Tempat Wisata

Punthuk Setumbu, Pemandangan keindahan alam dan matahari terbit di Magelang

Punthuk Setumbu merupakan salah satu tempat wisata alam yang menyenangkan di Magelang. Menghadirkan pemandangan gunung dan panorama matahari terbit dengan latar belakang Candi Borobudur yang menakjubkan.

harga tiket: Rp20.000, Waktu aktif: 04.00 – 17.00 WIB, Alamat: J L. Kurahan, Karangrejo, Kec. Borobudur, Kab.Magelang, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

Nama tempat wisata Punthuk Setumbu semakin populer di kalangan wisatawan karena pernah menjadi salah satu lokasi syuting film AADC 2 (Ada Apa Dengan Cinta). Tempat wisata Magelang ini sempat viral dengan para wisatawan berbondong-bondong ke tempat ini karena penasaran dengan keindahan alam yang ditawarkannya.

Wisata alam berupa bukit di gugusan Bukit Menoreh ini berada sekitar 1300 meter di atas permukaan laut. Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini untuk menikmati eksotisme matahari terbit dengan panorama alam yang tiada tara. Anda pasti akan dibuat takjub dengan panorama alam yang disuguhkan saat berada di puncak bukit.

Lanskap Candi Borobudur yang mewakili 7 keajaiban dunia terlihat jelas dari puncak bukit ini karena hanya berjarak sekitar 4 km dari candi terbesar di dunia ini. Punthuk Setumbu dikelola dengan sangat baik oleh warga sekitar, dengan dibangunnya sejumlah fasilitas dan juga spot-spot cantik yang siap untuk berfoto.

Atraksi Punthuk Setumbu

Daya Tarik Punthuk Setumbu MagelangSumber Gambar: Google Maps Erly Faradisa

Meski berada di puncak bukit, wisatawan dari dalam dan luar negeri rela mendaki selama 15 hingga 20 menit untuk sampai ke puncak dan menikmati pemandangan yang menyejukkan. Mereka yang bosan dengan pekerjaan sehari-hari dapat mencoba melarikan diri ke tempat ini sejenak di akhir pekan untuk menenangkan pikiran.

1. Julukan “Nirvana Sunrise”

Punthuk Setumbu dijuluki “Nirvana Sunrise” atau “Surga Matahari Terbit” karena pemandangan yang ditawarkannya paling indah dibandingkan tempat lain saat matahari terbit. Anda akan menikmati panorama alam yang terlukis indah dari Pegunungan Menoreh, Gunung Merbabu, Gunung Merapi hingga Candi Borobudur yang terlihat megah dari atas bukit.

2. Lokasi film AADC 2

Anda pasti tahu film Ada Apa Dengan Cinta. Setelah jeda beberapa tahun, film ini dirilis kembali dengan lokasi yang menarik. Bukit ini dipilih sebagai salah satu lokasi pembuatan film. Adegan AADC 2 disini adalah saat Rangga (Nicholas Saputra) mengajak Cinta (Dian Sastrowardoyo) untuk berburu panorama matahari terbit sebelum mereka berpisah.

3. Obyek wisata alam dengan arti nama yang jelas

Nama wisata alam ini berasal dari bahasa Jawa dan memiliki arti yang unik. Punthuk berarti gundukan atau gundukan sedangkan Setumbu berarti tumbu atau mangkuk nasi yang terbuat dari bahan anyaman. Jadi, tempat wisata alam ini memiliki arti sebuah bukit yang berbentuk seperti sawah yang terbuat dari anyaman padi.

Alamat dan rute menuju situs Punthuk Setumbu

Alamat Punthuk Setumbu MagelangKredit foto: Google Maps yofan indriyanto

Tempat wisata alam ini terletak di desa Karangrejo, tepatnya di Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Ya, destinasi wisata ini tidak jauh dari tempat wisata populer Candi Borobudur.

Untuk menuju ke tempat ini anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil karena tidak ada angkutan umum yang akan mengantar anda ke sini. Jalur yang Anda lewati adalah keluar dari sumbu lalu masuk ke jalur kecil. Disediakan petunjuk arah dalam perjalanan menuju lokasi ini agar anda tidak tersesat.

