Tempat Wisata

Pantai Katembe, keajaiban pantai eksotis di Buton yang diselimuti legenda

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kecamatan Madongka. Lakudo, Kab.Buton, Sulawesi Tenggara; map: Cek lokasi

Pantai Katembe merupakan salah satu pantai yang tersertifikasi sebagai salah satu destinasi wisata bahari di Buton Tengah yang banyak menarik perhatian wisatawan. Berbagai macam legenda tentang pantai ini pun turut memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang mengunjunginya.

Konon, suatu ketika seorang ibu melompat ke laut di pantai Katembe dan meninggalkan anak-anaknya di sana. Kemudian sang ibu berubah menjadi putri duyung. Pada bulan-bulan tertentu, pantai ini konon dilewati oleh beberapa putri duyung.

Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi pantai legendaris ini, atraksi, fasilitas, aktivitas menarik, dll yang berkaitan dengan pantai ini akan dijelaskan lebih detail di bawah ini.

Atraksi Pantai Katembe

Atraksi Pantai KembbeKredit foto: Google Maps Me Instan

1. Memiliki pasir dua nada

Salah satu hal yang diperhatikan wisatawan ketika mengunjungi pantai adalah pasirnya. Di Pantai Katembe Anda akan menemukan pasir two-tone. Di sana Anda akan menemukan pasir putih dan pasir merah muda. Keindahan ini tentu tidak ditemukan di tempat lain.

Pantai pasir putih di tempat ini panjangnya sekitar 1,5 km. Karena partikelnya yang sangat halus, pasir ini terasa nyaman di kulit. Namun di beberapa bagian pantai, pasir putihnya tampak berwarna merah muda.

Gradasi warna yang indah inilah yang menarik beberapa wisatawan ke daerah tersebut. Bahkan ada yang tidak segan-segan membawa pulang sebotol pasir sebagai hiasan di rumahnya atau sebagai oleh-oleh.

Pasir pantainya yang bertekstur lembut pasti aman digunakan untuk beraktivitas. Seperti bermain pasir, bermain voli pantai atau mungkin hanya duduk-duduk santai di atasnya. Pasirnya juga sangat aman untuk anak-anak karena Anda tidak akan menemukan pecahan karang yang tajam dan berbahaya.

2. Air pantainya sangat jernih

Daya tarik selanjutnya yang juga dimiliki pantai yang satu ini adalah air pantainya yang terlihat jernih. Air pantainya tidak hanya jernih tapi juga sangat bersih. Karena Pantai Katembe adalah tujuan wisata yang relatif baru, tempat ini belum terlalu populer.

Sehingga kelestarian alam tetap terjaga sepenuhnya. Ombak di pantai ini juga tergolong sedang dan kecil, karena berada di perairan Selat Buton. Jika dilihat dari kejauhan, air pantai ini akan memiliki warna yang sangat indah.

Gradasi warna yang terjadi secara alami dari laut disebabkan oleh arus yang ada di perairan pantai. Namun meskipun demikian, air pantai ini cukup aman dan tidak menyebabkan iritasi atau alergi.

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai KatembeSumber Gambar: Google Maps Dwi Awani

3. Ada sumur legendaris

Tidak hanya legenda putri duyung saja, namun di pantai Katembe ini ada legenda lain yang tak kalah menarik untuk diikuti. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, di pantai ini terdapat sebuah sumur yang sudah sangat tua dan memiliki air tawar. Air sumur itu selalu mengeluarkan air dan tidak pernah kering, meski di tengah musim kemarau.

Air mancur ini menjadi berkah tersendiri bagi warga sekitar, terutama di musim kemarau. Air mancur ini juga menjadi salah satu daya tarik sehingga menarik orang untuk datang. Tak sedikit wisatawan yang menyempatkan diri untuk melihat air mancur dan mencicipi airnya.

4. Ada deretan pohon kelapa yang rindang

Saat Anda mengunjungi Pantai Katembe, Anda akan menemukan banyak pohon kelapa yang tumbuh berjajar di tepi pantai. Pohon kelapa membuat pemandangan terlihat indah dan suasana pantai juga rindang dan sejuk. Anda juga bisa menikmati kelapa dengan membelinya dari pengelola.

Karena pantai ini terletak di pedesaan, pengunjung bisa menikmati suasana khas desa yang begitu asri. Hal inilah yang juga membuat banyak wisatawan betah berada di pantai. Apalagi bagi yang berasal dari kota besar dan jarang bisa merasakan suasana pedesaan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai KetembeKredit foto: Google MPas Yusuf Informatika

Pantai Katembe terletak di Desa Madongka. Jaraknya hanya sekitar 10 km dari ibu kota Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Bagi Anda yang berangkat dari pelabuhan, nantinya akan menempuh jarak kurang lebih 30 km untuk mencapai tempat wisata pantai tersebut.

