Berita Wisata

Jual Aneka Wisata Maluku Utara via Sail Tidore 2022

Ternate (ANTARA) – Pemerintah Kota (Pemkot) Kepulauan Tidore, Maluku Utara, telah melakukan berbagai upaya untuk mengundang wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkumpul dan menikmati event pariwisata bertajuk Sail Tidore 2022 yang akan digelar di Tidore pada November mendatang. 24. -29 2022.

Pemerintah Kota Kepulauan Tidore bersama sejumlah dinas terkait telah meluncurkan Sail Tidore di Jakarta, serta mempromosikan program pariwisata nasional melalui media nasional dan jaringan digital serta mendorong para pelaku usaha di Biro Perjalanan Umum untuk menjadwalkan mengatur perjalanan ke Tidore.

Wali Kota Kepulauan Tidore, Ali Ibrahim optimistis dengan segala upaya tersebut, target kunjungan wisatawan Sail Tidore 2022 hingga 50.000 orang dapat tercapai. Selain itu, saat ini tidak ada lagi pembatasan perjalanan akibat pandemi COVID-19 yang semakin terkendali.

Baca Juga: Polisi Siapkan Pengamanan Kedatangan Presiden Jokowi di Sail Tidore

Dengan jumlah wisatawan yang begitu besar, selain membuat pelaksanaan Sail Tidore 2022 lebih semarak, juga akan memberikan kontribusi besar bagi perekonomian masyarakat Kepulauan Tidore.

Bahkan dampak dari banyaknya kunjungan wisatawan tersebut juga akan dirasakan manfaatnya oleh kabupaten/kota lain di Maluku Utara, khususnya Kota Ternate yang merupakan jalur keluar masuknya wisatawan dari luar Maluku Utara yang akan menuju Sail Tidore 2022.

Ali Ibrahim memastikan wisatawan akan merasa puas menyaksikan berbagai kegiatan yang dihadirkan selama pelaksanaan Sail Tidore 2022, seperti kegiatan malam hiburan rakyat yang akan menyuguhkan atraksi budaya yang unik dan sarat pesan kebaikan.

Wisatawan juga akan merasakan kepuasan yang sama ketika mengunjungi berbagai objek wisata menarik di tempat kelahiran pahlawan nasional Sultan Nuku, baik objek wisata bahari, wisata alam maupun wisata sejarah.

Atraksi bahari Kepulauan Tidore yang dapat dinikmati wisatawan antara lain keindahan panorama bawah laut, atraksi unit lumba-lumba di perairan Pulau Mare dan Pulau Maitara yang keindahannya diabadikan dalam uang seribu rupiah.

Baca Juga: Gubernur Maluku Utara Dorong Promosi Potensi Wisata Sail Tidore

Sementara itu, objek wisata alam yang menurut Wali Kota Ali Ibrahim akan sangat diminati wisatawan yang datang ke Sail Tidore 2022 adalah taman burung di kawasan Taman Nasional Aketa Jawa Nolobata di daratan Pulau Halmahera.

Di area taman burung, Anda dapat melihat berbagai burung nuri, seperti nuri jambul putih dan nuri hijau, serta berbagai jenis burung lainnya, termasuk nimfa yang endemik Halmahera, yang bulunya tidak kalah dengan burung cendrawasih di Papua.

Wisata alam Gunung Kie Matubu juga bisa dinikmati oleh wisatawan, terutama yang suka mendaki Gunung Kie. Tempat wisata ini tidak hanya menawarkan tantangan saat mendaki, tetapi juga saat berada di puncak. Dari atas, wisatawan dapat mengagumi pemandangan laut biru dan pulau-pulau sekitarnya, termasuk pulau Ternate yang menjulang di atas gunung berapi Gamalama di tengahnya.

Museum bawah laut

Tempat wisata sejarah khusus di kota Kepulauan Tidore yang dapat dinikmati oleh wisatawan, tidak hanya berupa benteng peninggalan kolonial dan Kedaton Kesultanan Tidore, tetapi juga terdapat museum bawah laut di Tanjung Rum dan Tanjung Tunguai.

Museum bawah laut di kedua tempat tersebut merupakan tempat tenggelamnya kapal Jepang dan kapal China 500 tahun yang lalu dengan muatan meriam, guci dan berbagai benda keramik lainnya yang masih dapat dilihat hingga saat ini.

Dengan penawaran nilai sejarah tersebut diharapkan banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi objek wisata Tanjung Rum dan Museum Bawah Laut Tanjung Tongawai. Karena merupakan satu-satunya museum bawah laut di Indonesia.

Baca Juga: Pemkot Tidore Perbaiki Infrastruktur Penjaminan Telekomunikasi Sail Tidore

Selain atraksi sejarah tersebut, Kepulauan Tidore juga memiliki catatan sejarah penting tentang perjalanan keliling dunia yang dilakukan oleh Magellan dan Sebastian del Cano dari Spanyol dan Elkano dari Portugal pada abad ke-15 untuk menemukan asal mula rempah-rempah, yang pada saat itu adalah komoditas paling berharga di Eropa.

Magellan dan Sebastian del Cano berawal dari titik yang sama di Spanyol namun mengambil rute yang berbeda yaitu Merhein melalui jalur barat sedangkan Elkano melalui jalur timur yang kemudian bertemu di Tidore dan berdasarkan hal tersebut mereka menyimpulkan bahwa dunia itu bulat.

Aneka kuliner tradisional di kota Kepulauan Tidore yang akan disuguhkan dalam acara Sail Tidore 2022 akan membuat wisatawan terkesan karena menurut Wali Kota Ali Ibrahim, kuliner tradisional tidak hanya unik tetapi juga rasanya yang lezat.

Salah satu masakan tradisional yang akan disajikan adalah ikan gohu yaitu ikan cakalang mentah yang dicincang halus kemudian dicampur dengan air jeruk dan berbagai bumbu serta air guraka yang merupakan minuman kesehatan yang terbuat dari gula merah, santan, jahe, kayu manis dan kacang-kacangan. .

Untuk oleh-oleh, berbagai kerajinan disiapkan, baik yang dihasilkan oleh pengrajin dan UKM di kota Tidore, pulau-pulau dan kabupaten/kota lain di Maluku utara, seperti kain tenun Tidore, batik Ternate, kerajinan tinplate dan berbagai produk olahan rempah-rempah. seperti sirup pala dan kopi berbumbu.

Baca Juga: Pemkot Perbaiki Infrastruktur Dukung Sail Tidore 2022, Persiapan Pelaksanaan November

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Maluku Utara, Tahmid Wahab, akan mengupayakan wisatawan yang menghadiri Sail Tidore 2022 juga mengunjungi tempat-tempat wisata di kabupaten/kota lain di Maluku Utara, seperti Kabupaten Pulau Morotai dan Kabupaten Halmahera Selatan.

Kabupaten Pulau Morotai memiliki sejumlah obyek wisata bahari yang keindahannya sudah terkenal di luar negeri, seperti Pulau Dola dan tempat wisata sejarah Perang Dunia II.

Sedangkan di Kabupaten Halmahera Selatan terdapat objek wisata di Pulau Widi yang menampilkan keindahan pasir putih dan pemandangan bawah laut beserta keunikan 99 gugusan pulau-pulau kecil yang mengelilinginya, selain objek wisata pantai Guraici yang keindahannya dikagumi oleh wisatawan mancanegara.

Baca Juga: Pemprov Maluku Utara Fasilitasi Pembentukan Panitia Sail Tidore 2022, Nikmati Kegiatan Strategis

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button