Berita Wisata

Deretan taman bermain yang tadinya ramai tapi kini sepi seperti kuburan ada cerita menarik

JAKARTA, iNews.id– Taman bermain yang ditempati sekarang sepi seperti kuburan. Tempat wisata ini awalnya sering menjadi pilihan destinasi wisata bagi sebagian orang.

Taman hiburan ini memiliki banyak tema, mulai dari wahana air hingga tema permainan yang menguji adrenalin Anda.

Namun, pandemi Covid-19 yang berkecamuk sejak tahun 2020 berdampak pada sektor taman bermain. Beberapa terpaksa tutup permanen karena tidak mampu membayar biaya operasional akibat hilangnya pengunjung.

Berikut beberapa tempat wisata yang dulunya ramai dan hits kini sepi seperti kuburan:

1. Taman Air Snowbay

Dulunya destinasi waterpark yang berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), kini terpaksa ditutup operasionalnya setelah merebaknya pandemi Covid-19 dan pengambilalihan TMII secara resmi oleh pemerintah.

Saat masih beroperasi, Snowbay Water Park sangat ramai karena fasilitas bermainnya lengkap. Di antara mereka, dua wahana yang paling terkenal adalah Hurricane slide dan Cool Running.

Sejalan dengan renovasi TMII, Snowbay Water Park yang sudah dua tahun tidak aktif akan disulap menjadi tempat parkir mobil.

2. Kunjungi Desa Gajah

Berlokasi di Kabupaten Bandung Barat, tutup sejak tahun 2017 karena pailit. Kawasan itu kemudian dibiarkan mengurus dirinya sendiri, sehingga taman hiburan unik yang dulu terkenal pada zamannya itu kini terlihat berantakan dan angker.

Kawasan wisata keluarga seluas 60 hektar ini pernah dipagari patung gajah pinggir jalan sebagai ikonnya. Selain itu, tempat ini juga menawarkan wahana hiburan dan taman air.

3. Taman Remaja Surabaya

Sempat menjadi kebanggaan warga Surabaya. Pengunjung dapat menikmati 20 wahana di sini. Kini taman hiburan yang didirikan pada tahun 1971 tersebut telah ditutup oleh pemerintah setempat karena kerjasama dengan pengelola telah berakhir.

Keberadaan taman bermain yang dulu ramai, selesai dibangun pada 2018, kini sunyi senyap seperti kuburan. Namun, menurut kesaksian warga sekitar, mereka masih suka mendengar riuh dan suara musik TRS di malam hari yang seolah hidup.

4. Taman Air Fantasi Depok

Dikenal sebagai Aladdin Waterpark, dilaporkan ditutup karena pandemi. Taman rekreasi air perintis di Kota Depok, Jawa Barat akan diubah menjadi kompleks perumahan.

Padahal, sebelum ditutup, taman air Aladdin yang berdiri sejak 2008, selalu ramai dikunjungi pengunjung, terutama anak-anak. Menampilkan nuansa Timur Tengah, waterpark yang luas ini memiliki beragam wahana mulai dari seluncuran tinggi, air mancur, ember terbalik, dan banyak lagi.

5. Taman Festival Bali

Tempat bermain yang dulunya ramai, sekarang sepi seperti kuburan. Dahulu banyak wisatawan lokal maupun mancanegara, kini tempat rekreasi ini lebih populer sebagai spot foto tempat-tempat terbengkalai.

Tanaman merambat, semak-semak, dan grafiti yang memenuhi tempat itu memberikan nuansa yang memukau namun eksotis.

Terletak tidak jauh dari Pantai Sanur, Bali, tempat ini dianggap sebagai taman festival yang populer saat itu. Namun, karena krisis, Festival Taman harus ditutup pada 1999 ketika baru dibuka selama dua tahun.

Menariknya, setelah terbengkalai, Bali Festival Park menjadi tempat wisata horor karena suasananya yang mencekam. Bahkan, pengunjung yang ingin wisata horor di sini dikenakan biaya masuk Rp 10.000.

Nah, itulah lima tempat bermain yang dulunya ramai tapi sekarang sepi seperti kuburan.

Penerbit: Kurnia Illahi

Bagikan artikel:

tombol berbagi baris

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button