Meninggalkan kota, yang harus Anda lakukan di sini adalah mengikuti jalan lurus ke selatan. Untuk mencari lokasi pantai lebih mudah, Anda bisa mengandalkan Google Maps. Nanti, yang harus Anda lakukan adalah mengikuti petunjuk peta Google.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Masuk Pantai KetembeKredit foto: Google Maps Huda Dee

Keindahan alam yang ditawarkan Pantai Katembe memang luar biasa. Meski pantai ini begitu indah dengan segala pesonanya, namun biaya tiket masuk untuk pengunjung hanya Rp 5.000 per orang.

Namun, nantinya Anda juga harus membayar biaya parkir. Jika Anda datang ke pantai saat tidak ada penjaga yang jaga, Anda tidak akan dikenakan biaya nantinya.

Aktivitas menarik di Pantai Kembbe

Aktivitas di Pantai Kembbe PantaiKredit foto: Google Maps Arifin Maulid Allex

1. Snorkeling

Salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi Pantai Katembe adalah snorkeling. Dengan kegiatan tersebut tentunya anda dapat menikmati keindahan pantai laut.

Ombak lautnya tentu saja begitu tenang sehingga pantai ini sangat direkomendasikan bagi anda yang hobi snorkeling. Selain itu, pemandangan bawah lautnya juga sangat kaya dan beragam. Anda akan melihat sekilas terumbu karang yang begitu indah.

Kelestarian pantai masih sangat terjaga, juga karena pantai ini merupakan tujuan wisata baru. Masih banyak terumbu karang yang masih utuh.

2. Bersantai bersama keluarga

Jika Anda mengunjungi pantai ini bersama keluarga, Anda juga bisa bersantai. Pasirnya yang begitu luas dan juga landai bisa Anda manfaatkan sebagai spot piknik yang tepat. Anda dapat menikmati makanan yang Anda bawa dari rumah.

Pantai Katembe juga memiliki area rumput. Anda bisa memilih tempat ini untuk bersantai bersama keluarga sambil menikmati keindahan deburan ombak.

3. Berenang

Seperti dijelaskan di atas, ombak pantai ini cenderung tenang dan kecil. Hal ini tentunya akan sangat menunjang aktivitas untuk berenang. Anda tidak perlu khawatir tersapu ombak saat berenang di pantai.

Di sana Anda juga bisa sekedar bermain air bersama anak dan keluarga. Cukup banyak wisatawan yang bermain bola atau voli pantai di tempat ini.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di sekitar pantai KetembeSumber Gambar: Google Maps Villa Nirvana Buton

1. Pantai Calista

Rekomendasi akomodasi pertama untuk kamu yang ingin menginap di dekat Pantai Katembe adalah Hotel Calista Beach. Harga hotel ini berada pada kisaran Rp 300.000. Jika Anda menginap di hotel, Anda pasti akan mendapatkan banyak fasilitas mewah.

2. Rumah Nirwana Buton

Fasilitas di penginapan ini meliputi tempat parkir mobil yang luas dan aman, bagian penerima tamu 24 jam, WiFi gratis, dan masih banyak lagi. Untuk bisa menginap di tempat ini, harga kamarnya mulai dari Rp 400.000.

3. Konstruksi Konstruksi Sunset Resort

Dibandingkan dengan 2 penginapan lainnya, ini cenderung lebih murah. Tarif kamar mulai dari 200.000. Dengan harga tersebut Anda mendapatkan berbagai fasilitas seperti tempat parkir yang luas, wifi gratis, AC dan lain sebagainya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di area Pantai KembbeKredit foto: Google Maps Huda Dee

Fasilitas di Pantai Katembe tidak selengkap di tempat lain. Hal ini dikarenakan pantai ini masih tergolong baru. Oleh karena itu, penguatan wilayah pesisir belum dilakukan secara optimal.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena keindahan alamnya sudah cukup memuaskan Anda. Selain itu, dibangun gazebo di area pantai, yang bisa digunakan bagi Anda yang ingin bersantai.

Juga untuk fasilitas lain di pantai yaitu berupa ruang ganti dan toilet. Dengan fasilitas tersebut, Anda sebagai pengunjung tentu akan merasa nyaman dan tidak akan terganggu dalam berbagai aktivitas di pantai. Selain itu, ruang ganti yang disediakan cukup besar, sehingga Anda tidak perlu repot mengantri di sini.

Itulah tadi ulasan lengkap Pantai Kembe Buton Tengah yang perlu kamu ketahui. Bagi yang saat ini sedang mencari tempat wisata seru yang menawarkan pemandangan unik, bisa mencoba mengunjungi pantai ini. Daya tarik yang ditawarkan pantai ini sebenarnya berbeda dengan tempat wisata lainnya. Anda pasti tidak akan menyesal mengunjungi pantai ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button