Tempat Wisata

Umbul Ponggok Klaten, pengalaman snorkeling dan diving di mata air alami

Umbul Ponggok adalah objek wisata Air yang bertemu di Klaten Ini menawarkan sensasi yang berbeda, kegiatan snorkeling dan menyelam tidak dilakukan di laut tetapi di kolam mata air alami yang menyegarkan.

harga tiket: Rp15.000, Waktu aktif: 08.00-16.00 WIB, Alamat: JL. Delanggu-Polanharjo, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab.Klaten, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

Umbul Ponggok, bagi kebanyakan orang yang berasal dari Klaten dan sekitarnya, tempat wisata ini tentu sudah tidak asing lagi. Tempat wisata yang menawarkan keindahan bawah laut ini memang sangat menarik untuk dikunjungi, terutama bagi wisatawan dari luar Klaten.

Atraksi air pertama dengan tawaran petualangan Menyelam dan snorkeling bukan di laut, tapi di kolam yang menggunakan mata air alami. Tempat wisata dengan air yang jernih dan segar ini menawarkan panorama bawah laut yang mempesona. Wisatawan akan terpana menyaksikan keindahan bawah laut dari objek wisata ini.

Tak sedikit wisatawan yang menyebut tempat wisata Umbul Ponggok Bunaken Van Klaten karena menyelam di sini memberikan sensasi seperti berada di perairan Bunaken. Jika Anda penasaran dengan destinasi ini, maka ulasan berikut bisa menjadi jawabannya.

Daya Tarik Umbul Ponggok

Atraksi Umbul PonggokKredit foto: Google Maps Edo Al Luhatfim

Wisata bawah laut yang populer ini memiliki kolam renang seluas 50 x 25 meter2. Kolam ini dihiasi pepohonan yang hijau dan asri serta dikelilingi deretan persawahan yang hijau. Ada juga banyak atraksi lainnya seperti B. berikut ini:

1. Pesona kolam air alami

Kolam air jernih ini menawarkan pemandangan dasar kolam yang indah dari perpaduan bebatuan, pasir dan lumut, sehingga memungkinkan wisatawan untuk melihatnya dengan jelas dari atas permukaan air. Kolam ini berisi ikan berbagai jenis, ukuran dan warna yang mempercantik objek wisata ini.

Di kolam ini, wisatawan dapat menemukan berbagai properti yang menjadi daya tarik. Properti yang tersedia antara lain becak, sepeda motor, sepeda, tenda, taman set dan sebagainya. Namun, perlu diketahui bahwa akomodasi ini tidak disediakan secara gratis, sehingga wisatawan harus menyewanya.

2. Snorkeling

Wisatawan tidak perlu lagi pergi ke laut untuk beraktivitas snorkeling karena wisatawan juga bisa melakukan sesuatu di Umbul Ponggok snorkeling. Atraksi ini menyediakan alat untuk snorkeling yang dapat disewa secara terpisah jika diperlukan. Alat snorkeling tersedia, termasuk pelampung (jaket pelampung), masker snorkeldan kaki katak (sirip).

3. Menyelam

Di sebelah snorkeling Turis juga bisa melakukannya Menyelam. Tempat ini menawarkan paket sewa untuk Menyelam lengkap berupa tabung oksigen, kaki katak (sirip), pakaian selam, dan Google. Paket juga tersedia Penyelaman Underwater Walker bagi wisatawan yang ingin pergi ke bawah air.

4. Sensasi foto bawah air

Tempat wisata ini menawarkan penyewaan kamera di bawah air bersama dengan operatornya. Ada juga sewa properti untuk foto di bawah air yang membuat tempat ini semakin menarik. Jadi jika Anda tidak membawa kamera anti air, Anda bisa menggunakan rental ini sebagai solusinya.

Alamat dan Rute Menuju Tempat Wisata Umbul Ponggok

Alamat Umbul PonggokKredit foto: Google Maps Umbul Ponggok

Umbul Ponggok terletak di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, lebih tepatnya Desa Ponggok, Polanharjo. Destinasi wisata ini buka setiap hari, termasuk hari libur nasional.

