Berita Wisata

Pantai Kota Jogo di Nagekeo Ikut Lomba Kampung Wisata Nusantara Tahap II, Begini Cara Mendukungnya

Minindonews, NAGEKEO – Wisata Pantai Kota Jogo yang dikelola oleh Bumdes Pelita Jaya, Desa Anakoli, Kecamatan Wolowae, Kabupaten Nagekeo mengikuti Lomba Desa Wisata Nusantara Tahap II yang diselenggarakan oleh Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Desa Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Lomba Desa Wisata Nusantara Tahap II diselenggarakan untuk mendorong desa wisata yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) dan BUM Desa Bersama untuk tumbuh dan berkembang pasca pandemi.

Tujuannya untuk meningkatkan minat kunjungan sekaligus mempercepat kemandirian desa melalui pengembangan industri pariwisata desa dan peningkatan daya saing destinasi wisata.

Lomba Promosi Desa Wisata Nusantara tahap II merupakan lanjutan dari Lomba Promosi Desa Wisata Nusantara tahap pertama yang mengumumkan 10 pemenang.

Pada kompetisi Desa Wisata Nusantara tahap kedua, delapan kategori dilombakan, yaitu kategori pendidikan, gastronomi, agrowisata, religi, pantai, gunung, sungai dan budaya.

Sementara itu, Jogo City Beach mengikuti kompetisi Desa Wisata Nusantara Tahap II untuk kategori Wisata Pantai.

Baca juga: Desa Adat Bo’amara Ikut Lomba Tahap II Desa Wisata Nusantara

Kepala Desa Anakoli Yoseph Laka Rani mengatakan, Desa Anakoli memiliki potensi wisata yang dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat. Untuk itu, Jogo City Coast mengikuti Lomba Desa Wisata Nusantara Tahap II sebagai ajang promosi.

“Kami di Desa Anakoli percaya bahwa kami memiliki potensi wisata dan dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat setempat, sehingga Pantai Jogo City yang dikelola oleh Bumdes Pelita Jaya mempromosikannya dengan mengikuti kompetisi Desa Wisata Nusantara tahap kedua, ” kata Yoseph dalam wawancara, Rabu (11/2/2022).

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa Bumdes Pelita Jaya terus mempromosikan wisata pantai di Kota Jogo sehingga dapat meningkatkan PAD Desa.

Yoseph berharap pemerintah daerah Nagekeo lebih serius mendukung potensi wisata Desa Anakoli sehingga menjadi ikon wisata di Kabupaten Nagekeo.

“Saya berharap Pemerintah Daerah Nagekeo melalui Dinas Pariwisata dan seluruh masyarakat Nagekeo dapat mendukung wisata tepi laut Kota Jogo sehingga dapat masuk 10 besar kompetisi desa wisata nusantara tahap II”, harapnya. .

Ahli (AT) Pengembangan Ekonomi Desa di Kabupaten Nagekeo, Vinsensius Pati Tukan, menyampaikan apresiasinya karena semakin banyak desa wisata di Kabupaten Nagekeo yang mengikuti Lomba Desa Wisata Nusantara.

“Harus kita apresiasi dan dukung Desa Wisata Kabupaten Nagekeo dalam Lomba Desa Wisata Nusantara Tahap II, ini salah satu cara untuk mendukung potensi wisata lokal Desa Kabupaten Nagekeo,” ujarnya.

Ia juga mengatakan promosi desa wisata dapat menarik wisatawan sehingga dapat mengenal potensi wisata Kabupaten Nagekeo.

“Promosi desa wisata dapat menarik wisatawan untuk datang ke Kabupaten Nagekeo. Melalui hal ini masyarakat di luar Kabupaten Nagekeo juga dapat mengenali potensi wisata yang ada di Nagekeo, sehingga kami mendorong desa-desa yang memiliki potensi wisata untuk ikut serta dalam kontes tersebut. Tahap Desa Wisata Nusantara II,” tambahnya.

Bagaimana memberikan dukungan?

Untuk mendukung Jogo City Beach di tahap kedua kompetisi Desa Wisata Nusantara, terlebih dahulu Anda harus mendownload aplikasi Desa Wisata Nusantara dari playstore

Setelah itu, daftar menggunakan akun Google lalu cari provinsi Nusa Tenggara Timur. Kemudian pilih wisata pantai, lalu pilih Jogo City Beach, beri like pada gambar love di kanan atas dan jangan lupa tinggalkan komentar di kolom komentar.

Laporan: Zainudin Abdullah

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button