Tempat Wisata

Sumber Maron Malang, pemandian alam dengan wahana seru

Sumber Maron adalah pariwisata pemandian Favorit di Malang. keajaiban air Air terjun mini, pepohonan hijau dan berbagai wahana menarik, mulai dari arung jeram hingga Sungai Berak.

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Kec. Pertunjukan, Kab.Malang, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Sumber Maron merupakan destinasi wisata di Malang yang memiliki mata air dengan air terjun kecil yang menghiasinya. Tempat ini berada di tengah desa dan masih memiliki suasana yang menyenangkan. Dikelilingi oleh persawahan dan rumah penduduk, air ini menjadi sumber air utama bagi warga sekitar untuk mengairi sawah dan lain-lain.

Dulu, pemandian ini hanya sebagai tempat peristirahatan warga setelah selesai bekerja atau sebagai lahan untuk bercocok tanam Kangkung. Namun, setelah beberapa pihak mengenali potensi wisata di sana, perairan ini berkembang menjadi destinasi liburan seperti sekarang. Sumber mata air yang jernih dan pemandangan persawahan yang indah menjadi salah satu daya tarik Sumber Maron.

Hal menarik yang tersedia di sini bukan hanya pemandiannya saja, ada pemandangan persawahan yang memanjakan mata serta berbagai fasilitas yang bisa Anda nikmati selama berada di sini. Wisata ini sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara, sehingga tempat ini selalu ramai dikunjungi pengunjung.

Tempat Wisata Sumber Maron Malang

Atraksi Maron SourceKredit foto: Google Maps Mia Mia

Pemandian ini merupakan salah satu destinasi wisata alam di Malang. Wisata berenang yang terletak di tengah desa ini menawarkan suasana pedesaan yang alami dan asri serta pemandangan hijau yang memanjakan mata. Hal ini menjadikan destinasi ini sebagai rekomendasi bagi para wisatawan dan traveller yang pernah mengunjunginya.

1. Musim semi yang jernih dan sejuk

Pemandian yang pernah menjadi sumber utama air bagi warga Desa Karangsuko ini memiliki air yang jernih sehingga Anda bisa melihat dasar sungai. Anda akan mendapatkan perasaan sejuk dan segar saat berenang di tempat ini. Di sini Anda juga bisa membuat booth foto bawah air, tempat Anda berfoto di bawah air.

Selain itu, ada juga air terjun kecil dengan kemiringan 60 derajat yang menghiasi Sumber Maron dan menjadi daya tarik tersendiri setelah perairannya. Dengan ketinggian kurang lebih 5 meter Anda juga bisa menaiki air terjun dan berdiri di atasnya. Aliran di sini tergantung pada jumlah curah hujan, semakin banyak hujan, semakin besar alirannya.

2. Ikuti wisata edukasi

Populer di kalangan wisatawan, mata air di Malang ini tidak hanya dikenal dengan wisata renangnya, tetapi juga menawarkan wisata edukasi. Pengetahuan yang tersedia di sini berkaitan dengan keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro atau PLTMH.

Pembangkit listrik tenaga air ini menggunakan aliran air terjun mini dan telah berhasil menerangi 4 desa terdekat secara bersamaan. Pencapaian ini tentunya membuat tempat wisata ini memiliki pengunjung tetap dari kalangan mahasiswa praktisi atau mahasiswa yang ingin mempelajarinya lebih jauh.

3. Pedesaan sekitarnya yang indah

Sawah dan pepohonan hijau akan menyambut Anda begitu tiba di tempat ini. Sumber Maron sendiri berada di tengah perkampungan, sehingga suasana ketenangan dan kedamaian sangat erat kaitannya dengannya. Pada hari kerja atau saat pengunjung sepi, Anda bisa menggunakan ketenangan itu untuk media penyembuhan diri.

