Berita Wisata

Pemandangan & Tengara di Cilacap

Cilacap merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Hingga saat ini, Cilacap terkenal dengan keberadaan Pulau Nusakambagan di dalamnya.

Ternyata tidak hanya Pulau Nusakambangan, Cilacap juga menyimpan deretan wisata alam yang memiliki pemandangan yang memanjakan mata. Bagi Anda yang mampir ke Cilacap, tak ada salahnya mengunjungi destinasi wisata alam berikut ini. Bisa menyegarkan hati dan pikiran saat berlama-lama.

1. Pantai Teluk Penyu

7 Tempat Wisata di Cilacap yang Menarik untuk Dikunjungi, Luar Biasa!Pantai Teluk Penyu (instagram.com/yanu_unay)

Pantai Teluk Penyu menjadi destinasi yang wajib dikunjungi jika Anda berlibur di Cilacap. Bisa dibilang pantai ini terletak cukup dekat dengan pusat kota, yaitu hanya berjarak sekitar 2 km saja.

Jika Anda mengunjungi Pantai Teluk Penyu, Anda akan disambut dengan pemandangan kapal tanker di lautan lepas Samudera Hindia. Selain itu, Anda akan melihat pemandangan Pulau Nusakambagan dari kejauhan.

Pantai Turtle Bay cocok dikunjungi pada sore hari karena Anda dapat melihat pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan dari sini. Di pantai ini juga terdapat pemecah gelombang yang bisa Anda gunakan untuk berfoto.

Lokasi: Cilacap, Desa Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan.

Jam operasional: 08.00-19.00 WIB.

Harga tiket masuk: Rp 5.000 per orang.

2. Hutan Kemit

7 Tempat Wisata di Cilacap yang Menarik untuk Dikunjungi, Luar Biasa!Hutan Kemit (instagram.com/alyanrr_)

Bisa dibilang Hutan Kemit merupakan destinasi wisata alam baru di Cilacap. Dikelilingi pegunungan, otomatis Anda akan merasakan segarnya udara dan pemandangan saat piknik di hutan Kemit.

Di Hutan Kemit terdapat berbagai atraksi seperti rumah kayu, sepeda gantung, arena exiting, sehingga Hutan Kemit cocok sebagai destinasi wisata keluarga yang juga sarat edukasi.

Lokasi: Jl.Srikaya Karanggedang-Sidareja, Karanganyar, Kec. Gandrungmangu, Kab. Cilacap.

Jam operasional: 08.00-18.00 WIB.

Harga tiket masuk: Rp20.000 per orang.

3. Benteng Pendem Cilacap

7 Tempat Wisata di Cilacap yang Menarik untuk Dikunjungi, Luar Biasa!Benteng Pendem Cilacap (instagram.com/adisatrya.id)

Tidak hanya wisata alam, Cilacap juga memiliki wisata sejarah berupa Benteng Pendem. Kastil yang awalnya disebut Kusbatterij op de Landtong te Tjilatjap Ini adalah benteng peninggalan Belanda yang berfungsi untuk menangkal musuh yang berusaha merebut Cilacap dari pemerintah Belanda. Nama pendem sendiri digunakan oleh masyarakat karena letak benteng yang terkubur atau terkubur dalam tanah.

Di benteng ini, dibangun pada tahun 1861 dan selesai pada tahun 1879, Anda akan menemukan barak, benteng, benteng pengintai, depot amunisi, markas perwira dan gudang senjata.

Lokasi: Jl.Benteng, Sentolokawat, Cilacap, Kec. Cilacap Sel., Kabupaten Cilacap.

Jam operasional: 08.00-18.00 WIB.

Harga tiket masuk: Rp 7.500.

4. Pemandangan Gunung Selok

7 Tempat Wisata di Cilacap yang Menarik untuk Dikunjungi, Luar Biasa!Pemandangan Gunung Selok (instagram.com/hanifah.15)

Sayang kalau ke Cilacap tapi tidak mengunjungi View Gunung Selok. Wisata ini terletak di dataran tinggi sehingga Anda bisa melihat pemandangan Cilacap dari atas.