Selama jam operasional, tour ini berangkat dari pukul 08:00 – 16:00 WIB pada hari Senin hingga Sabtu, sedangkan pada hari Minggu dan hari libur nasional berangkat dari pukul 08:00 – 17:00 WIB. Layanan sewa dimulai pada pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

Tempat wisata ini mudah dijangkau, wisatawan dapat mengunjunginya dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi untuk menuju tempat wisata ini. Ada beberapa rute yang bisa dipilih wisatawan untuk mencapai objek wisata ini.

Jika wisatawan memilih jalur dari timur dengan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil, wisatawan dapat berangkat dari Kota Solo Kartosura menuju Delanggu. Rute yang dipilih adalah dari Kota Solo Kartosura dengan berbelok ke kiri dan mengikuti Jalan Raya Klaten.

Sesampainya di Delanggu, belok kanan di Jalan Delanggu Polanharjo menuju Ponggok. Objek wisata air ini terletak di pinggir Jalan Delanggu Polanharjo.

Jika Anda menggunakan bus, belok kanan di rute dari Jalan Raya Klaten Solo ke Persimpangan Karang atau Sub-terminal Delanggu dan ikuti jalan lingkar Delanggu. Sesampainya di pertigaan Taman, belok kiri dan ikuti jalan Cokro Delanggu menuju pasar Cokro.

Selanjutnya belok kiri untuk sampai ke Lapangan Karanglo dengan mengikuti Jalan Cokro Tulung. Kemudian belok kanan menuju Jalan Delanggu Polanharjo menuju Ponggok.

Jika mengambil rute dari selatan, rute dimulai dari kota Yogyakarta hingga pertigaan Panggung dengan mengikuti Jalan Raya Yogyakarta Solo. Sesampai di pertigaan Panggung, belok kiri menuju Jalan Penggung Jatinom hingga sampai pertigaan Karanganom.

Dari pertigaan Karanganom, belok kanan menuju Jalan Karanganom menuju Ponggok. Rute lain yang dapat ditempuh wisatawan menuju Umbul Ponggok adalah dari arah barat.

Jika keluar dari kota atau Kantor Kabupaten Boyolali, lewati Jalan Raya Jatinom Boyolali ke arah timur dan ikuti arah Jalan Nangka Gumulan. Kemudian belok kanan dan ikuti Jalan Raya Jatinom Boyolali sampai ke Majegan.

Kemudian belok kiri dari Majegan dan ikuti Jalan Majegan Jeblog. Terakhir, pergilah ke Delanggu Polanharjo dengan berbelok ke kiri dari Jalan Majegan.

Mengambil rute dari utara, wisatawan dapat keluar dari jalan tol Solo-Semarang. Setelah keluar dari tol Boyolali, menuju ke selatan menuju Jalan Raya Solo Boyolali, belok kiri menuju Jalan Randusari Klaten hingga Lapangan Kopen. Selanjutnya menuju Jalan Kopen Janti dengan belok kiri dari Kopen Square.

Belok kanan dari Jalan Kopen Janti dan ikuti arah dari Jalan Tegalgondo Janti ke Cokro. Begitu sampai di Cokro, wisatawan bisa belok kanan dan mengikuti Jalan Cokro Tulung hingga sampai di Lapangan Karanglo. Dari Lapangan Karanglo, belok kanan menuju Jalan Delanggu Polanharjo hingga sampai di Tuba di Ponggok.

Tiket Masuk Umbul Ponggok Klaten

Tiket Umbul PonggokKredit foto: Google Maps Umbul Ponggok

Biaya masuk untuk wisata ini cukup terjangkau. Pada hari biasa, wisatawan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang, sedangkan pada hari libur, wisatawan harus membayar Rp 30.000 per orang.

Biaya masuk belum termasuk biaya lain seperti sewa fasilitas yang sudah termasuk. Bagi wisatawan yang ingin menyewa kamera di bawah air akan dikenakan tarif Rp 60.000 per 30 menit untuk maksimal 4 orang atau Rp 100.000 per jam untuk maksimal 7 orang.

Kecuali kamera bawah air, Tempat wisata ini menawarkan paket Power Dive (Walker) termasuk dokumentasi foto dengan harga Rp 150.000 dan Rp 200.000 sudah termasuk foto dan video.

