Tempat Wisata

Kebun Binatang Semarang, Wisata Kebun Binatang dengan Berbagai Fun Game Rides

harga tiket: Rp20.000, Waktu aktif: 08.00-15.00 WIB, Alamat: J L. Jenderal Urip Sumoharjo No.1, Mlaten, Mangkang Kulon, Kec. Kaliwungu, Kab.Semarang, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

Kebun Binatang Semarang adalah sebuah objek wisata di kawasan Kendal, Jawa Tengah. Lebih spesifiknya, kebun binatang ini terletak di kawasan Mangkang. Tempat ini sangat populer di kalangan anak-anak karena mereka dapat bertemu dengan hewan langka dan dilindungi. Jumlah hewan di taman ini juga cukup lengkap, sehingga semakin banyak orang yang menemukannya.

Lokasi destinasi wisata yang sangat strategis ini memudahkan wisatawan yang ingin mengunjunginya karena berada di perbatasan antara Kendal dan Semarang. Selain itu, harga tiket kebun binatang ini sangat ramah di kantong, sehingga tempat ini selalu ramai pengunjung setiap harinya. Anda dapat melihat hewan yang menarik tanpa menghabiskan banyak uang.

Pengunjung bahkan bisa menyentuh hewan tertentu secara langsung saat mengambil foto. Di Kebun Binatang Semarang, Anda bisa memegang burung, menunggangi gajah, dan berfoto dengan ular. Wisatawan disuguhi berbagai wahana menarik seperti Waterboom, Flying Fox, Outbond dan Becak Air. Ada juga bioskop mini dan museum hewan mati yang diawetkan.

Atraksi Kebun Binatang Semarang

Objek wisata yang dimiliki oleh Kebun Binatang SemarangKredit foto: Google Maps Ogis Brahmanyo

1. Danau buatan dan wahana menarik

Kebun Binatang Semarang memiliki sebuah danau dengan pulau di tengahnya. Anda dapat mengunjungi pulau untuk melihat angsa, siamang dan pelikan. Anda bisa memberi makan owa atau berfoto dengan pelikan. Keberadaan pulau-pulau kecil semakin mempercantik pemandangan danau buatan ini.

Biasanya kebun binatang hanya menawarkan keberadaan hewan langka di dalamnya. Namun, kebun binatang ini berbeda karena memiliki wahana yang menarik untuk membuat pengunjung senang. Ada berbagai paket outbond untuk rombongan tour disini, yang nantinya bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Setelah mengunjungi kebun binatang, Anda dapat memasuki bioskop mini untuk menonton beberapa film menarik. Juga, cobalah untuk mengunjungi museum dan melihat kerangka hewan yang diawetkan di dalamnya. Kelengkapan wahana tersebut membuat kebun binatang ini pernah dikunjungi 2000 wisatawan saat musim liburan atau akhir pekan.

2. Kebun binatang yang bersih dan tenang

Alasan wisatawan mengunjungi kebun binatang ini adalah karena suasananya yang asri dan teduh. Anda dapat berjalan-jalan di seluruh kawasan wisata tanpa terlalu panas di bawah terik matahari. Ketenangan mengunjungi destinasi-destinasi tersebut dapat meredakan kepenatan pasca-perjalanan.

Pepohonan yang tumbuh di sekitar jalan memberikan angin segar. Anda bisa duduk-duduk di bawah pohon yang rindang terlebih dahulu jika lelah mengunjungi setiap lokasi. Bahkan, wisatawan berfoto selfie di jalanan dengan pepohonan rindang tersebut. Tempat wisata yang sangat bersih tentunya akan membuat wisatawan nyaman untuk berlibur di sini.

3. Ada kanguru Asia

Menurut Humas Kebun Binatang Semarang, destinasi wisata ini memiliki beragam satwa dan bisa dijadikan edukasi bagi pengunjung. Namun, ada perbedaan pada hewan tertentu yang digunakan sebagai simbol atau hewan imajiner di dalamnya. Salah satunya adalah kanguru khas Indonesia yang sulit ditemukan di hutan lindung karena merupakan spesies yang terancam punah.

Selain itu, kebun binatang ini menjadikan gajah sebagai simbol utamanya sesuai dengan lambang perusahaan yang mendirikannya. Kelengkapan lengkap satwa-satwa ini telah direncanakan sejak awal destinasi ini bertujuan untuk pendidikan, konservasi dan rekreasi. Posisi masing-masing hewan telah dikelompokkan dengan rapi dan jauh dari wahana.

Saat mengunjungi kebun binatang ini, Anda bisa menghadiri feeding time atau memberi makan burung, rusa, atau hewan lainnya. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh rombongan siswa SD dari Semarang dan sekitarnya. Namun, untuk melakukan waktu makan, Anda harus terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari departemen hubungan masyarakat kebun binatang itu.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kebun Binatang SemarangSumber Gambar: Google Maps Jakfar Sambudi

Kebun Binatang Semarang terletak di kawasan Sumberejo Kecamatan Kaliwungu. Alamatnya bukan di Kota Semarang tetapi merupakan bagian dari Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan untuk rutenya sendiri, jika Anda menggunakan mobil atau motor dari Kendal, perjalanannya memakan waktu yang cukup lama, sekitar 40 menit untuk jarak 25 kilometer.

Namun, jaraknya menjadi jauh lebih sedikit jika Anda berkendara dari Kota Semarang yang hanya memakan waktu setengah jam. Anda dapat melakukan perjalanan melalui jalur tol yang mudah dan cepat.

