Berita Wisata

Jakarta Selatan promosikan wisata kota dengan Famtrip

TEMPO.CO, Jakarta – Wisata kota atau wisata di perkotaan merupakan salah satu potensi wisata DKI Jakarta termasuk Jakarta Selatan. Jakarta Selatan yang dikenal sebagai kawasan modern di DKI juga mempromosikan konsep wisata kota kontemporer ini kepada wisatawan luar Jabodetabek.

Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin mengatakan pihaknya juga menggelar Perjalanan pengenalan (Famtrip) untuk memperkenalkan destinasi wisata kota di Jakarta Selatan. “Famtrip ini harus menjadi pilihan wisatawan domestik untuk memilih Jakarta Selatan sebagai kawasan yang menarik, mudah dan terjangkau bagi pengunjung,” katanya pada Selasa, 1 November 2022.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Selatan Rus Suharto mengatakan kegiatan famtrip bertujuan untuk: pemberi pengaruhmahasiswa dan duta pariwisata dari Ciamis, Garut dan Cirebon (Jawa Barat).

“Sebanyak 50 peserta akan diajak ke destinasi seperti Agro Edu Wisata Ragunan, mencoba transportasi MRT, melihat JPO Phinisi, mengunjungi Tebet Eco Park dan masih banyak destinasi menarik lainnya,” kata Suharto.

Rangkaian kegiatan famtrip diawali dengan kunjungan ke Agrowisata Pendidikan Wisata Ragunan dan penanaman pohon secara berkelompok di sana, seperti picung, cipedak, aren, manggis, jambu biji dan durian. Kegiatan ini juga dilakukan sebagai bagian dari Hari Menanam Pohon di Indonesia pada tanggal 28 November 2022.

Selanjutnya, peserta akan melakukan walking tour ke kawasan Kemang dan Blok M yang merupakan rumah bagi berbagai taman. Peserta juga akan diajak mencoba angkutan umum ibu kota seperti MRT dan TransJakarta. Peserta kemudian akan mengunjungi pameran tahunan “Indonesia Contemporary Art and Design” (ICAD) yang didedikasikan untuk desain dan seni kontemporer.

Selama dua hari, peserta famtrip difasilitasi oleh dua bus dari daerah asal untuk kepulangan, akomodasi, konsumsi dan oleh-oleh. Famtrip ini berlangsung tiga kali pada tanggal 2 dan 3 November 2022 untuk peserta dari wilayah Kabupaten Ciamis, 7 dan 8 November dari Kabupaten Garut serta 16 dan 17 November 2022 untuk peserta dari Kota Cirebon.

Suharto juga mengatakan tujuan famtrip ini adalah untuk mendorong tumbuhnya kebanggaan berwisata ke Indonesia dan membantu mendorong tumbuhnya pemulihan ekonomi nasional serta mencegah krisis global. “Selain itu, tujuan utama Famtrip adalah memperkenalkan city tourism ke Jakarta Selatan melalui influencer, duta pariwisata dan mahasiswa dari luar daerah ke Jakarta Selatan agar terdistribusi secara luas,” ujarnya.

Baca juga: Jakarta Street Experience, fasilitas wisata kota di ibu kota dengan teknologi tercanggih

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terbaru dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “Tempo.co Update”. Klik bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button