Tempat Wisata

Ledok Sambi, destinasi liburan keluarga populer dengan alam di Sleman

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 09.00-16.30 WIB, Alamat: J L. Kaliurang No. 2, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kab.Sleman, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Ledok Sambi merupakan tempat wisata dengan alam pedesaan yang sangat unik. Tempat wisata ini juga dekat dengan Gunung Merapi. Berwisata ke tempat ini, semua pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah dan mempesona. Jadi Anda akan merasa seperti di rumah untuk menghabiskan waktu lebih lama di sana.

Tentunya tempat wisata alam ini sangat cocok bagi Anda yang sering memadukan aktivitas sehari-hari dengan hiruk pikuk kota. Lebih asyik lagi jika Anda mengajak keluarga dan teman-teman Anda untuk berlibur bersama. Keindahan alam wisata tersebut mendorong pemerintah untuk menjadikannya sebagai destinasi wisata utama di Sleman.

Jadi tentu sayang sekali jika belum pernah merasa ingin berwisata ke sana. Ciptakan pengalaman indah dan tak terlupakan dengan mengunjungi wisata alam ini. Untuk menjawab semua rasa penasaran Anda tentang destinasi wisata yang satu ini, berikut beberapa hal yang berkaitan dengan Ledok Sambi.

Daya Tarik Wisata Ledok Sambi

Daya tarik Ledok SambiKredit foto: Instagram Meita Purnamasari

1. Panorama desa

Pemandangan desa dengan keindahan alamnya yang asri, sejuk dan nyaman menjadi salah satu keunikan yang mampu menarik banyak wisatawan untuk datang ke Ledok Sambi. Wisatawan dapat menikmati keindahan panorama desa dengan jalan-jalan keliling desa atau dipandu oleh pemandu wisata.

Tujuannya agar kamu tidak tersesat dan benar-benar mendapatkan panorama yang kamu inginkan. Pelacakan rute juga dapat dilakukan dengan menyesuaikan permintaan dari wisatawan itu sendiri. Tentu saja rasa lelah Anda akan terlupa saat tracking, karena panorama desa sudah menghipnotis Anda.

2. Pertanian

Ada area pertanian yang luas di desa wisata Sambi. Menariknya, wisatawan dapat mempraktekkan berbagai kegiatan secara langsung, seperti; Seperti belajar menanam jamur, membajak sawah, menanam padi dan lainnya. Nantinya, masyarakat sekitar akan dengan sepenuh hati mengajari Anda tentang bertani.

3. Peternakan

Objek wisata yang dimiliki oleh Ledok SambiKredit foto: Google Maps Achmad Syaiful

Peternakan di Wisata Alam Ledok Sambi adalah peternakan sapi perah. Semua wisatawan dapat melakukan latihan praktis dan belajar cara memerah susu sapi dengan cara tradisional. Wisatawan juga bisa mengetahui cara memelihara sapi perah yang benar.

4. Budaya

Masyarakat setempat selalu melestarikan nilai-nilai adat atau budaya yang dilakukan selama puluhan ribu bahkan ribuan tahun. Budaya masyarakat yang tinggal di desa wisata Ledok Sambi sangat beragam. Budaya tersebut antara lain Ruwahan, Sadranan, Fest dan sebagainya.

Salah satu budaya yang bisa diikuti oleh wisatawan yang datang ke desa ini adalah Sadranan. Sadranan sendiri biasanya diadakan setiap tanggal 21 Syaban. rumah joglo. Hal ini dapat dijadikan sebagai kesempatan unik bagi Anda yang ingin menambah pengetahuan tentang budaya di Indonesia khususnya Yogyakarta.

Ada rumah Joglo yang sudah cukup tua karena sudah ada sejak tahun 1952. Menariknya, rumah Joglo ini masih sangat asli karena belum pernah direnovasi atau direnovasi. Meskipun demikian, kekokohan bangunan rumah joglo masih cukup baik.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Ledok SambiKredit foto: Google Maps Dwimart-Ono

Alamat lengkap Ledok Sambi terletak di Jalan Kaliurang Km 19.2, Dusun Sambi, Desa Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, Provinsi Jawa Tengah. Karena lokasi desa ini tidak sulit ditemukan, maka tidak heran jika jalur yang dilalui tidak banyak kendala.

Jika keluar dari Universitas Gajah Mada (UGM), bisa lurus ke utara dengan melewati Jl Kaliurang hingga Km 19.2. Bagi Anda yang datang dengan kendaraan umum, Anda dapat mengambil jalur angkutan Sambi yang dimulai dari bundaran Universitas Gajah Mada (UGM).

Anda bisa naik angkutan umum jurusan Yogyakarta – Kaliurang. Jika Anda masih belum sampai di tempat tersebut, Anda bisa bertanya kepada warga yang ada di sana. Tentunya masyarakat sekitar akan dengan senang hati menunjukkan cara yang tepat menuju wisata Ledok Sambi. Selain itu, akan lebih baik lagi jika Anda membuka peta navigasi di smartphone Anda sebagai panduan perjalanan.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket masuk Ledok SambiKredit foto: Instagram researchta

Untuk masuk ke destinasi wisata alam ini, setiap wisatawan tidak dikenakan tiket masuk atau biaya permainan yang disebut juga gratis. Namun, pengelola wisata di sana menawarkan kesempatan bagi wisatawan yang tulus ingin membalas dendam. Selain itu, wisatawan dapat menikmati keindahan suasana tempat tersebut tanpa biaya tambahan.

Bahkan, tiket tersebut nantinya bisa digunakan untuk meminjam jaket pelampung untuk balita. Tentunya ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berhemat saat bepergian. Namun, ada beberapa kegiatan yang tarifnya akan ditentukan kemudian.

