Tempat Wisata

Pulau Hoga Wakatobi – Pemandangan, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Pengeluaran

Biaya Tur: Mulai dari Rp150.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Ambeua Raya, Kec. Kaledupa, Kab.Wakatobi, Sulawesi Tenggara; map: Cek lokasi

Pulau Hoga merupakan salah satu Kepulauan Wakatobi yang memiliki keindahan bawah laut dunia. Wisatawan yang berkunjung ke pulau ini tidak hanya penduduk lokal tetapi juga dari luar negeri terutama dari Amerika dan Eropa. Biasanya, banyak turis datang dari bulan Maret hingga September.

Pulau cantik ini mungkin cukup terpencil, namun memiliki keindahan yang menyaingi pulau-pulau terkenal lainnya di dunia. Dengan alamnya yang tropis, pulau yang merupakan bagian dari Kabupaten Wakatobi ini menawarkan ketenangan bagi pengunjungnya. Kecantikannya masih terpelihara dengan baik karena tidak banyak tangan manusia yang merusak kecantikannya.

Keindahan bawah laut Pulau Hoga juga sayang untuk dilewatkan. Anda akan dengan mudah menemukan berbagai jenis terumbu karang dan biota laut. Oleh karena itu, pulau ini menjadi tujuan para pecinta snorkeling dan diving. Pulau berpasir putih ini juga memiliki sinar matahari yang hangat, menjadikannya tempat yang cocok untuk bersantai di bawah sinar matahari.

Pemandangan pulau Hoga

Pemandangan Pulau HogaSumber gambar: Google Maps Zakariya Arif

1. Lanskap

Pulau Hoga memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Dengan pasir putih dan halus, laut biru juga bersih dan jernih. Dari pantai saja, wisatawan bisa melihat terumbu karang karena sinar matahari bisa menembus ke dasar perairan dangkal. Pantai ini juga menjorok lima hingga sepuluh meter ke laut, yang menambah keindahannya.

Jika Anda datang dari bulan Oktober hingga pertengahan September, kondisi alam di pulau ini sangat jinak. Jarang hujan, tapi juga teduh. Langit biru yang cerah juga akan menambah keindahan alamnya. Jika Anda melakukan penyelaman Anda juga bisa melihat keindahan matahari terbenam dan juga bintang-bintang yang terlihat jelas di langit malam.

Pada bulan-bulan tertentu, banyak telur yang datang ke Pulau Hoga untuk bertelur. Jika wisatawan beruntung, berkunjung ke pulau ini juga bisa berkesempatan melihat hewan langka ini saat bertelur dari jarak yang cukup dekat. Tentu saja, wisatawan tidak boleh mengganggu hewan langka ini karena dilindungi, tetapi melihat penyu dari dekat menjadi daya tarik tersendiri.

2. Keindahan bawah laut

Daya tarik yang banyak menarik wisatawan dari luar negeri terletak pada keindahan alam bawah lautnya. Ada 29 lokasi penyelaman yang tersebar di seluruh perairan Wakatobi, termasuk perairan Pulau Hoga. Pengunjung juga tidak perlu menyelam terlalu dalam untuk melihat terumbu karang di perairan dangkal.

Pulau eksotis ini memiliki 750 karang khusus dari sekitar 850 karang di dunia dan karenanya sangat beragam. Berbagai jenis ikan dan kuda laut kecil juga hidup di dalamnya. Sekitar 83 spesies ikan cantik dan berwarna-warni siap menemani wisatawan menyelam ke laut jernih Kepulauan Wakatobi.

3. Bangunan tradisional

Selain daya tarik keindahan alamnya, Pulau Hoga juga menawarkan bangunan tradisional yang khas. Banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai tempat berfoto karena keunikannya. Keunikan bangunan tradisional ini juga menarik banyak wisatawan asing yang ingin melihatnya secara langsung. Selain itu, masyarakat lokal biasanya menawarkan berbagai layanan wisata kepada wisatawan tersebut.

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Alamat Pulau HogaSumber gambar: Google Maps Zakariya Arif

Pulau Hoga terletak di Kepulauan Wakatobi. Kenyamanan perjalanan yang harus Anda lakukan untuk sampai ke pulau ini tergantung dari mana Anda berangkat. Jika Anda dari Jakarta, Anda dapat berkendara ke Bandara Haluoleo di Kota Kendari, kemudian melanjutkan perjalanan ke Kota Bau-bau, dan kemudian naik speedboat ke Pulau Wangi-wangi.

Perjalanan ini memakan waktu 4 jam sebelum mencapai tujuan akhir Anda yaitu Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Dari Wakatobi Anda bisa berkendara langsung ke pulau yang indah ini. Anda bisa menyewa speedboat di dermaga di Wanci, Kabupaten Wakatobi. Untuk waktu mengemudi sendiri, Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Estimasi Biaya Wisata Pulau HogaSumber gambar: Google Maps Zakariya Arif

Tidak ada tiket Pulau Hoga Wakatobi. Biayanya sendiri tergantung dari mana Anda berangkat. Jika Anda datang dari Makassar, Anda bisa naik PO bus tujuan Kota Kendari dengan harga Rp100.000 hingga Rp350.000. Kemudian, perjalanan ke Pulau Wakatobi dengan tiket mulai dari Rp 67.000 hingga 200.000.

