Tempat Wisata

The Heritage Palace, objek wisata Romawi kuno di Sukoharjo

Istana Warisan salah satu destinasi wisata Instagramable Dengan pemandangan bangunan klasik eropa Gaya Romawi kuno di Sukoharjo. Tempat menarik yang menghadap ke taman, museum seni, dan ruang pertemuan.

harga tiket: Rp25.000, Waktu aktif: 09.00-18.00 WIB, Alamat: J L. Permata Raya, Dukuh Tegal Mulyo RT.002/RW.008, Pabelan, Kec. Kartasura, Kab.Sukoharjo, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

The Heritage Palace merupakan salah satu destinasi wisata terbaru dan termegah di Provinsi Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Sukoharjo. Bangunan ini sebenarnya adalah bekas pabrik gula di Colomadu yang telah direvitalisasi menjadi De Tholomadoe yang trendi.

Tentunya dengan kepopuleran bangunan bersejarah ini, Solo memiliki perkembangan wisata yang sangat pesat. Dan itu membuktikan bahwa Solo adalah salah satu kota yang wajib dikunjungi.

Ada beberapa wahana mendebarkan yang membuat wisatawan betah dan merasakan serunya bermain di Heritage Palace. Karena memiliki latar belakang bangunan yang sangat unik khas bangunan Romawi Eropa yang megah, maka jangan heran jika anda datang ke Solo dan sangat disayangkan jika anda tidak datang ke wisata ini.

Atraksi Heritage Palace

Daya tarik Istana WarisanSumber gambar: Google Maps Agus Taufik

Wisata sejarah di Sukoharjo ini merupakan salah satu destinasi yang tidak akan pernah ada habisnya jika dibicarakan. Selain itu, destinasi wisata ini dapat menarik perhatian wisatawan. Tentu saja hal ini tidak terlepas dari daya pikat wisatanya. Lalu apa saja yang menjadi daya tarik Pusaka Keraton Sukoharjo? Yuk ikuti ulasannya di bawah ini:

1. Bangunan bekas pabrik gula

Awal pembukaan kawasan wisata ini pada tahun 2018, tepatnya pada tanggal 9 Juni. Hampir sama dengan wisata De Tholomadoe dimana destinasi wisata ini terdiri dari bekas pabrik gula yang bernama Gembongan. Tak heran jika suasana yang ditawarkan tempat wisata ini sangat berkelas, yaitu khas bangunan Eropa.

Dengan bangunan yang cukup tua dan khas bangunan Eropa tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Jadi Anda tidak perlu lagi jauh-jauh ke luar negeri hanya untuk melihat betapa megahnya gedung-gedung yang bergaya. karena ketika Anda datang ke Sukoharjo, Anda sudah bisa mendapatkan pemandangan ini.

2. Peninggalan sejarah sejak tahun 1892

Daya tarik Istana Pusaka adalah menjadi peninggalan sejak tahun 1892. Karena bangunan pabrik gula merupakan salah satu peninggalan kerajaan Mataram Islam. Bangunan tersebut sudah ada sejak tahun 1892, sehingga dapat diasumsikan bangunan tersebut sudah cukup tua.

Namun, saat itu jejak pabrik gula sangat sulit ditemukan. Karena sebagian besar bangunan telah diubah menjadi tempat wisata yang cukup menarik.

Bahkan bangunannya sangat kental dengan nuansa klasik Eropa. Hal ini juga terlihat pada desain arsitekturnya yang memang sengaja dirancang untuk kemudian ditambah dengan kehadiran sejumlah mobil tua di beberapa tempat.

3. Banyak spot instagramable

Ada magnet yang bisa menarik pengunjung untuk datang kesini, bentuk bangunannya sangat kental seperti langkahnya. Namun, berkunjung ke sini, wisatawan tidak hanya akan merasa seperti traveler yang merasa seperti di abad ke-18. Karena banyaknya spot foto yang menarik juga menjadi salah satu daya tarik wisata ini.

Dengan suasana seperti ini, pengunjung selalu ingin berfoto karena akan banyak ditemukan spot-spot unik dan instagramable di sini. Dengan venue yang sangat besar dan rapi, tidak masalah jika banyak pasangan pre-wedding party di venue ini.

4. Ada museum transportasi atau lalu lintas

Padahal, konsep tempat wisata ini sangat mirip dengan Museum Angkut di Jawa Timur. Karena di dalamnya, berbagai jenis mobil vintage dipamerkan kepada para pengunjung.

Mobil-mobil vintage ini berjejer dalam sebuah ruang kemudian diberi berbagai properti pendukung. Sehingga tempat ini menjadi tempat yang bernilai seni.

5. Ada museum 3D

Memasuki destinasi wisata The Heritage Palace, jika kesini anda akan menemukan museum drive 3D. Di dalam kendaraan Anda akan menemukan berbagai jenis lukisan 3D dengan tema yang berbeda.

Bagi Anda yang sangat menyukai seni 3D seperti itu, masuk ke wahana ini sangat cocok. Ada banyak foto 3D mulai dari aliran sungai, dinosaurus dan juga perahu nelayan.

6. Apakah Anda memiliki cerobong asap?

Karena bangunan tersebut merupakan bekas pabrik gula, maka tidak heran jika di dalam bangunan The Heritage Palace terdapat cerobong asap. Cerobong selalu digunakan dalam setiap proses pembuatan gula.

Namun karena bangunannya menjadi objek wisata, cerobong asap membuat destinasi wisata ini cukup unik. Dengan ketinggian lebih dari 25 meter, semua orang akan takjub saat melihatnya.