Tur ini terbuka untuk umum dari pukul 9 pagi hingga 5 sore setiap hari. Jika ingin menikmati sepenuhnya tempat wisata ini, Anda bisa datang di hari biasa. Pasalnya, Ledok Sambi akan ramai dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar negeri saat musim liburan dan akhir pekan.

Hal menarik yang dapat dilakukan di Ledok Sambi

Kegiatan menarik Ledok SambiKredit foto: Instagram Ledok Sambi Ecoplayground

1. Berkemah

Wisata ini menawarkan berbagai macam aktivitas menarik untuk menikmati panorama secara utuh. Nah, salah satu aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan adalah camping. Tidak perlu membawa perlengkapan camping dari rumah. Pasalnya, di desa ini semua peralatan untuk berkemah sudah tersedia.

Jika kurang nyaman dengan camping, Anda tetap bisa menginap di desa ini dengan memilih homestay atau penginapan. Akomodasi yang tersedia berupa villa dan guest house sangat cocok bagi Anda yang menginginkan privasi. Jika ingin lebih dekat dengan masyarakat sekitar, bisa langsung mencoba homestay.

2. Keluar

Lahan di Ledok Sambi yang cukup luas cocok untuk arena outbond. Beberapa instalasi game memang sengaja dipasang di titik-titik tertentu. Untuk pemasangannya sendiri, kebanyakan juga menggunakan kondisi alam desa. Misalnya sawah, perkebunan, sungai dan kolam ikan bisa dijadikan tempat bermain yang asyik dan menarik.

3. Lihat seni pertunjukan

Desa ini memiliki berbagai kesenian rakyat yang sangat menarik. Masyarakat setempat juga selalu melestarikan berbagai kesenian warisan nenek moyang mereka. Kesenian yang ada di sana antara lain uyon-uyon, Karawitan Jawa, Wayang Kulit dan masih banyak lainnya.

Wisatawan tidak hanya memiliki kesempatan untuk melihat pertunjukan seni, tetapi juga kesempatan untuk mempelajari seni. Di sana, pelatihan seni dilakukan dalam beberapa kelompok. Kesempatan ini juga dapat digunakan untuk menggali potensi seni Anda.

4. Rubah terbang

Permainan flying fox merupakan aktivitas menarik yang wajib dicoba bagi wisatawan yang ingin menantang adrenalinnya. Rusa flying fox yang bisa ditemui di tempat wisata Ledok Sambi ini memiliki lintasan hingga 280 meter panjangnya sendiri. Perjalanan panjang ini akan lebih menantang karena Anda juga akan melintasi Kali Kuning.

Tentu saja, Anda bisa merasakan sensasi luar biasa hanya dengan meluncur dengan tali sambil menyeberangi sungai yang sangat jernih. Anda tidak perlu khawatir karena game yang satu ini hadir dengan perlengkapan keselamatan dan perlindungan diri yang baik.

5. Kayak

Hal menarik yang bisa dilakukan di Ledok SambiKredit foto: Instagram Ismail

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa dipraktikkan di sana adalah kayak. Ada juga beberapa kolam yang dijadikan arena bermain yang seru. Satu hal yang bisa dicoba wisatawan adalah kayak. Anda akan diajak untuk cepat beradu kayak dan bersaing dengan wisatawan lain.

6. River tubing dan paintball

Jika Anda mencari aktivitas yang lebih menantang, jangan lewatkan river tubing. Wisatawan yang memainkan permainan ini akan diberikan perlengkapan keselamatan berupa jaket pelampung, jaket pelampung, dan helm. Anda akan meluncur mengikuti arus sungai yang cukup deras.

Oleh karena itu, Anda harus selalu berhati-hati karena ada batu besar di jalan. Game menantang yang bisa dicoba bersama di sana adalah paintball. Di area yang luas, wisatawan memiliki kesempatan untuk merasakan perasaan perang. Namun senjata yang digunakan adalah paintball yang tentunya tidak berbahaya.

7. Ambil foto Ria

Ambil foto untuk meninggalkan kenangan selama liburan di Ledok Sambi. Latar belakang alami yang masih indah dapat membuat bidikan Anda menjadi lebih baik. Oleh karena itu, jika Anda akan berlibur ke sini, jangan lupa membawa kamera atau smartphone dengan kamera yang jernih.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Ledok Sambi FasilitaSumber gambar: Google Maps Eres Ga

Fasilitas di Ledok Sambi sangat lengkap dan memadai untuk menjamin kenyamanan dan keamanan semua wisatawan. Jika Anda datang dengan kendaraan seperti mobil atau motor, tersedia tempat parkir yang cukup luas. Keamanan tempat parkir juga terjamin karena dijaga oleh petugas parkir yang terpercaya.

Fasilitas seperti kamar mandi juga tidak ketinggalan. Tentunya fasilitas tersebut merupakan hal yang paling penting untuk sebuah destinasi wisata. Kondisi kamar mandi juga sangat bersih dan rapi. Pasalnya, pemandu wisata yang ada selalu memperhatikan fasilitas sanitasi dan merawatnya dengan maksimal.

Wisatawan yang penat setelah berbagai aktivitas berat dapat beristirahat di beberapa tempat peristirahatan. Destinasi wisata ini telah menyediakan fasilitas rekreasi seperti pendopo, tempat duduk dan pendopo. Sehingga anda bisa beristirahat dengan nyaman sambil menikmati keindahan alam yang ada disana.

Ini adalah hal berbeda terkait Ledok Sambi di Yogyakarta. Isi waktu liburan Anda dengan berbagai hal seru di tempat wisata ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button