Alamat dan rute menuju lokasi mata air Maron

Alamat sumber MaronKredit foto: Google Maps Vivid Vitrotis

Tidak hanya menawarkan suasana pedesaan Dusun Adiluwih, Desa Karangsuko, fasilitas yang cukup lengkap untuk menikmati liburan yang nyaman. Mata air ini terletak di Kecamatan Pagelaran, Malang, Jawa Timur. Anda bisa mengunjungi wisata Sumber Maron sebagai pelipur lara dari kejenuhan atau sekedar rehat sejenak dari penatnya pekerjaan.

Anda dapat mencapai pemandian ini dari jalur mana pun. Kondisi jalan baik dan aman untuk dilalui. Jika Anda memulai perjalanan dari Kota Malang, Anda akan menempuh jarak kurang lebih 27,8 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit.

Jika Anda mengambil arah tenggara menuju Jalan JA Suprapto, Anda perlu berkendara sejauh 500 meter melalui Jalan WR Supratman. Setelah itu, dengan indikasi supermarket di sebelah kanan, Anda perlu mengambil jalur 3 di bundaran sana dan terus ke Jalan Gatot Subroto.

Jalan Laksamana Martadinata juga merupakan rute yang akan Anda lewati, tentunya setelah itu Anda terus melewati Jalan Kolonel Sugiono dengan skala supermarket di sisi kiri jalan yang berjarak 400 meter di bawah jalan. Lanjutkan menuju Adi Mulya dan Jalan Raya Bulu.

Setelah itu, Anda tinggal menuju Krebet Senggrong, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Raya Sukonolo. Dari semua rute ini Anda harus melewati tiga jalur lagi sampai Anda mencapai tujuan Anda. Rutenya adalah Jalan Raya Bulupitu sejauh 600 meter, lurus ke Jalan Pahlawan lalu belok kiri ke Jalan Nasional III.

Dibutuhkan beberapa menit untuk mencapai Jalan Sumber Maron di Dusun Adiluwih, Kecamatan Pagelaran, Malang. Selama kurang lebih 1 jam perjalanan, jalur yang dilalui cukup mulus dan nyaman, memungkinkan Anda untuk menikmati perjalanan waktu.

Selain itu, ada juga rute umum wisatawan yang ingin datang ke sini. Rute ini terkenal mudah dan cukup mudah untuk dilalui. Jika Anda berangkat dari Stasiun Kanjuruhan, Anda cukup langsung menuju Jalan Nasional III. Belok kanan sedikit, masih di jalan yang sama dan terus lurus, Anda akan menemukan Sumber Maron di Dusun Adiluwih.

Perjalanannya tidak memakan waktu lama, hanya 8 menit menempuh jarak 4,5 kilometer dari stasiun kereta api menuju wisata pemandian mata air. Dengan jalan yang lurus dan mulus, wisatawan yang melewati jalur ini tidak perlu khawatir tersesat.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Sumber Maron

Sumber harga tiket MaronSumber gambar: Google Maps Ninot

Ada beberapa biaya yang dikenakan untuk fasilitas yang tersedia di sini. Selain tiket masuk yang hanya Rp 5000 per orang, Anda akan disuguhi berbagai fasilitas untuk melengkapi waktu liburan Anda.

Biaya parkir harus dibayar di pintu masuk area pemandian. Anda hanya perlu membayar Rp 3000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk kendaraan penumpang. Jam buka tempat ini adalah dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore waktu Indonesia Barat. Dengan cara ini Anda akan memiliki waktu untuk menyaksikan matahari terbenam di tempat ini.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Sumber Maron

Kegiatan Sumber MaronKredit foto: Google Maps Agung Cs27

1. Berenang

Seperti diketahui, wisatawan berkunjung ke sini karena mata air di sini terkenal jernih, segar dan digunakan untuk berenang. Anda akan merasakan hawa dingin begitu air menyentuh permukaan kulit. Karena suhu air tetap sejuk, tempat ini direkomendasikan sebagai tempat berenang yang cocok di cuaca panas.

Sambil berenang di sini Anda juga bisa menyelam bersama ikan-ikan. Airnya yang jernih memudahkan Anda melihat dasar sungai. Sungai di bawah air terjun ini juga memiliki kedalaman yang lumayan sehingga Anda harus berhati-hati. Semakin dekat ke pusat, semakin dalam dasar sungai hingga mencapai 2 meter.