Alamat dan rute ke Heritage Palace Lokasi

Alamat Istana WarisanKredit foto: Google Maps Mi Maolana

Alamat lengkap destinasi wisata ini berada di Honggobayan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Solo Raya, Provinsi Jawa Tengah. Jika Anda bepergian dari pusat Kota Solo, dibutuhkan waktu sekitar 25 menit dengan mobil untuk mencapai destinasi wisata ini. Karena jaraknya hanya sekitar 9 km.

Selain itu, untuk akses jalan raya, wisata ini juga terbilang mudah. Titik lokasi wisata ini juga sudah ada di Google Maps dan jalannya sudah di aspal mulus. Untuk mengunjungi bangunan bersejarah ini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum seperti bus. Karena tempat parkir destinasi wisata ini sangat luas, sehingga bus untuk rombongan wisata tetap bisa diparkir.

Biaya masuk untuk Tur Istana Warisan

Tiket Istana WarisanKredit foto: Google Maps Izzudin Ahmad

Ada biaya tiket reguler Rp 25.000 bagi siapa saja yang ingin bergabung dan menikmati wisata Heritage Palace ini. Pengelola wisata akan menawarkan tiket kanal agar wisatawan dapat menikmati dan memasuki semua wahana yang tersedia di tempat wisata.

Tiket terusan sendiri dibanderol Rp 55.000 di hari biasa dan Rp 65.000 di hari libur. Tiket ini berlaku untuk dewasa atau anak-anak dengan tinggi badan lebih dari 100 cm. Anak-anak dengan tinggi di bawah 100 cm dapat mengikuti tur secara gratis.

Kegiatan menarik di Heritage Palace

Kegiatan Istana WarisanKredit foto: Google Maps Nita Kohana

1. Jalan-jalan di Heritage Palace

Di destinasi wisata ini tentunya Anda akan disuguhkan dengan berbagai jenis keunikan wahana. Spot-spot foto menarik bisa Anda jalan-jalan menyusuri jalan menuju tempat wisata. Meskipun perjalanan Anda jauh, Anda tidak akan lelah karena Anda dapat menemukan kesenangan dan hal-hal baru.

2. Anda dapat mengambil foto kapan saja

Seperti yang kita ketahui bersama, bangunan bersejarah ini merupakan wisata yang menawarkan spot foto terbaik dan juga instagenic. Tak heran jika banyak seleb yang datang ke tempat ini untuk menghasilkan foto terbaik. Juga, banyak fotografer menggunakan tempat ini sebagai latar belakang untuk mengambil foto.

Nah, tentunya dengan banyaknya spot foto Instagram, kamu tidak perlu bersusah payah mencari spot menarik untuk diunggah ke Instagram. Pastikan Anda memiliki kamera yang siap dan Anda dapat menata diri untuk mengambil foto yang bagus.

3. Nikmati pemandangan yang ada disana

Destinasi wisata Istana Pusaka Surakarta buka mulai pukul 09.00 hingga 18.00, sehingga Anda bisa menikmati pemandangan di sore hari. Karena saat sore hari tiba, pengelola tempat wisata ini menyalakan lampu jalan. Bentuk lanskap akan semakin indah saat sore hari tiba.

Tak heran banyak orang yang datang pada sore hari untuk menikmati pemandangan betapa indah dan megahnya bangunan tersebut. Namun meski siang hari, pemandangan dari wisata ini tidak kalah bagusnya. Bahkan pencahayaan menjadi lebih baik jika Anda memutuskan untuk memotret di siang hari.

Fasilitas yang tersedia di Heritage Palace Sukoharjo

Fasilitas Istana WarisanSumber gambar: Google Maps Khirzuddin Udin

1. Fasilitas Kota Anak

Karena ini adalah wisata keluarga, The Heritage Palace tentu saja merupakan destinasi yang sangat ramah anak. Terdapat fasilitas bermain untuk anak-anak agar mereka betah saat mengunjungi gedung ini.

2. Fasilitas food street

Food Street adalah salah satu tempat paling umum untuk tujuan wisata. Berkeliling Heritage Palace tentu tidak lengkap rasanya tanpa mencoba menu-menu yang dijual di Food Street yang telah disediakan. Anda bisa menikmati cita rasa jajanan khas Solo yang bisa dibeli dengan harga terjangkau.

3. Ada toilet umum

Toilet umum merupakan salah satu fasilitas yang paling banyak digunakan, terutama ketika para wisatawan membawa anak-anaknya. Toilet umum ini membuat wisatawan semakin nyaman karena tidak perlu meninggalkan destinasi wisata untuk mencari toilet umum.

4. Memiliki tempat parkir yang luas

Tempat parkir mobil ini sangat luas, sehingga bus wisata juga bisa masuk ke tempat parkir mobil. Jadi jika Anda ingin mengunjungi destinasi wisata ini bersama rombongan, Anda tidak perlu khawatir soal parkir.

Bagi anda yang datang dengan menggunakan sepeda motor, tidak perlu khawatir karena terdapat area parkir khusus untuk kendaraan roda dua dimana anda juga dapat menitipkan kendaraan anda kepada petugas parkir.

5. Ada tempat duduk

Pengunjung yang lelah setelah berjalan-jalan di kawasan wisata dapat beristirahat di tempat duduk yang telah disediakan. Biasanya tempat duduk diletakkan di pinggir jalan sehingga Anda bisa menikmati pemandangan ramainya wisatawan yang berfoto sambil bersantai di tempat duduk.

Nah, itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda tentang Istana Pusaka di Sukoharjo. Dengan keunikan yang mampu menarik wisatawan, tentunya Anda tidak mau ketinggalan bukan? Pastikan Anda membawa perlengkapan yang diperlukan seperti kamera dan air minum.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button