Tempat Wisata

Pulau Tangkil, Pesona Pulau Indah Eksotis di Pesawaran

Biaya Tur: Mulai dari Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Sukajaya Lempasing, Kec. Spiegelfeld, Kab.Pesawaran, Lampung; map: Cek lokasi

Pulau Tangkil terletak di Kabupaten Pesawaran, Lampung. Ketika Anda mengunjungi pulau ini, Anda akan disuguhi banyak keindahan di sana. Selain itu, terdapat berbagai jenis fasilitas yang menunjang wisatawan di pulau ini.

Misalnya, berbagai jenis permainan darat dan bahkan penjelajahan laut. Dengan berbagai fasilitas tersebut, tentunya Anda akan mendapatkan banyak kenyamanan saat bepergian. Menariknya, intensitas ombak di sekitar pulau ini cenderung lebih tenang dibandingkan pulau lainnya.

Hamparan pasir di pantai ini juga cukup luas. Oleh karena itu, tidak heran jika tempat ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin berwisata keliling pulau. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai objek wisata, aktivitas, fasilitas dan hal lain terkait Pulau Tangkil yang perlu Anda ketahui.

Pemandangan Pulau Tangkil

Pemandangan Pulau TangkilSumber gambar: Twitter OZ Media Indonesia

1. Wilayah metropolitan MS

Daya tarik pertama yang dimiliki Pulau Tangkil adalah adanya kawasan yang dikenal dengan nama MS Town. Pantai tempat ini relatif lebih panjang dan juga lebih bersih. Tempat ini dimiliki oleh MS Corporation.

2. Tur perahu

Untuk selanjutnya ini sangat cocok untuk anda yang sangat menyukai olahraga air. Di Pantai Tangkil terdapat berbagai jenis perahu yang bisa Anda sewa. Harga sewa perahunya sendiri cukup terjangkau.

Sehingga Anda tidak perlu membayar terlalu banyak nantinya. Dengan banyaknya kapal yang disewakan, saya yakin membuat Anda semakin bersemangat untuk memilih yang benar-benar sesuai dengan selera Anda.

3. Dermaga yang indah

Juga, Anda akan menemukan dermaga yang terlihat membelah lautan. Bahan dasar pembuatan dermaga adalah papan kayu yang tersusun rapi dan apik. Anda tidak perlu khawatir jatuh karena sudah ditambahkan railing di bagian tepinya.

Lampu neon juga menjuntai di atas dermaga. Pada malam hari pemandangan dermaga akan terlihat begitu indah. Namun meski Anda datang di pagi atau sore hari, pemandangan yang bisa Anda lihat juga indah.

Dermaga ini memang ramai dikunjungi wisatawan. Beberapa dari mereka sengaja datang dengan peralatan fotografi. Dermaga ini merupakan salah satu spot foto paling populer bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Tangkil.

4. Pohon peneduh

Atraksi lain di Pulau TangkilSumber gambar: Twitter MeRichard

Selain itu, pantai yang ada memiliki banyak pepohonan yang rindang. Anda juga dapat menggunakan pohon-pohon ini untuk mencari perlindungan. Apalagi jika Anda datang ke tempat tersebut pada hari yang panas. Selain itu, banyak juga pepohonan yang menyediakan gazebo bagi wisatawan yang ingin bersantai di tempat ini.

5. Ayunan di dekat pantai

Daya tarik lain yang dimiliki pulau Tangkil adalah di salah satu pantainya terdapat ayunan yang bisa digunakan oleh wisatawan. Tentu saja, ayunan tersebut memungkinkan Anda untuk bersantai sambil merenungkan panorama pulau.

Ombak di pantai cenderung tenang. Jadi aman saat Anda bermain di ayunan. Ayunan sendiri terbuat dari potongan kayu yang kemudian diikat dengan tali yang cukup kuat. Jadi Anda tidak perlu khawatir ayunan akan patah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau TangkilKredit foto: Google Maps Tichamooi

Jika Anda mengunjungi Pulau Tangkil, Pesawaran Lampung, menempuh jarak sekitar 25 km jika Anda berangkat dari pusat kota. Dibutuhkan setidaknya 30 menit untuk menempuh jarak ini. Jika Anda masih bingung, berikut adalah bantuan Google Maps.

Hanya mengandalkan perangkat smartphone, lokasi pulau ini akan mudah Anda temukan. Anda bebas datang ke wilayah pulau kapan pun Anda mau. Karena waktu operasional pulau ini sendiri hingga 24 jam.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Pulau TangkilKredit foto: Instagram Effendy Saptra

Begitu sampai di Pulau Tangkil, Anda akan dikenakan biaya masuk Pantai Mutun untuk masuk ke pulau itu sendiri. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah Rp 10.000.

Harganya cukup terjangkau dibandingkan dengan panorama alam dan pengalaman mendebarkan yang bisa kamu dapatkan saat mengunjungi pulau cantik ini.