Mulai mobil di jalur Semarang – Batang, lalu belok di pintu tol Kaliwungu. Setelah itu, berkendara sekitar 3 menit untuk sampai ke Kebun Binatang Semarang.

Ada pilihan lain terutama bagi Anda yang mahasiswa untuk mengikuti tour ini. Anda bisa naik BRT kampus dengan harga mahasiswa dari halte di depan Universitas PGRI Semarang. Kendaraan yang Anda tumpangi melewati halte Simpang Lima Semarang lalu menuju ke kebun binatang. Cara ini tentunya lebih mudah dan murah.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Masuk Kebun Binatang SemarangSumber gambar: Google Maps Agus Susilo

Biaya tiket masuk Kebun Binatang Semarang adalah 20.000 rupiah jika Anda berkunjung dari hari Senin sampai Jumat. Untuk weekend sendiri, harga tiket akan naik tipis menjadi 25.000 rupiah. Selain itu, tiket pada hari-hari merah atau masa libur panjang berharga 30.000 rupiah.

Kebun binatang ini juga memiliki jam buka yang telah ditentukan oleh panitia. Destinasi wisata bisa masuk mulai pukul 08.00 WIB. Namun, keseruan liburan tidak bisa Anda nikmati sepanjang hari karena situs tutup pada pukul 15.00 WIB. Jadi Anda harus kenyang di pagi hari pada liburan kebun binatang.

Kegiatan menarik di Kebun Binatang Semarang

Kegiatan di Kebun Binatang SemarangSumber gambar: Google Maps Dini Purwanti

1. Berenang di Mini Waterboom

Adanya waterboom di Kebun Binatang Semarang tentunya membuat wisatawan senang ketika berlibur di sana. Waterboom Mini adalah wahana air yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Setelah berjalan-jalan di sekitar kebun binatang Anda bisa merasakan segarnya air. Ada juga wahana khusus untuk anak-anak bernama Play Play Zoo yang menarik dan seru.

Kolam renangnya dihias dengan berbagai wahana lucu berupa seluncuran pendek dengan desain yang unik dan warna yang cerah. Anak-anak bisa berenang dengan aman dan betah berenang di Waterboom Mini.

2. Menjelajahi kawasan wisata di My Trip Zoo Adventure

Anda akan memiliki pengalaman yang berbeda ketika Anda mengunjungi tur ini dengan My Trip Zoo Adventure. Pihak kebun binatang menyediakan mobil jeep yang nantinya akan Anda kendarai dengan suasana yang menegangkan. Rutenya melintasi sungai dan melewati hutan jati. Namun, Anda harus membayar biaya sewa mobil sebesar 450.000 rupiah.

Mobil jip itu hanya memuat tiga orang untuk perjalanan selanjutnya. Biaya sewa ini sudah termasuk dalam tiket masuk destinasi wisata. Bahkan setelah penjelajahan selesai, pemandu akan memberi Anda makanan khusus.

3. Ambil foto dengan hewan yang berbeda

Kegiatan di Kebun Binatang SemarangKredit foto: Google Maps Aldhy Mawaldhy

Kebun Binatang Semarang memiliki sekitar 281 spesies hewan yang tidak boleh Anda lewatkan untuk foto bersama. Selain berfoto dengan burung atau menunggangi gajah, Anda juga bisa memelihara anak harimau yang berpenampilan lucu untuk difoto. Beberapa wisatawan bahkan terjerat ular saat berfoto di kebun binatang ini.

Anda tidak perlu khawatir karena semua hewan disana jinak dan anda akan dipandu langsung oleh guide jika ingin berfoto dengan hewan tersebut. Meski hewannya jinak, Anda harus tetap menjaga suasana dan tidak mengganggu hewan saat berlibur.

4. Belajar di museum hewan

Anda bisa belajar banyak tentang ilmu alam dengan mengunjungi museum hewan ini. Sekitar 30 spesies hewan mati telah diawetkan di museum, termasuk Komodo, macan tutul, rusa, elang, dan orangutan. Hewan-hewan yang diawetkan ini tidak dapat disentuh karena dilindungi dalam pajangan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Kebun Binatang SemarangKredit foto: Google Maps Imam Santosa

Kebun Binatang Semarang sudah memiliki fasilitas yang lengkap seperti mushola atau beberapa toilet di sekitar kebun binatang. Parkir di luar lokasi juga tersedia dan dapat menampung puluhan hingga ratusan kendaraan. Wisatawan akan merasa nyaman meski berada di kebun binatang seharian.

Fasilitas lain di kebun binatang ini adalah berbagai wahana menarik yang disukai oleh anak-anak, menjadikan destinasi ini cocok untuk keluarga. Di tempat ini, anak-anak dapat menikmati keseruan mulai dari bermain dengan hewan hingga berenang.

Beberapa wahana yang tersedia di Play Play Zoo seperti Mini Ferris Wheel, Carousel dan Spiral Jet menjadi spot populer bagi wisatawan. Ada juga beberapa kursi yang bisa Anda gunakan bersama keluarga sambil menikmati keindahan wisata.

Itulah beberapa informasi tentang Kebun Binatang Semarang yang dijelaskan secara detail. Tempat ini bisa menjadi tujuan liburan Anda bersama keluarga saat berkunjung ke daerah Kendal atau Semarang. Anda bisa menikmati keseruan semua wahana dan kebun binatang dengan satu harga, membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button