Selain itu, di Mount Selok View juga terdapat platform selfie dimana Anda bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan persawahan menuju Laut Selatan di kejauhan. Jika ingin bersantai, Anda bisa menggunakan hammock.

Lokasi: Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap

Jam operasional: 08.00-17.00 WIB.

Harga tiket masuk: Rp 5.000

5. Hutan mangrove payau

7 Tempat Wisata di Cilacap yang Menarik untuk Dikunjungi, Luar Biasa!Ilustrasi hutan mangrove (IDN Times/Reza Iqbal)

Terkenal dengan wisata pantainya, Cilacap juga menawarkan wisata di hutan mangrove. Dengan luas 10 hektar, hutan mangrove ini dibuat untuk melindungi ekosistem kawasan laguna Segara Anakan, sebuah danau air asin yang terletak di pesisir pantai Cilacap.

Di kawasan ini terdapat 15.000 jenis mangrove seperti mangrove pendulous, mangrove kacang, api-api dan tancang. Selain pohon ini juga bisa menjadi habitat biota laut seperti ikan, udang, dan kepiting. Dengan berjalan di sepanjang jembatan kayu yang ada, Anda dapat menjelajahi hutan ini. Buat kamu yang suka foto-foto, kamu juga bisa menikmati spot-spot foto seperti rumah perahu, jalan layang, gubuk, dek selfie.

Lokasi: Desa Beji Lor, Desa Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara.

Jam operasional: 11.500 rupiah.

Harga tiket masuk: 08.00-17.00 WIB.

6. Taman Puncak Pohon Asmoro

7 Tempat Wisata di Cilacap yang Menarik untuk Dikunjungi, Luar Biasa!Taman bunga oleh Tali Asmoro (instagram.com/cumieetok)

Tidak hanya Hutan Kemit, ada juga kunjungan berupa taman bernama Taman Bunga Tali Asmoro. Taman ini dibuat atas inisiatif warga Desa Pagubugan dan dibuka untuk umum pada tanggal 8 Oktober 2018.

Deretan bunga matahari, kancing ayam, dalam lima warna akan menyambut Anda begitu Anda tiba. Bunga-bunga ini ditanam dan ditata untuk menciptakan pemandangan yang indah. Maka tak heran jika pengunjung suka berfoto selfie di sini. Tak hanya taman bunga, ada beberapa spot foto yang bisa Anda nikmati seperti jembatan bambu menuju replika monumen nasional.

Lokasi : Desa Pagubugan, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap.

Jam buka: 10:00 WIB hingga sore hari.

Lanjutkan membaca artikel di bawah ini

Pilihan Editor

Harga tiket masuk: Rp 10.000.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Tempat Kuliner Lezat di Cilacap yang Wajib Kamu Coba

7. Pantai Kali Kencana

7 Tempat Wisata di Cilacap yang Menarik untuk Dikunjungi, Luar Biasa!Pantai Kali Kencana (instagram.com/hdn.inv)

Bisa dibilang Pantai Kali Kencana adalah salah satu hidden gem di Cilacap. Sebab, untuk sampai ke pantai ini, Anda harus menyeberangi Laut Nusakambagan dengan menggunakan perahu dari dermaga Cilacap. Sesampainya di pulau Nusakambangan, Anda masih harus melakukan trekking lagi untuk mencapai pantai Kali Kencana.

Begitu sampai, Anda akan disambut dengan pemandangan pantai yang relatif tenang dengan air yang jernih dan bersih. Alam yang selalu indah, otomatis akan membuat Anda rileks selama menginap.

Padahal, tidak ada tiket masuk ke Pantai Kali Kencana. Namun Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 30.000 sebagai biaya naik perahu ke Pulau Nusakambagan. Jika membawa kendaraan harus parkir di area dermaga dengan tarif Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Lokasi: Pulau Nusakambagan, Kec. Tambakreja, Kabupaten Cilacap.

