Tempat Wisata

Mentawai Pulau Siberut – Pemandangan, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Perjalanan

Biaya Tur: Mulai dari Rp95.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: daerah. Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat; map: Cek lokasi

Pulau Siberut adalah salah satu pulau di utara Pulau Mentawai, terletak 150 km dari bagian barat Pulau Sumatera. Tempat ini dihuni oleh sejumlah penduduk yang memiliki budaya cukup kuat yang disebut dengan suku Mentawai. Para wisatawan yang datang ke pulau ini dapat berkenalan dan berkenalan dengan budaya setempat.

Destinasi pulau yang cukup terkenal di kalangan masyarakat dari berbagai daerah bahkan luar negeri. Pulau ini tidak hanya menawarkan budaya yang sangat kuat, tetapi juga keanekaragaman hayati yang luar biasa. Jadi, tidak heran jika Pulau Siberut ditetapkan sebagai salah satu Taman Nasional Siberut pada tahun 1993 dengan luas sekitar 1.905 km.

Sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin datang ke sana untuk menikmati keanekaragaman hayati yang begitu luas dan lengkap dengan bentuknya yang begitu mempesona dan indah untuk dilihat. Para wisatawan bisa mengenal dan belajar tentang keanekaragaman yang ada di Pulau Sirebut. Jadi jika kamu masih penasaran dengan pulau ini, kamu bisa langsung mengunjunginya.

Pemandangan Pulau Siberut

Objek wisata yang dimiliki Pulau SiberutKredit foto: Google Maps (Levi Guide Mentawai)

Siberut adalah salah satu pulau di provinsi Sumatera Barat. Biasanya dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah dan luar negeri. Pulau ini dekat dengan beberapa destinasi wisata populer di pulau lain. Banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan keanekaragaman hayati yang begitu eksotis dan mempesona.

1. Keanekaragaman Hayati

Pulau Siberut terkenal dengan keanekaragaman hayatinya yang kaya. Ada sekitar 900 spesies tumbuhan berpembuluh dan 31 spesies mamalia. Terdiri dari 65% mamalia dan 15% hewan endemik. Selain itu, juga memiliki 134 jenis burung.

Dengan keanekaragaman hayati yang beragam, pulau ini menjadi daya tarik. Sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk mengetahui keragaman tersebut. Tak heran jika tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit masyarakat dari berbagai daerah dan luar negeri.

2. Sekitar Pulau Siberut

Daya tarik kedua adalah kawasan sekitar pulau yang dikenal dengan Siberut National Place. Pulau ini terbentuk pada tahun 1993 dengan luas 1.905 km. Sekitar 70% adalah hutan, yang berada di luar cagar alam. Situs ini digunakan sebagai konsesi penebangan.

Pada tahun 2001, UNESCO menempatkan fokus pada perlindungan ekosistem di wilayah pulau. Program ini mencakup beberapa kelompok perlindungan, kemitraan dan pemerintah daerah, serta masyarakat sebagai pendekatan. Hal ini juga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin datang dari daerah yang luas di sekitar pulau.

Objek wisata di pulau SiberutKredit foto: Pegipegi.com

3. Budaya pulau

Pulau Siberut dihuni oleh penduduk yang cukup besar atau sekitar 30.000-35.000 jiwa tentunya dengan budaya yang sangat kental. Penduduk yang pertama kali mendiami pulau ini adalah etnis Batak. Namun, saat ini pulau tersebut menjadi tempat penting bagi penduduk lokal yang memiliki suku bernama Suku Mentawai.

Dengan budaya Mentawai yang kental, tempat ini memiliki ciri khas tersendiri. Sehingga bisa menjadi pusat daya tarik bagi masyarakat di berbagai daerah bahkan dunia. Ini juga merupakan tempat yang populer untuk belajar tentang budaya Indonesia.

4. Pemandangan bawah laut

Pulau ini juga terkenal dengan terumbu karangnya yang indah dan mempesona. Terdapat berbagai jenis terumbu karang yang indah dan membuat mata terlihat indah dan menawan. Ikan-ikannya yang berwarna-warni dengan berbagai jenis spesies juga dapat menambah eksotisme bawah lautnya.

Pemandangan bawah laut yang indah, asri dan eksotis menjadi salah satu daya tarik destinasi wisata pulau ini. Sehingga banyak yang menyelam bersamanya untuk melihat terumbu karang dan ikan-ikan yang sangat menakjubkan.

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Alamat pulau SiberutKredit foto: Instagram.com @khairulsabani

Pulau Siberut adalah salah satu pulau di provinsi Sumatera Barat. Tepatnya di utara pulau mentawai dan 150 km dari pulau sumatera bagian barat. Mengakses lokasi pulau ini sangat mudah karena disana telah disediakan kapal dari dermaga yang kemudian akan membawa anda ke pulau tersebut.

Rute menuju tujuan dapat ditempuh dengan berbagai jenis transportasi air seperti kapal laut, speedboat, kapal antar pulau, dll. Dengan waktu tempuh yang berbeda tergantung dari jenis kapal yang digunakan.

