Tempat Wisata

Pantai Ungapan, Keajaiban Pantai Indah dan Eksotis di Malang

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Desa Gajahrejo, Kec. Gedangan, Kab.Malang, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Terletak di kota Malang, Pantai Ungapan merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang sangat terkenal. Memang kota ini dikenal sebagai salah satu tempat yang memiliki banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi.

Ada berbagai jenis destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi. Pantai ini sendiri merupakan salah satu wisata laut paling populer di kota ini. Banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini untuk menikmati pemandangan alam yang dihiasi perbukitan karang yang mempesona.

Jika Anda kebetulan berada di kota Malang, maka menyempatkan diri untuk mengunjungi Pantai Ungapan adalah ide yang tepat. Pantai ini sangat menawan dan eksotis. Pantai ini menawarkan banyak keindahan alam. Berikut gambaran lebih lengkap mengenai objek wisata, fasilitas, rute dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pantai ini.

Daya Tarik Pantai Ungapan

Tempat wisata pantai UngapanSumber gambar: Google Maps Andreas Matulandi

1. Panorama pantai yang indah

Keindahan yang disuguhkan oleh pantai di kota Malang ini memang luar biasa. Salah satunya dimiliki oleh Pantai Ungapan sendiri. Daya tarik utama dari pantai ini adalah panoramanya yang sangat memanjakan mata.

Anda dapat melihat pemandangan laut lepas yang sangat menakjubkan. Saat sampai di tempat tersebut Anda bisa melihat pemandangan batu karang yang menjulang begitu kokoh dan tinggi. Karang-karangnya terlihat gagah melawan deburan ombak pantai. Warna air laut yang bergradasi juga menambah keindahan.

Di tengah laut Anda juga akan menemukan dua pulau. Ada juga pemandangan bukit kecil di sini. 2 hal inilah yang membuat Pantai Ungapan memiliki panorama yang berbeda dengan pantai lainnya. Tidak jarang wisatawan dari luar negeri berkunjung ke pantai ini.

2. Pemandangan gazebo berjajar

Daya tarik selanjutnya yang juga dimiliki pantai ini adalah banyaknya paviliun yang berjejer rapi. Properti itu sengaja disediakan oleh pengelola pantai untuk menarik wisatawan berkunjung ke tempat ini.

Anda akan menemukan sebuah paviliun yang membentang dari timur ke barat. Dan jumlahnya juga cukup banyak. Paviliun ini terbuat dari kayu dan bambu.

Banyak wisatawan menggunakan gazebo untuk bersantai bersama kerabat, keluarga, teman atau pasangannya. Apalagi saat sore hari, banyak sekali orang yang berkerumun di gazebo.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai UngapanKredit Foto: Google Maps iFirdaus Albert Audrey _fir

Tentunya bagi anda yang ingin berkunjung ke Pantai Ungapan perlu mengetahui lokasi dan rute menuju pantai tersebut. Pantai ini terletak di Gedangan, Malang. Tempat ini berada di dekat Samudera Hindia yang menjadi perbatasan selatan kota Malang. Pantai ini juga berada di dekat lokasi Pantai Bajul Mati.

Dari pusat kota Malang sendiri, letak pantai ini cukup jauh yaitu sekitar 70 km. Perjalanan ke pantai dengan kendaraan pribadi dari kota Malang di Jawa Timur akan memakan waktu sekitar dua setengah jam untuk akhirnya tiba.

Meski jaraknya terbilang cukup jauh, namun karena pemandangan yang ditawarkan pantai ini begitu menakjubkan, tidak membuat wisatawan berubah pikiran. Untuk menuju Pantai Ungapan sendiri, Anda bisa memilih dua jalur yang bisa ditempuh nantinya.

Rute pertama dari pusat kota Malang ke Turen lalu ke Sumbermanjing Wetan. Jika anda menempuh jalur ini disini, maka nantinya berjalan jalur Pantai Sendang Biru terlebih dahulu, yaitu setelah Jembatan Bajul Mati.

Pilihan kota kedua yang bisa Anda ambil jika ingin menuju kawasan pantai adalah pusat Kota Malang, yang mengarah ke kawasan Kepanjen, lalu Pagak dan selanjutnya ke Bantur. Setelah melewati Bantur, berkendara melalui Balaikambang untuk sampai ke pantai.

Rute kedua ini memang jauh lebih direkomendasikan daripada rute pertama. Sebab, kondisi jalan sudah jauh lebih baik. Mengenai jam bukanya sendiri, Pantai Ungapan buka hingga 24 jam.

Karenanya, di sini Anda bebas mengunjungi tempat itu kapan pun Anda mau. Namun, Anda hanya boleh berkunjung ke sini pada sore atau pagi hari. Jika musim liburan seperti tempat wisata lainnya, wisata pantai ini akan ramai dikunjungi wisatawan.