Di lokasi ini disediakan fasilitas tambahan seperti. B. Selang untuk anak-anak dan pengunjung yang tidak bisa berenang. Harga sewanya juga tidak terlalu mahal, mulai dari Rp 3000 untuk ban kecil dan Rp 5000 untuk ban sedang.

2. Bilik foto bawah air

Mengabadikan momen liburan sudah menjadi kegiatan wajib bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke Sumber Maron. Apalagi dengan pesonanya yang serba hijau, pemandangan ini sangat cocok untuk diabadikan dalam sebuah foto.

Airnya yang jernih juga memiliki daya tarik tersendiri. Banyak pengunjung yang berlomba-lomba untuk berfoto saat berada di dalam air. Berbagai pose unik dan menarik dipamerkan para pengunjung saat berfoto. Dengan background image yang indah akan meningkatkan minat wisatawan untuk berlibur di wisata alam yang indah ini.

3. Jelajahi sungai dengan river tubing

River tubing sendiri merupakan kegiatan menyusuri sungai dengan menggunakan ban karet. Pengunjung akan menaiki rintangan dan mengikuti arus sambil merenungkan pemandangan di sekitarnya. Panjang aliran river tubing yang disediakan pengelola sekitar 500 meter.

Biasanya pengunjung ditemani bergandengan tangan dan tentunya oleh penjaga yang berjaga di tepi sungai dan di spot-spot tertentu untuk berjaga-jaga jika ada pengunjung yang tenggelam atau ban bocor.

Di Sumber Maron, Anda bisa leluasa menikmati fasilitas ini. Sewa ban untuk kegiatan ini adalah Rp 10.000. Dengan biaya yang murah, Anda sudah bisa merasakan aktivitas river tubing di pemandian mata air tersebut.

4. Menyeberang dengan Flying Fox

Wahana yang satu ini paling banyak dicari oleh pengunjung. Hanya dengan membayar Rp 3000 Anda dapat menggunakan fasilitas flying fox yang akan memandu Anda melewati persawahan dan sungai. Wisata ini memang sedikit menantang dan banyak orang yang ingin mencobanya. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir jatuh karena peralatan dan perlengkapan keselamatan sangat lengkap di sini.

5. Senang diperlakukan oleh ikan

Nama lainnya adalah ichthyotherapy, terapi khusus di mana bagian tubuh direndam dalam air yang berisi ikan-ikan kecil. Ikan ini kemudian memakan kotoran atau sel kulit mati dari anggota tubuhnya.

Berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan beberapa penyakit, terapi ini juga digunakan sebagai agen penghalus kulit. Anda akan menemukan tempat seperti ini di perairan ini. Dengan banyaknya pengunjung yang datang ke sini, banyak juga yang tertarik untuk disuguhi ikan warna-warni ini.

6. Menikmati senja

Waktu tutup tempat ini adalah pukul 6 sore. Anda dapat melihat matahari terbenam dengan sedikit ukiran oranye di langit. Selain itu, hamparan hijau dan pepohonan yang asri memberikan kesan nostalgia. Kesan yang membuat Anda ingin kembali mengunjungi tempat ini.

Fasilitas yang tersedia di Sumber Maron Malang

Tanaman musim semi MaronSumber gambar: Google Maps Heru Raharja

Di musim semi, lokasi wisata pemandian ini, penawarannya lengkap. Mulai dari fasilitas umum seperti toilet, mushola dan resto. Ada juga banyak tempat di mana Anda bisa beristirahat sejenak setelah berenang.

Beberapa fasilitas berbayar seperti flying fox dan river tubing digunakan untuk memastikan kesan menyenangkan saat berlibur di objek wisata alam populer ini.

Sumber Maron merupakan salah satu tempat wisata di Malang dengan air terjun kecil yang menyediakan tenaga utama untuk pembangkit listrik tenaga air di sana. Wisata ini menawarkan perasaan berenang di tengah suasana pedesaan yang tenang dan asri. Sawah yang mengelilingi sungai ini seakan menambah nilai pemandangan indah yang cocok untuk dinikmati.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button