Hal menarik yang bisa dilakukan di pulau Tangkil

Aktivitas di Pulau TangkilSumber gambar: Google Maps Victoria William

1. Bermain pasir

Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan saat berada di Pulau Tangkil. Salah satunya adalah bermain pasir di area pantai. Pasir pantai di pulau ini dikenal memiliki tekstur yang sangat cocok untuk anak Anda membuat berbagai jenis miniatur. Jadi anak Anda secara alami akan merasa betah di pulau itu.

2. Memancing

Bagi Anda yang hobi memancing, Anda juga bisa mempraktekkan hobi ini di pulau ini. Beberapa wisatawan yang datang ke tempat ini tidak melewatkan kesempatan untuk memancing.

Ada banyak ikan laut yang menunggu kedatangan Anda. Oleh karena itu, di sini Anda tidak boleh lupa membawa alat tangkap dari rumah. Sebagai umpan, Anda bisa menggunakan remah roti atau cacing.

Agar tidak kepanasan nantinya, perlu membawa tabir surya dan juga memakai topi. Seperti di wilayah pesisir lainnya, penduduk setempat berprofesi sebagai nelayan. Dengan cara ini Anda juga bisa menyewa perahu nelayan untuk memancing di tengah laut.

3. Menikmati panorama pantai

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau TangkilKredit foto: Instagram HappyPlanter

Pantai Pulau Tangkil memang sangat indah. Sayang sekali jika tidak menikmati panorama yang ditawarkan pantai tersebut. Oleh karena itu tidak ada salahnya menjelajahi kawasan pantai dengan menyewa sampan yang disediakan oleh warga sekitar.

Harga sewa sampan yang terlalu mahal tidak perlu ditakuti. Karena nanti bisa bernegosiasi. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan panorama pantai yang indah di sekitar pulau untuk berfoto. Tentu saja, liburan tidak terasa sah jika tidak mengabadikan momen. Jadi jangan lupa untuk membawa kamera Anda ke tempat ini.

4. Fitur air

Aktivitas selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah berenang atau bermain air. Tentu saja, saat ombak sedang tenang, berenang di lepas pantai cukup aman. Anda juga bisa menyewa pelampung dan ban di sana.

Bersantai di atas pelampung dari ring pasti akan membuat Anda rileks. Tak sedikit juga beberapa wisatawan yang bermain bola di pantai. Hal ini tentunya akan menambah keceriaan Anda dan rombongan saat berada di Pulau Tangkil.

Penginapan murah dekat pulau

Akomodasi di dekat Pulau TangkilSumber gambar: Google Maps Lusy Hotel

1. Guest House Syariah

Bagi Anda yang berencana untuk bermalam, ada penginapan yang bisa Anda sewa. Salah satunya adalah Aditya Guest House Syariah. Penginapan ini memiliki harga yang sangat terjangkau. Anda dapat menemukan kamar hanya dengan 100.000. Ada juga kamar dengan balkon. Jadi kamu bisa langsung melihat pemandangan Pulau Tangkil.

2. Hotel Lusy

Fasilitas yang ditawarkan oleh Lusi Hotel antara lain TV, Wi-Fi, ketel, AC, tempat tidur ukuran queen, LCD, kabel dan masih banyak fasilitas lainnya. Menginap di tempat ini pasti tidak akan mengecewakan Anda. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 200.000 untuk semalam.

3. Wisma Andalas Asri Syariah

Tempat menginap lain yang direkomendasikan untuk tamu yang bermalam adalah Wisma Andalas Asri Syariah. Banyak fasilitas yang ditawarkan oleh penginapan yang satu ini. Fasilitas tersebut seperti televisi, free wi-fi, parkir, air panas dan lain sebagainya. Penginapan ini begitu rapi dengan kamar yang juga cukup luas.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di kawasan Pulau TangkilSumber gambar: Google Maps Joko Purwanto

Pengelola Pulau Tangkil tampaknya sudah sangat mengoptimalkan fasilitas di pulau eksotik ini. Anda akan menemukan fasilitas yang begitu lengkap. Seperti contoh di atas yaitu persewaan perahu dan persewaan kano.

Ada juga persewaan ban dan jaket pelampung bagi yang ingin berenang. Untuk sekedar bersantai, terdapat gazebo dengan bentuk yang sangat indah di pinggir pantai. Namun, untuk bersantai di gazebo, Anda harus membayar biaya tambahan.

Toilet juga tersedia untuk fasilitas umum di pulau ini. Jadi Anda bisa menggunakannya saat ingin ganti baju atau buang air kecil. Ada juga berbagai wahana seperti Waterboom. Masih banyak fasilitas lain yang bisa didapatkan. Hal ini pada akhirnya menyebabkan pulau menjadi penuh sesak dengan wisatawan.

Itulah ulasan lengkap tentang Pulau Tangkil di Pesawaran. Bagi Anda yang kebetulan berada di Lampung, tidak ada salahnya untuk mengunjungi pulau tersebut. Di pulau ini kamu bisa menemukan banyak kesenangan nantinya dan kamu bisa sedikit menyegarkan diri dan menghilangkan beban dan penat setelah seharian bekerja.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button