Berita Wisata

Destinasi Wisata Terpopuler Gunung Bromo

Wisata Gunung Bromo (Foto: canva)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar – Bromo adalah nama sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Probolinggo di Jawa Timur. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang terkenal di Indonesia. Menurut sejarah, Gunung Bromo terbentuk dari letusan dahsyat Gunung Tengger yang membentuk kaldera dengan diameter lebih dari 8 kilometer.

Objek wisata Bromo selalu menarik wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Bromo menawarkan keeksotisan yang tidak bisa didapatkan di tempat lain di Indonesia. Setiap harinya, ratusan wisatawan lokal maupun mancanegara berduyun-duyun menikmati keindahan alam Bromo.

1. Kawah Gunung Bromo

Kawah Gunung Bromo adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Untuk mencapai kawah Gunung Bromo, Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 2 km dari tempat parkir. Anda juga bisa menyewa dan menunggangi kuda untuk sampai ke kawah gunung ini.

2. Padang rumput sabana

Savannah Bromo terletak di sebelah tenggara gunung. Padang rumput ini terletak di lembah hijau yang dikelilingi tebing tinggi dan beberapa punggung gunung kecil.

Padang rumput sabana bromo yang sangat luas sangat menakjubkan dan mengejutkan karena cara untuk mencapai sabana adalah lautan pasir yang tandus, namun ketika anda memasuki padang rumput tersebut anda akan disuguhi pemandangan yang benar-benar hijau.

3. Pasir Berbisik

Foto: Pasir Berbisik (kanvas)

Sebelum mencapai kawah, Anda akan disambut dengan pemandangan hamparan pasir yang luas. Hamparan pasir ini disebut Pasir Berbisik. Areanya yang cukup luas memudahkan pengunjung untuk mengambil spot terbaik untuk selfie.

4. Naik Bromo Teletubbies

Bukit Teletubbies menjadi salah satu tempat favorit banyak wisatawan untuk jalan-jalan menikmati pemandangan sambil berfoto.

Gunung Bromo Teletubbies benar-benar menawarkan pemandangan Gunung Bromo yang indah dengan deretan perbukitan hijau, dan kawasan perbukitan ini juga kebetulan menjadi spot foto terbaik. Bukit Teletubbies dipenuhi dengan rerumputan hijau yang sangat asri dan terawat.

5. Pura Luhur Poten

Foto: Pura Luhur Poten (kanvas)

Pura di sini merupakan tempat peribadatan bagi warga sekitar yang menganut agama Hindu.

Saat perayaan Nyepi tiba, kawasan ini selalu ramai dikunjungi warga sekitar yang ingin beribadah. Biasanya kawasan Taman Nasional Bromo Tengger juga ditutup untuk kenyamanan warga yang ingin beribadah di pura ini.

6. B 29 Argosari

Tempat ini merupakan puncak tertinggi di kawasan wisata Gunung Bromo, lebih tinggi dari pendakian 1.

Udara yang dingin dengan pemandangan yang sangat indah dan hamparan tanaman khas dataran tinggi membuat kawasan wisata ini sangat sayang untuk dilewatkan. Lokasi B 29 Argosari berada di Desa Argosari, Kec. Senduro, sekitar 40 km dari kota Lumajang. Untuk menuju B 29 ini, akses termudah adalah melalui Senduro Lumajang jalur selatan.

7. Bukit Mentigen

Foto: Bukit Mentigen (kanvas)

Selain Penanjakan 1 dan Penanjakan 2, alternatif ketiga untuk melihat sunrise adalah dari Bukit Mentigen. Di sini, pengunjung cukup berjalan kaki dari zona hostel atau hotel di kawasan Cemara Lawang menuju Probolinggo.

Meski tidak terlalu tinggi, Bukit Mentingen mungkin bisa menjadi alternatif terbaik jika Anda berkunjung ke Bromo dengan model backpacker, jangan membawa kendaraan sendiri, baik roda 4 maupun roda 2.

8. Bukit Kingkong

Bukit Kingkong menjadi salah satu tempat yang sering digunakan untuk mengagumi keindahan matahari terbit di Bromo. Tempatnya tidak jauh dari Penanjakan 1, jaraknya sekitar 2,5 km. Meskipun merupakan alternatif untuk melihat matahari terbit, tempat ini sangat populer di kalangan wisatawan. Jadi untuk bisa melihat keindahan matahari terbit, Anda harus siap berdesak-desakan dengan wisatawan lain yang sama-sama ingin menyaksikannya dari bukit itu.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button