Berita Wisata

Pantai Kota Jogo Ikut Lomba Desa Wisata Nusantara II, Lurah Anakoli Minta Masyarakat Dukung

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM, MBAY– Pantai Kota Jogo di Desa Anakoli, Kecamatan Wolowae, Kabupaten Nagekeo kini telah mengikuti Lomba Desa Wisata Nusantara Tahap II yang diselenggarakan oleh Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Desa Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Acara tersebut diselenggarakan untuk mendorong desa wisata yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) untuk berkembang dan tumbuh pasca pandemi COVID-19, yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan kembali dan sekaligus mempercepat kemandirian desa berkat pembangunan desa. pariwisata. industri dan meningkatkan daya saing destinasi wisata.

Lomba Promosi Desa Wisata Nusantara Tahap II merupakan lanjutan dari Lomba Promosi Desa Wisata tahap pertama yang mengumumkan 10 pemenang.

Dalam kompetisi Desa Wisata Nusantara Tahap II, delapan kategori dilombakan, yaitu kategori pendidikan, gastronomi, agrowisata, religi, pantai, gunung, sungai dan budaya.

Kawasan Pantai Kota Jogo sendiri dikelola oleh Bumdes Pelita Jaya yang dibentuk oleh Pemerintah Desa Anakoli. Kepala Desa Anakoli Yoseph Laka Rani mengatakan kepada Pos Kupang bahwa Desa Anakoli memiliki potensi wisata yang dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.

Baca Juga: Lomba Desa Wisata Nusantara, Bupati Don Ajak Warga Dukung Desa Adat Tutubhada

Untuk itu, pemerintah desa melalui Bumdes Pelita Jaya mengikuti kompetisi Desa Wisata Nusantara Tahap II yang diselenggarakan oleh Kemendes PDTT sebagai ajang promosi destinasi wisata di Pantai Kota Jogo.

“Maka melalui Bumdes Pelita Jaya, kami mempromosikan destinasi wisata Pantai Kota Jogo dengan mengikuti Lomba Kampung Wisata Nusantara tahap kedua,” kata Yoseph, Rabu, 2 November 2022.

Selain itu dengan terus melakukan promosi agar Pantai Kota Jogo dikenal luas yang berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Ia berharap pemerintah Kabupaten Nagekeo lebih serius mendukung potensi wisata desa Anakoli sehingga menjadi ikon wisata di wilayah Kabupaten Nagekeo.

“Saya juga berharap seluruh masyarakat Nagekeo mendukung destinasi wisata Pantai Kota Jogo sehingga bisa masuk 10 besar perhelatan desa wisata nusantara tahap II ini,” harapnya.

Baca juga: DPRD Nagekeo Dukung Kampung Adat Tutubhada Lomba Desa Wisata Nusantara

Sementara itu, Pakar Pengembangan Ekonomi Desa Kabupaten Nagekeo Vinsensius Pati Tukan menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Desa Anakoli yang telah mengikutsertakan Pantai Kota Jogo dalam acara tersebut.

Diakuinya, semakin banyak desa wisata di Kabupaten Nagekeo yang mengikuti lomba Desa Wisata, semakin bagus karena lomba tersebut merupakan ajang untuk bisa mempromosikan destinasi wisata secara gratis.

“Desa wisata kita promosikan agar bisa menarik wisatawan ke Kabupaten Nagekeo. Melalui ini masyarakat di luar Nagekeo juga bisa merasakan destinasi wisata yang ada di Nagekeo, makanya kita promosikan desa-desa yang memiliki potensi wisata untuk mengikuti Lomba Desa Wisata Nusantara Tahap II,” dia berkata.

Berikut cara untuk membantu mendukung Pantai Kota Jogo dalam Lomba Desa Wisata Nusantara Tahap II, terlebih dahulu harus mendownload aplikasi Desa Wisata Nusantara dari playstore

Setelah itu sign up menggunakan pencarian akun google Provinsi Nusa Tenggara Timur lalu pilih wisata pantai lalu pilih Jogo City Beach beri like pada gambar love di kanan atas dan jangan lupa jangan lupa tinggalkan komentar di kolom komentar. (ke M)

Ikuti berita lainnya dari POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button