Berita Wisata

Sejarah, lokasi dan harga tiket

Bosan dengan pantai dan klub di Bali? Mengunjungi salah satu air terjun mungkin bisa menjadi pilihan yang menyenangkan untuk Anda, salah satunya adalah air terjun Blangsinga. Air terjun ini memiliki keindahan dan cerita menarik di baliknya. Ingin tahu lebih banyak tentang air terjun Blangsinga? Lihat artikel ini!

Sejarah Air Terjun Blangsinga

Air Terjun Blangsinga adalah salah satu air terjun yang terletak di Gianyar, Bali. Mengutip situs biro perjalanan, air terjun ini juga memiliki nama lain, yaitu Tegenungan. Air Terjun Blangsinga dapat dikunjungi melalui dua jalur akses yang berbeda, pertama dari sisi barat Banjar Tegenungan, desa Kemenuh, yang kedua dari sisi timur Banjar Blangsinga, desa Saba.

Air terjun ini dikelilingi oleh sosok alam yang hijau dan cocok sebagai objek untuk berfoto dengan latar belakang air terjun setinggi 15 meter. Anda juga bisa menemukan tumpukan batu yang menjadi salah satu keistimewaan air terjun Blangsinga.

Konon Sungai Petanu yang merupakan satu-satunya sumber air yang mengalirkan Air Terjun Blangsinga ini menjadi tempat pemandian Patih Kebo Iwa, seorang panglima militer pada masa pemerintahan Prabu Sri Astasura Ratna Bumi Banten pada abad ke-14. di tebing di sepanjang sungai.

Apalagi Sungai Petanu pernah menjadi akses bagi Danghyang Nirartha dalam penyebaran agama Hindu. Hipotesis ini dapat dilihat dari banyaknya bukti penyebaran agama Hindu di dinding sungai. Selain itu, ada pertapaan Danghyang Nirartha, yaitu Pura Musen.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Blangsinga

Air terjun Blangsinga terletak di Banjar Blangsinga, Desa Saba, Blahbatuh, satu wilayah dengan Kabupaten Gianyar. Cara terbaik untuk sampai ke air terjun ini adalah dengan mobil. Dari kota Denpasar, Anda akan menempuh perjalanan selama 46 menit atau 22,2 km melalui Jl. Prof. Dr.Ida Bagus Mantra. Berikut rute selanjutnya:

  • Ambil Gang 1 ke Jalan Diponegoro.
  • Kemudian ambil Jalan WR Supratman dan Jalan Prof Dr. Ida Bagus Mantra menuju ke Jalan Pantai Purnama di Sukawati.
  • Tetap di Jalan Pantai Purnama, lalu ambil Jalan Raya Dewa Saba dan Jalan Pantai Saba ke Jalan Raya Blangsinga di Saba.

Fasilitas dan atraksi air terjun Blangsinga

Selain keindahan air terjun yang diusulkan, Air Terjun Blangsinga juga menawarkan sejumlah fasilitas dan memberikan daya tarik yang dapat membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat tersebut. Fasilitas dan atraksi yang dimiliki akan dijelaskan pada poin-poin berikut:

Meredakan

  1. Restoran
  2. Tempat relaksasi
  3. Kamar Pas
  4. Toilet
  5. Jalur
  6. Tempat parkir
  7. tempat kenangan

Daya tarik

  1. Disediakan gazebo di sepanjang rute sebagai tempat bersantai, beristirahat dan mengamati keindahan Air Terjun Blangsinga dari kejauhan di atas tebing sungai.
  2. Air terjun Blangsinga yang cocok sebagai spot foto remote.
  3. Tersedianya jalur langsung ke dasar air terjun memudahkan pengunjung untuk mengakses lokasinya.
  4. Air jernih.
  5. Uap air beterbangan dan secara alami menambah keindahan tebing berbatu.

Jam buka dan harga tiket masuk Air Terjun Blangsinga

Air Terjun Blangsinga dapat dikunjungi mulai pukul 06:30 hingga 18:00 WITA dengan biaya masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Pengunjung juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 hingga Rp 5.000.

Untuk sepeda motor Rp 2.000, sedangkan untuk mobil Rp 5.000.

Tempat Wisata Dekat Air Terjun Blangsinga

Selain menikmati Air Terjun Blangsinga dan berbagai fasilitasnya, Anda juga dapat mengunjungi tempat wisata lain di dekat Air Terjun Blangsinga. Berbagai tempat wisata yang bisa dikunjungi antara lain:

  1. Air Terjun Tegenungan (11 menit berkendara dari Air Terjun Blangsinga)
  2. Lapangan Outbound Krisna (3 menit dari Air Terjun Blangsinga)
  3. Taman Kupu-Kupu Kemenuh (9 menit dari Air Terjun Blangsinga)

Kawasan air terjun Blangsinga

Mengutip situs biro perjalanan, luas air terjun Blangsinga mencapai 15 meter. Namun debit airnya cukup besar sehingga gemuruh air dari Sungai Petanu bisa terdengar bahkan dari jauh.

Demikian informasi mengenai Air Terjun Blangsinga mulai dari sejarah singkat, lokasi, harga tiket, rute, fasilitas dan atraksi yang ditawarkannya. Air Terjun Blangsinga dipercaya sebagai tempat pemandian seorang panglima militer bernama Patih Kebo Iwa menjadi akses bagi Danghyang Nirartha untuk menyebarkan agama Hindu.

Sejumlah fasilitas yang dimilikinya adalah restoran, tempat bersantai, ruang ganti, toilet, tempat souvenir.

Tonton video “Sensasi Makan Raos Pisaan Euy, Dapur Istana Cimahi”
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button