Berita Wisata

Kunjungi Sumbar, Menteri PUPR Pastikan Pembangunan Flyover Sireview Lauik Mulai 2023

Gubernur Sumbar merespon positif dan akan menindaklanjuti arahan Menteri PUPR

REPUBLIKA.CO.ID, SUMBAR — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Rabu (2/10/2022) melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Barat (Sumatera Barat). Menteri dan Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi serta Anggota DPR RI Athari Gauthi Ardi meninjau beberapa titik pembangunan dan rencana pembangunan yakni Sireview Lauik, Pantai Padang dan Tol Padang – Pekanbaru ruas Padang – Sicincin.

Sireview Lauik menjadi tujuan pertama rombongan. Menteri Basuki melihat secara langsung keadaan jalan raya nasional, terutama pada titik-titik longsor dan badan jalan yang rawan banjir.

Usai peninjauan, Kepada Gubernur, Menkeu meyakinkan bahwa jalan Sireview Lauik akan diperbaiki dan rencana pembangunan flyover akan dilaksanakan pada 2023. Namun, dengan perubahan geometri dan desain.

“Kementerian PUPR mendukung pembangunan flyover Sireview Lauik. Insya Allah akan kita bangun tapi harus review DED dulu. Semua masalah perizinan dan pertanahan sedang diselesaikan oleh pemerintah daerah,” kata Menteri Basuki.

Gubernur menyambut baik hal tersebut dan mengatakan akan segera menindaklanjuti arahan dan masukan Menteri tersebut. “Alhamdulillah Pak Menteri menepati janjinya untuk datang ke Sumbar dan melihat langsung proyek-proyek yang ada di Sumbar. Beliau berjanji akan datang ke Sumbar saat saya berkunjung ke sana Alhamdulillah banyak yang sudah disampaikan kepada kita. Semoga kontribusi ini bisa bermanfaat. segera diadaptasi dengan memodifikasi desain, sehingga perencanaan dan pelaksanaannya akan dimulai pada 2023, insya Allah,” kata gubernur.

Kepala Badan Penataan Ruang dan Bina Marga Cipta Karya Sumatera Barat (BMCKTR), Era Sukma Munaf mengatakan, rencana fly over Sireview di kawasan Panorama I tahap I, diperkirakan menelan dana Rp 1,6 triliun. proses review desain untuk Panorama I adalah untuk output dan input. Ini karena ada perubahan tikungan. Kalau pertengahan tahun 2023 sudah bisa selesai termasuk izin hutan lindung, insya Allah akan segera dilaksanakan dengan sistem KPBU dengan HK,” jelas Era.

Usai Sireview, rombongan juga mengunjungi kawasan Pantai Padang, yang dilanjutkan dengan surat Gubernur tentang antisipasi banjir rob dan gelombang tinggi, tsunami.

Terakhir, Menteri dan rombongan meninjau keadaan proyek tol Padang-Sicincin. Menteri meminta pada Juli 2024, pembangunan ruas tol Padang-Sicincin selesai. “Untuk tol akan selesai Juli 2024. Kuncinya sekarang di daerah. Tergantung dukungan pemerintah kabupaten, kota, dan provinsi. Kalau jalan dibersihkan, maka kami siap membangunnya. Yang utama adalah kejelasan tentang masalah tanah,” kata menteri.

Menanggapi hal tersebut, gubernur menyatakan siap menyelesaikan pembebasan lahan pada Desember tahun ini. “Insya Allah masalah administrasi pembebasan lahan akan selesai pada Desember 2022. Mudah-mudahan kami pemerintah provinsi, juga dengan dukungan Ibu Athari dari DPR RI, dengan kerjasama dan sinergi serta komunikasi yang baik dapat menyelesaikan masalah apapun. kendala yang dihadapi,” kata Gubernur.

Di lokasi jalan tol, rombongan juga berdoa bersama untuk kelancaran dan keberhasilan pembangunan Sumbar yang dipimpin langsung oleh Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi.

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR RI yang membidangi infrastruktur, Athari Gauthi Ardi, mengatakan akan terus mendukung dan ikut mengawal proses dari rencana hingga pembangunan flyover lebih lambat.

Athari setuju untuk terus mengawal dan mengawasi perkembangan ini sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai anggota DPR RI dari Sumatera Barat. “Sebelumnya, Gubernur sepakat membantu kelancaran pembangunan jalan tol ini. Aku akan melihat nanti. Tadi di mobil, menteri juga memerintahkan agar perkembangan ini dipantau,” katanya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button