Kemudian Anda dapat melanjutkan perjalanan dari dermaga ke Siberut dengan kapal lagi. Bagi anda yang ingin ke sana namun takut dengan fasilitas yang mereka gunakan, kini anda tidak perlu takut karena semua sarana yang digunakan untuk membawa wisatawan ke destinasi tersebut memiliki keamanan dan kekuatan untuk melawan gelombang air laut. .

Tentu saja saat memasuki suatu destinasi wisata, Anda akan dikenakan tiket masuk, namun berbeda dengan pulau ini, karena di Siberut Anda tidak akan dikenakan biaya masuk. Sehingga Anda bisa menikmati keanekaragaman hayati dan budaya serta keindahan pulau yang begitu indah dan mempesona tanpa harus membayar tiket masuk.

Anda hanya membayar sewa perahu untuk sampai ke destinasi ini atau menikmati keindahan bawah lautnya. Harga ditetapkan sesuai dengan pedoman para pengelola di Siberut.

Aktivitas seru di pulau siberut

Aktivitas seru di pulau siberutKredit foto: Facebook.com @indonesiatravel

1. Bermain snorkeling atau scuba diving

Salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sana adalah snorkeling atau diving. Lokasi pulau yang menawarkan panorama indah ini kaya akan terumbu karang dan ikan dari berbagai spesies.

Sulit dibayangkan, banyak penggemar diving yang memanfaatkan waktunya di sini untuk merasakan keindahan alam bawah laut. Anda bisa melakukan aktivitas menarik di pulau ini bersama keluarga atau bahkan teman-teman Anda.

2. Memotret

Salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Pulau Siberut adalah fotografi. Di sana Anda bisa mengabadikan momen Anda dengan berfoto di dalam air dengan latar belakang pemandangan bawah laut yang indah dan mempesona. Dihiasi dengan terumbu karang yang indah dan berbagai jenis ikan.

Latar belakang yang eksotis membuat subjek foto yang diambil lebih menonjol dan terlihat menarik. Jadi sayang sekali jika tidak mengabadikannya dan memiliki kenangan berharga dari suatu tempat yang dikunjunginya.

Aktivitas di Pulau SiberutKredit foto: Instagram.com @marsheldotcom

3. Belajar tentang budaya dan keanekaragaman hayati di Indonesia

Pulau Siberut yang begitu kaya akan budaya tradisional membuat para wisatawan yang datang penasaran sampai takjub. Hal tersebut membuat banyak orang menggunakannya untuk mempelajari salah satu budaya yang ada di Indonesia. Tidak hanya budayanya yang kuat, pulau ini juga memiliki banyak keanekaragaman hayati.

Pulau yang begitu luas, sekitar 1905 km, memiliki sekitar 900 spesies tumbuhan berpembuluh dan 31 spesies mamalia. Terdiri dari 65% mamalia dan 15% hewan endemik. Selain itu, juga memiliki 134 jenis burung. Keanekaragaman hayati yang ada di pulau ini dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk mempelajari lebih dalam tentang keanekaragamannya.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi di dekat pulau SiberutaKredit Foto: Google Maps (Mentawai Surf Camp)

1. Perkemahan selancar Mentawai

Akomodasi di Mentawai Surf Camp ini merupakan salah satu akomodasi terdekat di sekitar Siberut. Penginapan memiliki desain unik dan khas yang ditawarkannya. Selain itu tempat ini juga menawarkan pelayanan yang cukup ramah, kamar yang begitu luas dan nyaman, serta berbagai fasilitas yang lengkap, aman dan bersih untuk digunakan.

2. Rumah Liburan Mentawai

Seperti halnya Mentawai Surf Camp Inn, penginapan ini memiliki desain unik dan khas yang ditawarkannya. Hanya saja penginapan ini tergolong basic tapi nyaman bagi wisatawan. Recommended buat kamu yang budgetnya pas-pasan karena harga yang ditawarkan penginapan ini cukup terjangkau di kantong.

3. Resor Selancar Taman Bermain

Penginapan terakhir bernama Playground Surf Resort, penginapan ini menawarkan berbagai jenis fasilitas. Selain itu, tempat ini menawarkan pemandangan yang mempesona dan indah. Juga, itu adalah tempat akomodasi yang populer bagi wisatawan yang mengunjungi pulau ini.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Siberut Mentawai

Fasilitas Pulau SiberutKredit foto: Instagram.com @bmbng_k

Sebagai salah satu pulau paling terkenal di Kepulauan Mentawai, keberadaan fasilitas tentu sangat penting dan diperlukan. Oleh karena itu, pengelola Pulau Siberut menyediakan berbagai fasilitas yang cukup lengkap dan bisa digunakan untuk pengunjung.

Fasilitas penunjang terdiri dari persewaan alat selam, persewaan perahu dan lainnya. Semua fasilitas tersedia, aman dan disediakan dengan baik. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan.

Sarana penunjang, tempat ibadah, rumah makan, sarana transportasi air bagi wisatawan, akomodasi mudah ditemukan di kawasan wisata ini. Biarkan pengunjung menikmati wisata dengan lebih nyaman di area ini.

Ini adalah beberapa atraksi, fasilitas dan rute menuju kawasan wisata Pulau Siberut. Sarana dan prasarana di objek wisata ini tentunya sangat lengkap, memungkinkan wisatawan untuk berlibur dan menikmati pulau dengan cara yang lebih menyenangkan dan menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button