Begitu sampai di Wakatobi, Anda bisa menyewa speedboat menuju lokasi pulau. Tarifnya sekitar Rp150.000. Jika Anda tidak ingin bermalam, sebaiknya kembali sebelum gelap. Namun, jika ingin bermalam, ada banyak penginapan dengan harga rata-rata Rp 150.000 per malam.

Aktivitas seru di Pulau Hoga

Aktivitas menyenangkan di Pulau HogaKredit foto: Google Maps Hendra Tan

Ada beragam aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Pulau Hoga. Liburan Anda tentu tidak akan membosankan jika berkunjung ke pulau ini. Tidak hanya wisatawan lokal tetapi juga wisatawan asing banyak menghabiskan waktu dalam berbagai aktivitas di salah satu pulau di kawasan Taman Nasional Wakatobi ini.

1. Snorkeling atau Menyelam

Jangan lewatkan kegiatan ini. Keindahan alam bawah laut menjadi daya tarik yang sangat besar bagi pulau ini, sehingga menjadi tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta snorkeling atau diving. Selain itu, persewaan peralatan olahraga air yang satu ini juga tersedia di kawasan pulau ini. Anda tidak perlu membawa perlengkapan apapun dari rumah.

Ada banyak situs menyelam yang menarik untuk dicoba. Anda dapat menggunakan jasa pemandu yang akan membantu Anda menemukan tempat yang tepat. Kegiatan ini memungkinkan Anda untuk melihat dengan mata kepala sendiri ratusan spesies terumbu karang dan ekosistemnya yang masih terjaga keindahannya. Jangan lupa membawa kamera anti air agar bisa berfoto sambil menyelam.

2. Berenang

Jika Anda tidak ingin menyelam, Anda bisa berenang di air dangkal atau di pantai. Ombak di perairan Pulau Hoga sangat tenang, sehingga Anda bisa berenang dengan aman. Anda hanya harus berhati-hati saat kapal lewat. Selain itu, air lautnya sangat jernih sehingga Anda bisa melihat terumbu karang yang mencolok tanpa harus menyelam terlalu dalam.

3. Jelajahi pulau

Aktivitas lain yang tak kalah seru dari aktivitas air adalah menjelajahi pulau. Pulau ini tidak hanya menawarkan keindahan pantai dan laut, tetapi juga hutan yang masih alami. Ada banyak semak dan pohon yang tumbuh di sana. Anda dapat berjalan dan berjalan di sana. Namun jika Anda tidak mengetahui rutenya, ada baiknya Anda menyewa jasa pemandu.

4. Bersantai

Di area pulau ini Anda bisa bersantai. Suasana yang asri dan khas pantai merupakan tempat bersantai dari aktivitas sehari-hari di kota. Pulau ini tidak bising dan jauh dari polusi udara. Anda bisa menenangkan pikiran dan mengistirahatkan tubuh sambil merasakan segarnya udara. Ditambah dengan suara deburan ombak di pantai, rasanya semakin nyaman.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi murah terdekatSumber gambar: Google Maps Magda Lesniak

1. Penginapan Hoga

Penginapan ini terletak di Pulau Hoga. Dengan harga yang relatif murah Anda bisa mendapatkan akomodasi berupa rumah panggung kayu. Lingkungannya sangat asri dengan pepohonan. Fasilitas di penginapan ini terdiri dari restoran. Selain itu, terdapat fasilitas lain seperti teras, area merokok dan bebas rokok, layanan laundry dan masih banyak lagi.

2. Penyelam Wakatobi

Penginapan ini juga terletak di pulau yang merupakan bagian dari wilayah Taman Nasional Wakatobi. Fasilitas penginapan ini sangat memadai. Anda mendapatkan WiFi berkecepatan tinggi gratis, sarapan, layanan binatu, kamar bebas rokok, dan antar-jemput bandara.

3. Wisma selam Hoga

Penginapan di Kaledupa ini menawarkan fasilitas berupa AC, WiFi dan juga restoran. Anda juga bisa menyelam atau snorkeling di penginapan ini. Ini adalah tempat yang sangat direkomendasikan untuk menginap, jadi Anda perlu memesan kamar terlebih dahulu karena sering penuh.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Hoga Wakatobi

Fasilitas Pulau Hoga Wakatobi FasilitaSumber gambar: Google Maps Zakariya Arif

Pulau Hoga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Kebutuhan Anda seperti restoran, persewaan peralatan snorkel atau scuba, dan akomodasi sudah tersedia di seluruh pulau. Dengan fasilitas tersebut, pengunjung dapat berlibur dengan nyaman.

Jika Anda memiliki uang jajan lebih, Anda juga bisa meminta jasa wisata kepada penduduk setempat untuk dicoba. Penduduk setempat akan membantu Anda menemukan tempat untuk bersantai dan berpetualang di sudut-sudut pulau ini.

Sudah ada banyak homestay di pulau yang dimiliki dan dikelola secara lokal oleh Operation Wallacea. Pengelolaan ini bertujuan untuk memperkuat masyarakat dan menggairahkan perekonomian. Penginapannya berupa rumah panggung dari kayu sehingga memiliki nuansa khas pantai, namun sayang air tawar dan listrik terbatas.

Pulau Hoga adalah salah satu pulau yang sayang untuk dilewatkan saat berada di Wakatobi. Pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang sangat indah dan juga menawarkan berbagai aktivitas yang sangat seru dan menyenangkan. Di pulau ini Anda bisa menyegarkan diri dari hiruk pikuk kota dan menemukan pengalaman baru dari liburan Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button