Berita Wisata

Bengkulu menerima bantuan 50 lampu penerangan dari Kementerian ESDM untuk kawasan Pantai Panjang

BENGKULU – Pemerintah Provinsi Bengkulu telah menerima dari Kementerian ESDM hingga 50 Lampu Jalan Tenaga Surya (PLTS) untuk kawasan objek wisata PantaiPanjang di Kota Bengkulu.

“Dinas ESDM yakin Pantai Panjang akan mendapat 50 unit PLTS atau titik bantuan,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri, seperti dilansir ANTARA, Rabu, 2 November 2018.

Bantuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), lanjutnya, akan diterima Pemprov Bengkulu pada Desember 2022.

Setelah diterima, menurut Hamka, penerangan PLTS tersebut akan langsung dipasang di 50 titik strategis di kawasan Pantai Panjang Kota Bengkulu.

Bantuan tersebut diberikan setelah diterbitkannya sertifikat Hak Pengelolaan Tanah (HPL) dari Kementerian ATR/BPN yang menetapkan bahwa Pemerintah Provinsi Bengkulu memiliki kendali penuh atas pengelolaan pariwisata.

Hamka mengimbau kepada seluruh warga dan pemangku kepentingan pariwisata di Pantai Panjang untuk turut menjaga dan menjalankan amanat pengelolaan dengan baik, karena jika kawasan Pantai Panjang tidak dikelola dengan baik, maka HPL berpeluang dicabut.

Dengan bantuan penerangan jalan di kawasan tersebut, dapat membantu menunjang aktivitas wisata di malam hari sekaligus menghilangkan kesan mengerikan di sepanjang pantai.

“Dengan bantuan ini, kami meminta agar para pemangku kepentingan pariwisata yang ada tetap menyalakan lampu jalan tanpa mencabutnya setelah pemasangan PLTS,” kata Hamka.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button