Anda bisa memilih untuk berangkat dari Kota Yogyakarta atau Kota Magelang, dengan titik utama Candi Borobudur. Bagi Anda yang ingin menikmati matahari terbit dari puncak bukit Punthuk Setumbu, disarankan untuk berangkat sebelum jam 5 pagi karena Anda harus mendaki 15-20 menit ke puncak untuk menghindari keramaian turis lain.

Jika Anda berangkat dari kota Yogyakarta, perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 44 km. Dari Candi Borobudur Anda bisa mengikuti jalan lurus menuju Perbukitan Menoreh. Setelah menemukan Hotel Manohara, Anda akan melihat papan bertuliskan “Borobudur Nirvana Sunrise”. Anda kemudian dapat mengikuti instruksi yang diberikan.

Berangkat dari Kota Magelang, Anda akan lebih cepat mencapai lokasi karena hanya berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Magelang. Dari kota Magelang, Anda bisa mengambil jalur Tanjung. Sebelum mencapai Candi Borobudur, ambil jalan ke kanan setelah melihat Plataran Hotel. Anda akan mencapai tujuan Anda tidak jauh dari Hotel Plataran.

Harga tiket masuk Punthuk Setumbu Magelang

Harga tiket Punthuk Setumbu MagelangKredit foto: Google Maps Inasya P

Dijuluki sebagai “Nirvana Sunrise” dan daya tarik utama, objek wisata ini dibuka untuk umum pada hari Senin sampai Jumat dari jam 4 pagi sampai jam 5 sore WIB dan buka 24 jam setiap hari Sabtu sampai Minggu dan hari libur nasional.

Biaya masuk ke objek wisata alam ini adalah Rp 15.000 per orang untuk wisatawan domestik dan Rp 30.000 per orang untuk wisatawan asing. Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 jika membawa kendaraan roda 4 dan Rp 2.000 jika membawa kendaraan roda 2.

Semua fasilitas yang tersedia di objek wisata ini dibayar dengan harga Rp 5.000. Pengunjung yang ingin menikmati suasana sambil camping membayar Rp 30.000 per orang.

Hal menarik yang dapat dilakukan di Punthuk Setumbu

Kegiatan Punthuk Setumbu MagelangKredit foto: Google Maps Maruhal Mangasi

1. Trekking ke puncak bukit

Untuk menikmati keindahan panorama alam bukit ini, Anda perlu mendaki sekitar 15-20 menit untuk sampai ke puncak bukit. Disarankan untuk mencapai puncak bukit antara pukul 03:30 dan 04:00 agar belum terlambat untuk menyaksikan matahari terbit. Jika Anda tidak tahan dingin, sebaiknya Anda membawa jaket tebal, karena suhu udara di sini sangat dingin di pagi hari.

Anda perlu berhati-hati karena kondisi jalan berlumpur dan licin saat trekking saat musim hujan. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah selama musim kemarau dari Mei hingga Agustus karena kondisi jalan untuk trekking tidak berlumpur dan tidak licin. Anda juga dapat sepenuhnya menikmati pesona matahari terbit karena langit tidak berkabut atau berawan selama musim kemarau.

2. Nikmati pesona pesona matahari terbit

Perjuangan Anda saat trekking ke puncak Bukit Punthuk Setumbu akan terbayar dengan eksotisme matahari terbit yang mempesona. Segala penat yang Anda rasakan akan sirna seketika saat Anda melihat rona indah di langit ditemani keajaiban matahari terbit. Selain itu, Anda juga bisa melihat kemegahan Candi Borobudur dari atas bukit ini.

3. Menyaksikan matahari terbit sambil menyeruput teh atau kopi

Sambil menyaksikan indahnya panorama matahari terbit, Anda juga bisa mampir ke warung-warung yang ada di sekitar puncak bukit untuk menghangatkan diri dengan secangkir teh atau kopi. Selain teh dan kopi, Anda juga bisa memesan berbagai jajanan dan makanan untuk mengisi perut setelah beberapa menit trekking.

Para pedagang di warung-warung ini tak lain adalah warga sekitar yang mencari nafkah dari tempat wisata alam yang indah ini. Anda tidak perlu khawatir jika tidak membawa makanan atau minuman apa pun, karena kios-kios menjual berbagai jenis makanan, minuman bahkan jajanan yang bisa Anda pesan tergantung dari uang yang Anda bawa.