Bagi wisatawan yang ingin menggunakan properti untuk menambah daya tarik foto, bisa menyewanya dengan harga yang bervariasi. Contoh barang sewaan seperti kursi dan tenda dibandrol dengan harga sekitar Rp100.000, sepeda Rp300.000 dan masih banyak barang lainnya.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Umbul Ponggok

Kegiatan Umbul PonggokKredit foto: Google Maps Hardi Ravindra

1. Power Dive (Pejalan Kaki)

Pengalaman langka, wisatawan bisa menyelam di bawah air dengan menyewa peralatan penyelaman listrik (pejalan) sambil menikmati keindahan bawah laut. Di sini Anda akan memakai helm khusus untuk penggunaan di bawah air, jadi Anda tidak perlu khawatir tidak bisa bernapas karena dilengkapi dengan tabung oksigen yang tentunya aman.

Perlengkapan ini memungkinkan Anda untuk pergi ke bawah air sambil melakukan hal-hal yang biasanya sulit dilakukan di bawah air.

2. Menyelam dan berenang

Di sebelah snorkelingwisatawan dapat melakukan Menyelam di tempat wisata Umbul Ponggok. Hal lain yang menarik untuk dilakukan di kolam ini adalah berenang. Perlu diketahui bahwa ada juga kolam renang khusus untuk anak-anak di objek wisata alam yang indah ini, sehingga anak-anak dapat bersenang-senang.

Wisata air ini memiliki kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda. Kolam renang anak ini dilengkapi dengan berbagai wahana agar anak-anak tidak bosan.

3. Snorkeling

Wisatawan dapat memiliki panorama bawah laut yang menakjubkan snorkeling. Wisatawan bisa menyelam di permukaan air, bermain ikan hilir mudik, dan menikmati panorama bawah laut objek wisata ini. Bagi wisatawan yang belum pernah melakukan aktivitas snorkelingPanduan gratis tersedia dari pemilik rental peralatan Snorkel.

4. Video Bawah Air

Selain untuk foto, tempat ini juga sangat cocok sebagai tempat untuk membuat video bawah laut. Pemandangan alam bawah laut dengan pasir dan bebatuan yang menghiasinya menjadi hal yang indah ketika didokumentasikan dalam bentuk video.

5. Foto bawah air

Tempat wisata ini menawarkan spot-spot bawah laut yang indah, sehingga bisa dijadikan sebagai sarana bagi wisatawan yang suka berfoto. Air yang bersih dan jernih membuat pemandangan bawah laut terlihat jelas. Berbagai properti tersedia untuk foto di bawah air yang bisa disewa oleh wisatawan.

Perpaduan banyaknya ikan yang mondar-mandir di kolam dengan segala elemen yang ada di kolam ini memberikan kesan alami yang luar biasa.

6. Bersantai

Aktivitas keren lainnya yang bisa dilakukan di tempat ini adalah bersantai. Terdapat sebuah kafe yang terletak tepat di tepi kolam renang yang dapat digunakan wisatawan untuk duduk santai sambil menikmati panorama alam dan keseruan wisatawan lainnya.

Akan terasa menarik untuk menikmati secangkir teh atau kopi dan makan makanan sambil mengobrol dengan orang-orang yang diundang ke Umbul Ponggok.

7. Di sekitar kolam renang

Tempat wisata ini tidak ada habisnya dalam menyuguhkan hal-hal menarik bagi wisatawan. Wisatawan bisa menyewa perahu untuk mengelilingi kolam alami sambil menikmati pemandangan alam sekitar.

Fasilitas yang tersedia di Umbul Ponggok Klaten

Fasilitas Umbul Ponggok KlatenKredit foto: Google Maps Kunaifi “Nafie” Kunaifi

Tempat wisata ini dikelola secara pribadi oleh penduduk setempat. Kawasan wisata Umbul Ponggok menawarkan berbagai fasilitas. Fasilitas yang tersedia antara lain kamar mandi, area dapur, mushola, ruang ganti, kolam khusus anak, keluarga angkatdan rdaerah pertama.

Layanan sewa tersedia, termasuk paket Menyelam dan pejalanpaket alat snorkeling, dan seluncuran air. Biaya tambahan dikenakan untuk jasa sewa wisata.

Demikian ulasan tentang Umbul Ponggok di daerah Klaten. Jarang ditemukan di tempat lain, tempat wisata unik ini memang sayang untuk tidak dikunjungi. Di tempat ini Anda bisa melakukan berbagai kegiatan menarik seperti; B. Fotografi dan hiking bawah air.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button