergi ke Jl. Laksamana Martadinata dan masuk ke Jl. Trans Sulawesi ke lokasi. Sudah ada tanda-tanda yang akan memudahkan Anda.

Pantai Botutonuo adalah tempat wisata yang murah. Karena masih dikelola secara mandiri oleh masyarakat sekitar, tiket masuknya juga tidak mahal. Anda hanya perlu membayar Rp 5.000. Tiket ini diambil dari warga saat memasuki area pantai.

Aktivitas seru di Pantai Botutunuo

Aktivitas menyenangkan di Pantai BotutonuoSumber Gambar: Google Maps Muthia Hiola

Pantai Botutunuo adalah tempat yang menyenangkan untuk berlibur. Ini juga karena banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di area ini. Sebagai contoh, beberapa kegiatan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Fitur air

Karena ombaknya yang tenang, pantai yang indah ini menjadi tempat yang aman untuk bermain atau berenang di perairan yang dangkal. Banyak juga anak-anak yang terjun tanpa takut tersapu ombak. Bahkan, ini adalah aktivitas yang paling umum. Selain itu, air lautnya sangat segar dan bebas dari sampah.

2. Perjalanan dengan kapal

Di kawasan ini Anda bisa melakukan perjalanan dengan perahu. Penyewaan perahu tersedia sehingga Anda dapat melihat keindahan tengah laut di atas perahu. Terkadang Anda juga akan ditemani oleh musik untuk membuat perjalanan di laut lebih menyenangkan.

3. Nikmati pemandangannya

Anda bisa berjalan-jalan di Pantai Botutonuo sambil menikmati pemandangan. Akan ada banyak tempat menarik yang akan Anda temukan. Dengan angin sepoi-sepoi dan ombak yang memecah Anda dapat bersantai di pemandangan alam yang indah.

Akomodasi murah di sekitar pantai Lokasi

Akomodasi murah di sekitar pantai LokasiSumber Gambar: Google Maps Abdurrahim Djula

1. Akomodasi di Pantai Botutonuo

Akomodasi tersedia di kawasan pantai sehingga Anda tidak perlu jauh-jauh mencari tempat menginap jika ingin bermalam. Harga sewa per malamnya juga sangat murah, namun dengan kamar yang nyaman dan fasilitas yang memadai. Hanya dengan membayar Rp 150.000 kamu bisa liburan lebih lama di kawasan pantai ini.

resor pantai abad ke-2

Penginapan ini terletak di kawasan Kota Gorontalo, Bumbo Raya. Tidak hanya menawarkan akomodasi yang cukup nyaman dan fasilitas yang lengkap, penginapan ini juga menawarkan pemandangan sunset dan pantai. Penginapan ini juga ramah anak, jadi bagi anda yang berlibur bersama keluarga bisa bermalam di Century Beach Resort.

3. RedDoorz Syariah

Penginapan ini terletak di kawasan Kota Gorontalo, Heledula. Penginapan ini cukup terjangkau dengan kamar yang nyaman dan fasilitas yang masuk akal. Fasilitas yang Anda dapatkan berupa AC, WiFi gratis dan resepsionis 24 jam. Berjarak sekitar 13 kilometer dari bibir pantai, penginapan ini bisa menjadi rekomendasi untuk Anda menginap.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Botutonuo Gorontalo

Fasilitas Pantai Botutonuo GorontaloKredit foto: Google Maps Flo Jusung

Pantai indah ini sudah memiliki investasi finansial yang cukup. Jika Anda tidak membawa tikar untuk duduk dan bersantai, ada gazebo-gazebo di pinggir pantai yang bisa disewa. Di gazebo Anda bisa duduk dan menikmati pemandangan laut yang indah.

Ada juga kamar mandi dan toilet. Fasilitas ini tentu sangat dibutuhkan oleh para pengunjung. Selain itu, pantai ini memiliki ombak yang bersahabat untuk berenang, sehingga membutuhkan tempat untuk berbenah dan berganti pakaian.

Jika tidak membawa bekal, ada juga warung makan yang menyajikan makanan khas Gorontalo. Dengan harga yang cukup murah, Anda sudah bisa menikmati makanan lezat dan mengenyangkan perut.

Pantai Botutonuo kini menjadi destinasi wisata bahari yang menarik di Bone Bolango, Gorontalo. Di musim liburan, wisata pantai ini pasti akan dipenuhi pengunjung. Pantai ini dikelola secara mandiri oleh warga sekitar dan sudah memiliki fasilitas yang memadai. Namun banyak pengunjung yang mengharapkan pemerintah menambah fasilitas dan fasilitas tepi pantai yang memiliki potensi wisata.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button