4. Duduk dan nikmati pemandangannya

Di atas bukit ini terdapat fasilitas berupa gazebo dan kursi kayu tempat Anda bisa beristirahat. Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini sambil menikmati pesona matahari terbit. Fasilitas atraksi ini dibayar Rp 5.000 per orang.

Di tempat ini, Anda akan merasa tenang dan damai dengan udara yang sejuk. Di sini Anda tidak akan menemukan suara bising kendaraan bermotor, hanya suara alam dengan kicauan burung liar yang menenangkan. Berwisata ke tempat ini sangat cocok bagi Anda yang bosan dengan kesibukan sehari-hari.

5. Abadikan momen matahari terbit dengan foto

Jangan lupa untuk membawa kamera Anda ketika Anda berada di sini. Disarankan untuk membawa kamera mirrorless atau DSLR untuk hasil foto terbaik. Kamera ponsel biasanya tidak cocok untuk mengambil foto dalam kondisi minim cahaya. Anda juga harus membawa tripod saat mengambil foto agar foto Anda tidak buram atau tidak fokus.

6. Berfoto di spot yang tersedia

Di atas Bukit Punthuk Setumbu terdapat fasilitas berupa berbagai spot foto. Jangan lupa untuk mengambil foto di tempat-tempat ini karena pemandangannya sangat menakjubkan. Lokasi kontemporer seperti titik pandang, rumah pohon, ayunan langit yang membentang melintasi ngarai siap menyambut Anda untuk menambah koleksi foto Anda. feed instagrammu.

7. Berkemah di atas bukit

Pengelola objek wisata ini telah menyediakan tempat perkemahan bagi Anda yang ingin bermalam. Anda harus membayar Rp 30.000 untuk menikmati suasana camping di tempat ini. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus membawa tenda sendiri karena tidak ada tempat penyewaan tenda di sini.

8. Tetap dekat dengan atraksi

Anda tidak perlu khawatir karena di sekitar objek wisata terdapat penginapan yang bisa Anda pilih sesuai dengan budget Anda. Beberapa rumah warga yang dijadikan homestay mengenakan tarif kamar Rp 50.000-100.000. Tersedia juga akomodasi lainnya seperti hotel dan villa di dekat tempat wisata dengan harga yang cukup terjangkau.

Fasilitas yang tersedia di Punthuk Setumbu Magelang

Fasilitas Punthuk Setumbu MagelangSumber gambar: Google Maps Westi Kurnia

Pihak pengelola objek wisata alam ini telah menyediakan berbagai fasilitas yang dapat Anda manfaatkan dengan baik. Fasilitas yang tersedia di bagian bawah bukit berupa kamar mandi, toilet dan mushola. Petugas yang merupakan warga sekitar membantu wisatawan mengendarai kendaraan saat berkendara menuju lokasi dan berjaga di beberapa sudut jalan menuju puncak bukit.

Ada juga fasilitas berupa spot foto yang bisa Anda tambahkan untuk koleksi foto Anda, seperti: B. Pemandangan, rumah pohon dan ayunan langit yang membentang di atas ngarai. Selain itu, pengelola juga menyediakan gazebo dan kursi kayu bagi Anda yang ingin beristirahat setelah trekking ke puncak bukit.

Fasilitas lainnya juga terdapat warung-warung di atas bukit yang menjajakan berbagai macam makanan, minuman bahkan jajanan untuk mengisi kekosongan perut Anda. Bagi Anda yang ingin bermalam, pengelola menyediakan tempat perkemahan, namun Anda harus membawa tenda sendiri karena tidak ada persewaan tenda di objek wisata ini.

Objek wisata Punthuk Setumbu bisa menjadi tujuan liburan favorit Anda karena menawarkan pemandangan lanskap kota Magelang yang menakjubkan. Dari atas bukit Anda akan melihat panorama kemegahan Candi Borobudur, Gunung Merapi dan Pegunungan Merbabu dan Menoreh. Jangan lupa untuk membawa bujet yang cukup saat berkunjung ke objek wisata ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button