Biaya masuk objek wisata

Tiket masuk Pantai UngapanKredit foto: Google Maps Rendro Edy Wibowo

Memutuskan untuk mengunjungi Pantai Ungapan untuk berlibur merupakan keputusan yang tepat. Hal ini dikarenakan pantai ini memiliki biaya masuk yang cukup terjangkau untuk kantong para pengunjung.

Di tempat ini, Anda hanya akan dikenakan satu tiket masuk seharga Rp 10.000 per orang. Harganya cukup murah dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Jawa Timur.

Selain membayar tiket, Anda juga akan dikenakan biaya parkir. Biaya parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp 10.000. Untuk kendaraan roda empat hanya Rp 15.000.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Ungapan

Aktivitas di Pantai UngapanKredit foto: Google Maps sna azah

1. Berenang

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan saat mengunjungi pantai adalah berenang. Meski Pantai Ungapan memiliki ombak yang besar, Anda tetap bisa berenang di tempat ini.

Agar lebih aman, sebaiknya pilih area yang berada di pinggir pantai. Jika memang ingin berenang di area yang lebih sentral, sebaiknya menunggu hingga sore hari.

Karena pada sore hari ombak laut mulai tenang dan air laut juga mulai surut. Air laut di sekitar pantai ini terkenal sangat segar untuk berenang. Apalagi jika Anda berenang di sore hari.

2. Berkemah

Kegiatan menarik selanjutnya yang juga sangat memungkinkan bagi Anda adalah berkemah. Pantai ini sangat terkenal dengan aktivitas ini. Anda akan menemukan kata-kata Perkemahan Pantai Ungapan ketika Anda berada di pintu masuk. Oleh karena itu, banyak orang atau wisatawan yang datang ke pantai ini untuk berkemah.

Berkemah di tepi pantai tentu akan terasa berbeda saat Anda berkemah di tempat lain. Di sini kamu tidak hanya bisa menikmati keseruan camping bersama teman-teman, tapi juga pemandangan pantai yang begitu indah. Apalagi di malam hari kamu bisa membuat api unggun bersama teman-temanmu.

3. Sekitar pantai

Kegiatan rekreasi di pantai UngapanKredit foto: Google Maps abdul sany

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa pantai yang indah ini memiliki panorama yang begitu indah. Karena itu, tidak sedikit wisatawan yang tertarik untuk berkeliling pantai untuk menikmati pemandangan. Mereka biasanya menyewa perahu agar bisa berkeliling pantai dengan lebih santai.

4. Nikmati Festival Pantai Malang

Festival Pantai Malang umumnya diadakan di Pantai Ungapan. Festival ini hanya berlangsung pada waktu-waktu tertentu. Tujuan dari festival tersebut adalah sebagai bentuk rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi di Pantai UngapanKredit foto: Google Maps Anton J. Antz

1. Mirabell Hotel & Aula Konsentrasi

Rekomendasi penginapan terdekat hanya berjarak sekitar 35 km dari pantai. Tarif sewa kamar juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 200.000. Fasilitas di penginapan juga cukup memadai.

Misalnya WiFi, cleaning service, kolam renang, ruang keluarga dan lain sebagainya. Tentunya jika menginap di tempat ini akan sangat dimanjakan dengan fasilitas yang ada.

2. Hotel mutiara baru

Hotel ini juga hanya berjarak 30 km dari Pantai Ungapan. Harga sewa kamar di tempat ini cukup terjangkau, berkisar Rp100.000. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa menikmati fasilitas seperti kolam renang, parkir, restoran, Wi-Fi, AC dan layanan klinik.

3. Hotel D’Shario

Untuk rekomendasi akomodasi terakhir yang bisa kamu tuju jika ingin bermalam di area yang dekat dengan pantai, yaitu Dshario Hotel. Banyak sekali fasilitas yang bisa Anda dapatkan jika memutuskan untuk menginap di tempat ini. Fasilitas ini seperti wifi, parkir, kamar yang bisa Anda pilih dan lain sebagainya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai UngapanSumber gambar: Google Maps Aulia Cahya Wiguna

Setiap tempat wisata tentunya memiliki fasilitas penunjang yang memang sengaja didesain untuk membuat wisatawan betah. Begitu juga dengan Pantai Ungapan ini. Ada banyak fasilitas yang bisa wisatawan dapatkan sehingga mereka akan merasa nyaman saat berkunjung ke sana.

Fasilitas ini meliputi toilet umum, tempat parkir mobil yang luas dan aman, serta paviliun di sepanjang pantai. Gazebo memungkinkan Anda untuk bersantai sambil menikmati pemandangan laut lepas.

Selain itu, Anda tidak perlu bingung saat merasa lapar atau ingin salat. Karena memang di pantai ini banyak terdapat warung makan yang bisa anda pilih dan juga terdapat mushola untuk anda yang beragama islam untuk sholat.

Itulah tadi ulasan lengkap Pantai Ungapan di Malang yang perlu kamu ketahui. Pantai ini sangat direkomendasikan bagi anda yang kebetulan berada di kota Malang dan sedang mencari wisata bahari dengan panorama yang indah. Berkunjung ke tempat ini tentunya tidak akan mengecewakan Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button