Jam operasional: tergantung jam buka kapal.

Harga tiket masuk: tidak ada.

8. Taman Sari Rasa

7 Tempat Wisata di Cilacap yang Menarik untuk Dikunjungi, Luar Biasa!Taman Sari Rasa (instagram.com/heysaqib)

Taman Sari Rasa terkenal dengan wisata airnya yaitu Waterboom. Waterboom ini dilengkapi dengan perosotan dan berbagai wahana air lainnya.

Selain itu, ada juga wahana menarik lainnya yang bisa kamu coba. Ada ayunan berputar, taman kelinci, rumah kerdil, taman teletubbies, carousel, mobil mini dan masih banyak tempat unik lainnya. Bagaimana Anda tertarik di sini?

Lokasi: Randegan Kidul, Karangjati, Kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Jam operasional: 08.00-17.00 WIB.

Harga: Rp20.000-25.000.

9. Pantai Widarapayung

7 Tempat Wisata di Cilacap yang Menarik untuk Dikunjungi, Luar Biasa!Pantai Widara Payung (instagram.com/widarapayungnews)

Pantai Widarapayung bisa menjadi destinasi yang tepat untuk akhir pekan. Ombak di pantai ini cukup kuat, jadi berhati-hatilah. Apalagi jika Anda membawa anak kecil.

Meski begitu, keindahan pantainya tidak perlu diragukan lagi. Jangan lupa siapkan kamera terbaikmu, ya!

Lokasi: Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun, Cilacap, Jawa Tengah.

Jam operasional: 24 jam.

Harga: Rp 7.000.

10. Air Terjun Mandala

7 Tempat Wisata di Cilacap yang Menarik untuk Dikunjungi, Luar Biasa!Air Terjun Mandala (instagram.com/athfal27)

Jika lelah, pergilah ke air terjun Mandala yang berjarak 15 kilometer dari pusat kota. Air terjun ini tingginya sekitar 25 meter dan dikelilingi pepohonan rindang. Oh ya, akses di sini cukup terjal, jadi hati-hati ya!

Lokasi: Desa Dondong, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.

Jam operasional: 06.00-17.00 WIB.

Harga: Rp 5.000.

11. Curug Cimandaway

7 Tempat Wisata di Cilacap yang Menarik untuk Dikunjungi, Luar Biasa!Curug Cimandaway (instagram.com/dewimelati23)

Curug Cimandaway adalah salah satu air terjun tertinggi di Cilacap. Arus air cukup penting saat musim hujan. Karena itu, lebih baik datang ke sini di musim panas.

Air Terjun Cimandaway bermuara di Sungai Singaraja. Dijamin langsung menyegarkan tubuh dan pikiran Anda. Langsung mau mandi disini kan?

Lokasi: Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Jam operasional: 07.00-17.00 WIB.

Harga: Rp 5.000.

12. Pantai Permisan

7 Tempat Wisata di Cilacap yang Menarik untuk Dikunjungi, Luar Biasa!Pantai Permisan (instagram.com/btn_merubetiri)

Pantai Permisan terletak di Pulau Nusakambagan. Pantai indah ini sering dijadikan sebagai tempat latihan para prajurit. Makanya banyak juga yang menyebutnya Pantai Kopassus.

Anda tidak dikenakan biaya jika ingin datang ke sini. Namun, Anda harus membayar Rp 30.000 untuk biaya penyeberangan.

Lokasi: Desa Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Jam operasional: 24 jam.

Harga: Gratis.

Ternyata, Cilacap memiliki banyak destinasi wisata alam yang menarik untuk dijelajahi. Ayo rencanakan liburanmu di Cilacap jika bosan dengan destinasi wisata yang biasa-biasa saja!

Baca juga: 5 Jajanan Khas Cilacap yang Enak!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button